Logo BeritaSatu

Tingkatkan Budaya Literasi, Website Denny JA World Diluncurkan

Jumat, 20 Mei 2022 | 13:19 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Tepat di hari Kebangkitan Nasional, Jumat (20/5/2022), penulis buku yang juga penggagas puisi esai, Denny JA meluncurkan website Denny JA World yang memuat 300 karyanya untuk dapat diakses dan dibaca secara gratis oleh masyarakat. Peluncuran website ini untuk meningkatkan budaya literasi yang dinilai masih rendah di Indonesia.

Denny JA sengaja meluncurkan website ini di hari Kebangkitan Nasional, karena dia menilai Indonesia harus bangkit dalam budaya literasi.

“Riset sudah menunjukkan, bahwa negara yang literasinya kuat, juga negara yang membuat penduduknya lebih bahagia. Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati hari ini harus juga menyertai kebangkitan dunia literasi Indonesia,” ujar Denny JA dalam keterangannya yang diterima Beritasatu.com, Jumat (20/5/2022).

Disebutkan Central Connectitute State University (CCSU) pada 2016 lalu mempublikasi ranking negara literasi di berbagai belahan dunia.

Indonesia berada pada posisi yang sangat buruk, yakni nomor dua paling bawah, ranking 60 dari total 61 negara yang diteliti. “Indonesia hanya di atas negara Botswana, Afrika,” katanya.

Menurutnya hal itu karena sumber daya untuk literasi di Indonesia dianggap sangat rendah dibanding jumlah populasi masyarakatnya. Jumlah perpustakaan, penerbitan, buku yang bisa diakses publik masih terlalu sedikit.

Melihat hal itu dia termotivasi untuk memulai tradisi menerbitkan karyanya agar dapat bisa diakses bebas secara gratis oleh publik melalui internet. Karena untuk meningkatkan literasi harus dimulai dengan memperkaya tersedianya sumber daya literasi yang bisa diakses publik luas. “Sekecil apa pun itu,” ujarnya.

Denny JA menambahkan, timnya telah bekerja sekitar lima tahun untuk mendigitalkan sekitar 300 karyanya, yakni 100 karya di bidang fiksi, dan 200 karya di bidang non-fiksi. “Sebanyak 100 karya yang sudah diterjemahkan atau diberi substitel bahasa Inggris,” tuturnya.

Tidak hanya dalam bentuk teks, tetapi karya ini juga berbentuk video orasi, video animasi hingga film. “Ini jejak 40 tahun berkarya, sejak tahun 1981,” tambahnya.

Denny JA menuturkan, ketika mahasiswa dirinya banyak menulis kolom di berbagai media nasional untuk membiayai kuliah, karena dia memag berasal dari keluarga sangat sederhana.

“Namun kini, karena saya sudah memiliki sekitar 30 usaha bisnis lain, menulis bagi saya adalah derma. Karena itu saya dermakan semua karya saya untuk bisa diakses secara gratis. Website ini memuat sebanyak 300 karya itu bisa diakses oleh siapa pun, kapan pun dan di mana pun, tanpa perlu membayar satu rupiah pun,” katanya sambil menambahkan masyarakat dapat mengakses websitenya melalui link https://dennyja.world/en/dennyja-world/



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Laboratorium Suara Indonesia: Elektabilitas Airlangga Hartarto Tertinggi

Elektabilitas Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menempati peringkat pertama hasil survei Laboratorium Suara Indonesia.

NEWS | 26 Juni 2022

5 Kompi Brimob Nusantara Diterjunkan Jelang Pengesahan RUU Pemekaran Papua

Mabes Polri telah mengirimkan lima kompi Brimob Nusantara menjelang disahkannya tiga rancangan undang-undang (RUU) terkait pemekaran Papua.

NEWS | 26 Juni 2022

Sandiaga: Desa Wisata Loang Baloq Paduan Ekraf dan Kearifan Lokal

Sandiaga Salahuddin Uno menyebut Desa Wisata Loang Baloq merupakan perpaduan ekonomi kreatif (ekraf) dan kearifan lokal.

NEWS | 26 Juni 2022

Baleg DPR Ungkap Semua Dukung RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak

Fraksi-fraksi di DPR bersepakat mendukung RUU KIA. Hal ini ditegaskan Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Willy Aditya.

NEWS | 26 Juni 2022

Peringatan HANI Jadi Bagian Keprihatinan Bahaya Narkoba

Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) merupakan bagian dari keprihatinan terhadap bahaya narkoba yang menimpa generasi muda.

NEWS | 26 Juni 2022

Setelah Gempa, Taliban Desak Pencairan Aset Bank Sentral Afghanistan

Pemerintahan Taliban mendesak pemerintah internasional untuk mencairkan aset bank sentral Afghanistan setelah gempa maut.

NEWS | 26 Juni 2022

Jepang Catat Rekor Suhu 40 Derajat Celsius, Terpanas Sepanjang Juni

Isesaki, satu kota di Jepang timur mencatat suhu 40 derajat Celsius, terpanas di negara itu sepanjang Juni.

NEWS | 26 Juni 2022

Kemenkes Rilis Kurikulum Pelatihan Penanganan Diabetes untuk Nakes

Novo Nordisk Indonesia bersama Kemenkes, Kedubes Denmark, dan Perkeni meluncurkan kurikulum pelatihan penanganan diabetes untuk nakes.

NEWS | 26 Juni 2022

Banyak Negara Eropa Berperang Langsung dengan Rusia

Presiden Serbia, Aleksandar Vucic mengatakan banyak negara Uni Eropa (UE) sedang perang langsung dengan Rusia.

NEWS | 26 Juni 2022

Kelompok Negara G7 Bersidang, Ribuan Demonstran Datang

Ribuan pengunjuk rasa datang saat Kelompok Tujuh (G7) bersidang di Jerman pada Sabtu (25/6/2022).

NEWS | 26 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Indosurya


# One 160


# HUT Jakarta


# Jokowi 3 Periode


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tekuk Rans yang Diperkuat Ronaldinho, Persik Juara Trefeo

Tekuk Rans yang Diperkuat Ronaldinho, Persik Juara Trefeo

BOLA | 14 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings