Logo BeritaSatu

BNPT Tawarkan Tiga Cara Atasi Kejahatan Transnasional

Rabu, 18 Mei 2022 | 07:45 WIB
Oleh : JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menawarkan tiga cara untuk mengatasi kejahatan transnasional dalam Sidang Ke-31 Commission on Crime Prevention and Criminal Justice (CCPCJ) yang berlangsung di Wina, Austria, 16 hingga 20 Mei 2022.

CCPCJ atau Komisi Pencegahan Kejahatan dan Peradilan Pidana adalah forum di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). CCPCJ dibentuk pada tahun 1992 oleh the Economic and Social Council (ECOSOC) dan berfungsi sebagai badan pembuat keputusan di bawah naungan PBB.

"Pertama, mengantisipasi ancaman kejahatan transnasional," kata Sekretaris Utama BNPT Mayjen TNI Dedi Sambowo selaku Wakil Pimpinan Delegasi Indonesia pada forum tersebut melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Kedua, tanggap dalam melaksanakan langkah-langkah penanggulangan kejahatan transnasional, dan terakhir memperkuat kerja sama internasional di setiap level.

Menurut Dedi, kemajuan teknologi membuka celah kejahatan transnasional. Kejahatan tersebut membahayakan keselamatan dan kesejahteraan manusia.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membuka jalan bagi eksploitasi serta penyalahgunaan yang tidak bertanggung jawab. Melalui forum yang diikuti 130 negara anggota PBB tersebut, Indonesia menyambut baik dan akan berkontribusi, kata Dedi.

Dedi memaparkan kejahatan transnasional terus berkembang dan semakin meningkat. Bahkan, kejahatan ini terorganisasi sehingga semakin kompleks.

"Ini tantangan terbesar yang dihadapi manusia dan memengaruhi semua aspek kehidupan, termasuk sistem peradilan pidana," jelas dia.

Oleh karena itu, upaya kolektif dan terkoordinasi untuk mencegah serta memerangi kejahatan transnasional penting dilakukan, tegas dia.

Terakhir, di forum itu BNPT membagikan pengalaman Indonesia dalam mengimplementasikan keadilan restoratif (restorative justice) untuk mengurangi kejahatan dan kelebihan kapasitas di lembaga pemasyarakatan (lapas).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jakarta Kembali PPKM Level 1

Status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di DKI Jakarta dan sekitarnya kembali masuk level satu mulai Rabu (6/7/2022) ini

NEWS | 6 Juli 2022

Pakar: Kasus Covid-19 Naik Berpotensi Muncul Varian Baru

Pakar kesehatan menyoroti jikakasus Covid-19 terus meningkat, maka potensi terbentuknya varian baru menjadi lebih besar.

NEWS | 6 Juli 2022

AKHLAK Award BUMN 2022, Keterbukaan BUMN Diapresiasi

Founder ESQ Group, Ary Ginanjar Agustian mengapresiasi atas keterbukaan BUMN untuk diukur oleh pihak luar yang independen.

NEWS | 6 Juli 2022

Soal KIB, PAN Pastikan Golkar Tak Tergoda Rayuan Demokrat

Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Partaonan Daulay memastikan Partai Golkar tidak akan tergoda dengan rayuan Partai Demokrat untuk berkoalisi di Pilpres 2024.

NEWS | 6 Juli 2022

Asosiasi Dokter Medis Sedunia Hanya Akui IDI di Indonesia

Asosiasi Dokter Medis Sedunia atau World Medical Association (WMA) hanya mengakui Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di Indonesia.

NEWS | 6 Juli 2022

Ada 198 Pasien Covid-19 Dirawat di RSDC Wisma Atlet

Pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Rabu (6/7/2022) berjumlah 198.

NEWS | 6 Juli 2022

2022, Muhammad Jadi Nama Bayi Laki-laki Favorit di Inggris

Muhammad menjadi nama paling populer untuk bayi laki-laki di Inggris tahun 2022. data itu terungkap dari perusahaan media daring BabyCentre.

NEWS | 6 Juli 2022

Ganjar Sebut soal Zonasi Menjadi Masalah Utama PPDB

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyebut soal zonasi sebagai masalah utama dalam pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2022/2023 di wilayahnya.

NEWS | 6 Juli 2022

Rusia Menggempur Kota Donetsk setelah Merebut Luhansk

Pasukan Rusia menyerang sasaran di seluruh wilayah Donetsk timur Ukraina pada Selasa (5/7/2022) setelah merebut Luhansk.

NEWS | 6 Juli 2022

Kemensos Cabut Izin Pengumpulan Uang dan Barang ACT

Kemensos akhirnya mencabut izin penyelenggaraan Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) yang telah diberikan kepada Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) tahun 2022

NEWS | 6 Juli 2022


TAG POPULER

# Kepala RS Tewas Ditikam


# Inflasi


# Bob Tutupoly Meninggal


# Polisi Gadungan


# Update Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jakarta Kembali PPKM Level 1

Jakarta Kembali PPKM Level 1

NEWS | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings