Logo BeritaSatu

Kunjungi Korsel dan Jepang, Biden Perkuat Kepemimpinan AS

Jumat, 20 Mei 2022 | 11:48 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Presiden Joe Biden mengunjungi Korea Selatan (Korsel) dan Jepang untuk memperkuat kepemimpinan Amerika Serikat (AS) di Asia pada Kamis (19/5/2022). Seperti dilaporkan AFP, kunjungan dilakukan di tengah kekhawatiran uji coba nuklir Korea Utara yang membayangi perjalanan.

Kunjungan itu disebut-sebut sebagai bukti bahwa Amerika Serikat sedang membangun langkah-langkah baru-baru ini untuk memperkuat porosnya selama bertahun-tahun ke Asia. Di Asia, kekuatan komersial dan militer Tiongkok yang meningkat melemahkan dominasi AS selama beberapa dekade.

Tetapi menyoroti tuntutan yang bersaing dari dua sisi dunia, Biden akan bertemu di Gedung Putih dengan para pemimpin Finlandia dan Swedia untuk merayakan aplikasi mereka untuk bergabung dengan NATO sebelum dia naik Air Force One ke Seoul.

Biden menuju ke Korea Selatan, kemudian Jepang pada Minggu (22/5). Saat di Tokyo, Biden mengadakan pertemuan puncak dengan para pemimpin kedua negara, serta bergabung dengan pertemuan puncak regional Quad - pengelompokan Australia, India, Jepang, dan Amerika Serikat.

Selama putaran pertama, Biden akan mengunjungi pasukan AS dan Korea Selatan. Namun dia tidak akan melakukan perjalanan kepresidenan tradisional ke perbatasan berbenteng yang dikenal sebagai DMZ antara Korea Selatan dan Korea Utara, kata Gedung Putih.

Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan menegaskan tidak ada "ketegangan" antara masalah Eropa dan Asia, menyebutnya "saling memperkuat".

“Ada sesuatu yang cukup menggugah dari pertemuan dengan presiden Finlandia dan perdana menteri Swedia untuk memperkuat momentum di balik aliansi NATO dan tanggapan dunia bebas terhadap Ukraina, kemudian naik pesawat dan terbang ke Indo-Pasifik,” ucap Sullivan.

Memberi pengarahan kepada wartawan pada Rabu, Sullivan mengatakan Biden menuju Asia dengan "angin di belakang kami" setelah kepemimpinan AS yang sukses dalam tanggapan Barat terhadap invasi Presiden Vladimir Putin yang sekarang hampir tiga bulan ke negara tetangga Ukraina.

Sanksi militer, diplomatik dan ekonomi yang tinggi yang dikenakan pada Rusia dilihat di Washington sebagai kisah peringatan bagi Tiongkok untuk menyerap, mengingat ambisi yang dinyatakan untuk mendapatkan kendali atas Taiwan yang diperintah secara demokratis, bahkan jika itu berarti berperang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kejagung Usut Dugaan Korupsi Impor Garam di Kemendag

Kejaksaan Agung (Kejagung) tengah mengusut dugaan korupsi terkait penyalahgunaan impor garam di Kementerian Perdagangan (Kemendag)

NEWS | 27 Juni 2022

GMKI Hadir dalam Pertemuan Mahasiswa Kristen di Berlin

GMKI atau Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia menjadi wakil dari Indonesia dalam pertemuan mahasiswa Kristen itu.

NEWS | 27 Juni 2022

Pemberantasan Narkoba, BNN Selalu Terapkan 4 Strategi

BNN atau Badan Narkotika Nasional dalam memberantas peredaran gelap narkoba selalu mengedepankan empat strategi utama. 

NEWS | 27 Juni 2022

Survei IPS: Head to Head, Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies

Survei IPS menunjukkan Prabowo Subianto mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan sebagai capres dengan elektabilitas tertinggi untuk Pilpres 2024.

NEWS | 27 Juni 2022

Taiwan dan AS Gelar Pembicaraan untuk Bahas Perdagangan

Taiwan dan Amerika Serikat (AS) akan mengadakan pembicaraan perdagangan pada Senin (27/6/2022) di bawah kerangka kerja yang baru.

NEWS | 27 Juni 2022

Jaksa Agung: Kasus Korupsi Garuda Indonesia Rugikan Negara Rp 8,8 T

Jaksa Agung ST Burhanuddin mengungkapkan kasus dugaan korupsi PT Garuda Indonesia merugikan keuangan negara hingga mencapai Rp 8,8 triliun.

NEWS | 27 Juni 2022

Survei: Publik Dukung Jokowi Ganti Menteri Perdagangan

Survei Indonesia Polling Stations (IPS) menunjukkan masyarakat mendukung Presiden Jokowi melakukan reshuffle mengganti Menteri Perdagangan

NEWS | 27 Juni 2022

BNN: Peredaran Narkoba Sintetis Jenis Baru Meningkat

BNN mengungkapkan, tren peredaran gelap narkoba selalu meningkat dan cukup mengkhawatirkan, terutama munculnya narkoba sintetis jenis baru.

NEWS | 27 Juni 2022

Gubernur Anies Pastikan Masih Ada Perubahan Nama Jalan

Gubernur DKI Anies Baswedan memastikan ada perubahan nama jalan untuk periode berikutnya setelah pergantian 22 nama jalan dengan nama tokoh Betawi

NEWS | 27 Juni 2022

Anies: Ubah Dokumen Administrasi soal Nama Jalan Gratis

Anies Baswedan menjanjikan tidak akan mengenakan biaya apabila masyarakat mengubah dokumen administrasi menyusul perubahan nama 22 jalan.

NEWS | 27 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Data Kasus Positif dan Kematian Covid-19 sampai 27 Juni 2022

Data Kasus Positif dan Kematian Covid-19 sampai 27 Juni 2022

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings