Logo BeritaSatu

KSP Dorong Peningkatan Pengawasan Produk Tekstil Impor

Rabu, 18 Mei 2022 | 14:57 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Kantor Staf Presiden (KSP) berupaya untuk terus mendorong peningkatan pengawasan produk tekstil impor melalui label berbahasa Indonesia, label SNI dan dokumen surat keterangan asal barang (SKA). Hal ini dilakukan pemerintah untuk mendukung perkembangan industri tekstil dalam negeri.

Demikian disampaikan Deputi III Kepala Staf Kepresidenan Panutan S Sulendrakusuma saat memimpin rapat koordinasi lintas kementerian dan lembaga (K/L) di Gedung Bina Graha Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Menurut Panutan, KSP terus memperkuat koordinasi dan sinergi antarkementerian dan lembaga dalam meningkatkan pengawasan terhadap produk impor tekstil, termasuk kemungkinan untuk semakin memperkuat regulasi-regulasi yang sudah ada.

“Kita perlu menjaga momentum kinerja yang sudah baik ini dengan upaya dan langkah-langkah untuk menjaga pasar dalam negeri melalui peningkatan pengawasan produk tekstil impor, sehingga industri TPT dalam negeri dapat terus berkembang dan utilisasinya industri terus dapat ditingkatkan,” kata Panutan S Sulendrakusuma.

Dalam acara yang sama, Direktur Industri Tekstil, Kulit, dan Alas Kaki Kementerian Perindustrian Elis Masitoh mengatakan Pemerintah, telah menerapkan berbagai kebijakan untuk mendukung kinerja industri TPT diantaranya melalui insentif tax allowance, tax holiday, trade remedies, serta kebijakan antidumping di sektor hulu.

“Peningkatan kinerja industri TPT tidak terlepas dari berbagai kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah. Meskipun begitu, memang perlu adanya peningkatan pengawasan produk tekstil impor melalui pengecekan label berbahasa Indonesia, label SNI, dan dokumen SKA,” kata Elis Masitoh.

Perlu diketahui, Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) digolongkan sebagai industri strategis dan prioritas nasional yang memiliki karakteristik padat karya sehingga dapat menyerap tenaga kerja hingga mencapai 3,95 juta orang.

Data BPS menunjukkan kinerja TPT pada Triwulan-I tahun 2022 tumbuh sangat baik sebesar 12,45% (yoy), jauh lebih lebih baik sebelum pandemi. Indikator lain, seperti peningkatan ekspor, juga tumbuh baik mencapai 28%. Kondisi utilisasi industri TPT pun tergolong cukup tinggi mencapai 70-75%. Ini artinya sektor TPT memiliki potensi perekonomian yang cukup besar.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sandiaga Yakin Desa Wisata Buluh Duri Bisa Dongkrak Perekonomian Rakyat

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno optimistis berbagai potensi wisata Desa Buluh Duri di Sumut dapat mendorong perkembangan desa wisata.

NEWS | 26 Juni 2022

WHO: Cacar Monyet Belum Jadi Darurat Kesehatan Global

Cacar monyet belum menjadi darurat kesehatan global, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memutuskan pada Sabtu (25/6/2022).

NEWS | 26 Juni 2022

Hasto: Lakon “Bima Suci” Teguhkan Komitmen PDIP Menyatu dengan Rakyat

Hasto menegaskan kisah lakon "Bima Suci" meneguhkan Komitmen PDIP untuk terus memperkuat persatuan dan lebih menyatu dengan rakyat.

NEWS | 26 Juni 2022

Pra Penas 2022, Insan Pertanian Siap Wujudkan Kemandirian Pangan

Kementan, KTNA bersama stakeholder menggelar Pra Penas 2022 di Maros untuk meningkatkan motivasi petani, nelayan, petani hutan dan masyarakat pelaku agrobisis.

NEWS | 26 Juni 2022

BMKG: Jabodetabek Akan Diguyur Hujan Siang hingga Malam

BMKG memprakirakan cuaca Jabodetabek pada hari ini akan diwarnai hujan yang turun dengan intensitas ringan hingga sedang.

NEWS | 26 Juni 2022

Sri Lanka Hampir Kehabisan Bensin dan Solar

Sri Lanka hampir kehabisan bensin dan solar setelah beberapa pengiriman yang diperkirakan tertunda tanpa batas waktu.

NEWS | 26 Juni 2022

Mentan Ajak Petani Bersama Antisipasi Krisis Pangan Global

Mentan mengajak semua pihak berkontribusi menjaga ketahanan pangan di tengah krisis pangan global yang melanda dunia.

NEWS | 26 Juni 2022

Dalang Ki Warseno Slank Hadiahi Lagu untuk Megawati

Presiden Kelima yang juga Ketua DPP PDIP Megawati mendapat hadiah lagu gendhing Jawa dalam perayaan Bulan Bung Karno 2022, Sabtu (25/6/2022) malam.

NEWS | 26 Juni 2022

Vakum 2 Tahun, PDIP Gelar Wayang “Bima Suci”

PDIP menggelar wayang kulit dengan judul "Bima Suci" yang dibawakan oleh Ki Warseno Slank dalam rangka Bulan Bung Karno 2022, Sabtu (22/6/2022) malam.

NEWS | 26 Juni 2022

Wisatawan Naik, Loket Tiket Desa Penglipuran Bali Direnovasi

Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Bali dibarengi dengan pembenahan fasilitas dunia pariwisata, termasuk di Desa Penglipuran di Kabupaten Bangli.

NEWS | 26 Juni 2022


TAG POPULER

# Rima Melati


# Nikita Mirzani Tersangka


# PDIP


# The Minions


# Sri Lanka


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
WHO: Cacar Monyet Belum Jadi Darurat Kesehatan Global

WHO: Cacar Monyet Belum Jadi Darurat Kesehatan Global

NEWS | 16 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings