Logo BeritaSatu

Peringatan Harkitnas Diharapkan Tak Sekadar Seremonial

Jumat, 20 Mei 2022 | 13:16 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro memimpin langsung upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 di lingkungan Kemendagri. Suhajar membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika terkait peringatan Harkitnas.

“Upacara peringatan Harkitnas yang tahun ini mengusung tema ‘Ayo Bangkit Bersama’ jangan hanya dimaknai sebagai kegiatan seremonial. Melalui tema tersebut, momen peringatan Harkitnas menjadi bentuk seruan agar bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang melanda dua tahun terakhir,” kata Suhajar dalam upacara secara daring dan luring dari kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Suhajar maupun peserta upacara, kompak mengenakan seragam Korpri. Suhajar juga memaparkan sejarah di balik peringatan Harkitnas. Dimulai dari Presiden Soekarno yang menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Harkitnas Indonesia pada 20 Mei 1948.

Pada masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

“Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Budi Utomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa,” kata Suhajar Diantoro.

Diharapkannya, semangat Budi Utomo masih relevan untuk dikontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Di tengah krisis pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina–Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, agar kebangkitan nasional dimaknai sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.

“Pada sisi penanganan Covid-19 di tingkat nasional, kita dapat melihat bahwa upaya kita kian menunjukkan hasil yang positif,” ujar Suhajar.

Dengan penanganan Covid-19 yang baik, berdampak pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Perekonomian Indonesia pada triwulan I-2022 terhadap triwulan I-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen (year on year). Hampir seluruh lapangan usaha juga tumbuh positif, kecuali administrasi pemerintahan dan jasa pendidikan.

Momentum yang baik ini, menurut Suhajar, makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai tuan rumah Presidensi G-20 2022. Pada Presidensi G-20, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”. Tema ini bertujuan untuk memberikan spirit baru mewujudkan tatanan dunia yang mampu memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

5 Kompi Brimob Nusantara Diterjunkan Jelang Pengesahan RUU Pemekaran Papua

Mabes Polri telah mengirimkan lima kompi Brimob Nusantara menjelang disahkannya tiga rancangan undang-undang (RUU) terkait pemekaran Papua.

NEWS | 26 Juni 2022

Sandiaga: Desa Wisata Loang Baloq Paduan Ekraf dan Kearifan Lokal

Sandiaga Salahuddin Uno menyebut Desa Wisata Loang Baloq merupakan perpaduan ekonomi kreatif (ekraf) dan kearifan lokal.

NEWS | 26 Juni 2022

Baleg DPR Ungkap Semua Dukung RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak

Fraksi-fraksi di DPR bersepakat mendukung RUU KIA. Hal ini ditegaskan Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Willy Aditya.

NEWS | 26 Juni 2022

Peringatan HANI Jadi Bagian Keprihatinan Bahaya Narkoba

Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) merupakan bagian dari keprihatinan terhadap bahaya narkoba yang menimpa generasi muda.

NEWS | 26 Juni 2022

Setelah Gempa, Taliban Desak Pencairan Aset Bank Sentral Afghanistan

Pemerintahan Taliban mendesak pemerintah internasional untuk mencairkan aset bank sentral Afghanistan setelah gempa maut.

NEWS | 26 Juni 2022

Jepang Catat Rekor Suhu 40 Derajat Celsius, Terpanas Sepanjang Juni

Isesaki, satu kota di Jepang timur mencatat suhu 40 derajat Celsius, terpanas di negara itu sepanjang Juni.

NEWS | 26 Juni 2022

Kemenkes Rilis Kurikulum Pelatihan Penanganan Diabetes untuk Nakes

Novo Nordisk Indonesia bersama Kemenkes, Kedubes Denmark, dan Perkeni meluncurkan kurikulum pelatihan penanganan diabetes untuk nakes.

NEWS | 26 Juni 2022

Banyak Negara Eropa Berperang Langsung dengan Rusia

Presiden Serbia, Aleksandar Vucic mengatakan banyak negara Uni Eropa (UE) sedang perang langsung dengan Rusia.

NEWS | 26 Juni 2022

Kelompok Negara G7 Bersidang, Ribuan Demonstran Datang

Ribuan pengunjuk rasa datang saat Kelompok Tujuh (G7) bersidang di Jerman pada Sabtu (25/6/2022).

NEWS | 26 Juni 2022

Aneka Lomba Ramaikan Deklarasi Sandiaga Uno Maju Pilpres 2024

Aneka lomba dan aksi sosial di Demak, Jawa Tengah, Minggu (26/6/2022), meramaikan deklarasi dukungan terhadap Sandiaga Uno maju dalam Pilpres 2024.

NEWS | 26 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Indosurya


# One 160


# HUT Jakarta


# Jokowi 3 Periode


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Real Madrid Siap Lepas Marcos Asensio dan Dani Ceballos

Real Madrid Siap Lepas Marcos Asensio dan Dani Ceballos

BOLA | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings