Logo BeritaSatu

Pemkot Bogor Mempermudah Pembuatan E-KTP bagi Pelajar

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:05 WIB
Oleh : Vento Saudale / CAR

Bogor, Beritasatu.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mempermudah pembuatan identitas kependudukan e-KTP bagi pelajar. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor menerapkan program Goes to School.

Kota Bogor melakukan kegiatan perdana perekaman data pelajar setingkat SMA/SMK yang ada di wilayahnya di SMAN 1 Bogor, Kamis (19/5/2022). Wali Kota Bogor Bima Arya menyebut melalui lewat layanan jemput bola tersebut, Disdukcapil mempermudah pelajar mendapatkan e-KTP setelah berusia 17 tahun.

“Jadi, pemkot melakukan jemput bola, (karena) pengurusan kartu atau dokumen kependudukan harus mudah dan cepat, jangan nunggu bola,” kata Bima Arya dalam keterangannya, Jumat (20/5/2022).

Bima mengatakan anak yang sudah menginjak usia 17 tahun harus mudahkan supaya mereka bisa memperoleh hak-hak mereka sesegera mungkin. Menurut Bima Arya, kegiatan jemput bola ini juga dilaksanakan berkaca dari kebiasaan sebagian anak yang sudah berusia 17 tahun, tidak langsung membuat e-KTP. Ketika ada keperluan, baru sibuk mengurus dokumen kependudukan tersebut.

Dia meminta Disdukcapil Kota Bogor untuk mendatangi semua sekolah setingkat SMA. “Saya minta di hari mereka ulang tahun, dia (pelajar) sudah punya e-KTP. Jadi, dijemput bola, didatangi semuanya ke seluruh sekolah,” katanya.

“Bukan (masalah) hanya kartunya, tetapi mereka sadar akan hak-haknya seperti mereka punya hak pilih, mereka tahu bahwa ada syarat usia untuk menikah dan sebagainya. Jadi, ini bagian pendidikan kewarganegaraan juga,” imbuhnya.

Bima mengakui perekaman data kependudukan para pelajar merupakan persiapan menyambut Pemilu 2024. Sebab, setiap masa pilkada maupun pemilu, pihaknya akan meminta Disdukcapil untuk melakukan pendataan semaksimal mungkin supaya semua warga yang memenuhi syarat dapat memperoleh haknya. “Jadi, tentu ada kaitannya dengan pilkada, pilpres, pileg dan sebagainya. Jangan sampai ada yang luput tidak menggunakan hak suaranya,” tuturnya.

Kepala Disdukcapil Kota Bogor Sujatmiko Baliarto mengatakan untuk menyukseskan program ini, pihaknya bekerja sama dan berkolaborasi bersama kantor Cabang Daerah Disdik Pemprov Jabar yang membawahi SMA.

“Program ini kami targetkan menyasar sekolah setingkat SMA yang ada di seluruh Kota Bogor. Perkiraan total ada 200 sekolah dan hari ini di sini saja ada 850 siswa,” kata Sujatmiko.

Selain itu, siswa yang sudah usia 16 tahun juga sekaligus diberikan kesempatan untuk melakukan perekaman. “Ini menjadi target kita secara masif, terus menerus, menyeluruh dan suistanable, harapan bukan sekadar masalah politik tetapi melayani warga,” tuturnya.

“Jadi yang sudah 17 tahun langsung dicetak di sini, langsung dapat. Kalau belum 17 tahun, nanti kita kerjasama dengan OSIS, kita kolektif (untuk mengambilkannya). Yang jelas manfaatkan aplikasi Si Kancil Berlari, dengan online kita cetakin,” ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Khofifah Terima Pin Emas dan Penghargaan dari Kapolri

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menerima pin emas dan piagam penghargaan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

NEWS | 2 Juli 2022

4.550 Rumah Warga di Bengkulu Terdampak Bencana Banjir

Sebanyak 4.550 rumah warga yang berada di empat wilayah terdampak banjir akibat hujan deras yang terjadi beberapa hari lalu.

NEWS | 2 Juli 2022

KRI Dewaruci Selesaikan Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022

Setelah 30 hari berlayar mengarungi jalur rempah di Nusantara, KRI Dewaruci menyelesaikan Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022.

NEWS | 2 Juli 2022

KTT Y-20 Digelar di Jakarta dan Bandung, Ini Alasannya

Puncak Konferensi Tingkat Tinggi Youth 20 (KTT Y-20) akan diselenggarakan di DKI Jakarta dan Bandung, Jawa Barat pada 17-24 Juli 2022. Ini alasannya.

NEWS | 2 Juli 2022

Vaksinasi Covid-19: Tambah 151.606, Booster Dekati 51 Juta

Update vaksinasi Covid-19 dosis booster pada hari ini, Sabtu (2/7/2022) bertambah sebanyak 151.606 dosis suntikan.

NEWS | 2 Juli 2022

Pemerintah Indonesia Raih Blue Park Awards Tingkat Emas

Pemerintah Indonesia berhasil meraih penghargaan bergengsi Blue Park Awards tingkat emas dari Marine Conservation Institute.

NEWS | 2 Juli 2022

Anies Menang Adu Layangan Lawan Kampiun Dunia Koh Akiat

Anies Baswedan memenangi adu layangan melawan kampiun kompetisi adu tarik layangan berkelas dunia dari Indonesia, Koh Akiat.

NEWS | 2 Juli 2022

Update Covid-19: Naik 1.794, Kasus Positif di Bawah 2.000

Update Covid-19 pada Sabtu (2/7/2022), kasus positif tercatat mengalami kenaikan sebanyak 1.794 atau berada di bawah angka 2.000-an.

NEWS | 2 Juli 2022

DPRD Bogor Dukung Bima Arya Cabut Izin Elvis Eks Holywings

DPRD Kota Bogor mendukung langkah Wali Kota Bogor Bima Arya mencabut izin Elvis Cafe eks Holywings menyusul ditemukannya jual beli miras di atas 5%.

NEWS | 2 Juli 2022

BRI UMKM Expo(rt) Brilianpreneur Raih Penghargaan

BRI mendapatkan penghargaan Marketeers OMNI Brand of The Year untuk kegiatan BRI UMKM Expo(rt) Brilianpreneur

NEWS | 2 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

NEWS | 24 detik yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings