Logo BeritaSatu

Singapura dan Uni Afrika Saling Akui Sertifikat Vaksinasi Covid

Selasa, 17 Mei 2022 | 23:10 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Singapura, Beritasatu.com- Singapura dan Uni Afrika (AU) akan mulai saling mengakui sertifikat vaksinasi Covid-19 digital mulai Senin (23/5/2022). Seperti dilaporkan TheStraitTimes, Selasa (17/5/2022), pengakuan sertifikat itu membuat perjalanan ke 55 negara anggota menjadi lebih mudah.

Dengan langkah tersebut, mereka yang divaksinasi lengkap di Singapura hanya perlu mengunggah sertifikat vaksinasi digital mereka yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan agar status mereka diverifikasi di platform Trusted Travel (TT) dan Trusted Vaccines (TV) AU, yang memungkinkan perjalanan bebas karantina.

Pemeriksaan digital status vaksinasi pelancong dipandang sebagai kunci untuk membuka potensi penuh perjalanan udara pascapandemi, dengan pemeriksaan manual dalam dua tahun terakhir semakin tidak mungkin karena jumlah pelancong kembali ke ketinggian sebelum pandemi.

Sertifikat Covid-19 Singapura sudah diakui setara dengan sertifikat digital Uni Eropa. Yurisdiksi, seperti Taiwan, juga telah membentuk pengaturan serupa dengan Singapura.

Pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan awal tahun ini, varian BA.4 dan BA.5 telah menjadi strain dominan di sana. Varian tersebut sering dibahas bersama karena mutasi pada gen protein lonjakan mereka identik, kata sebuah laporan di VaccinesWork, satu platform yang diselenggarakan oleh Gavi.

Menurut para ilmuwan Afrika Selatan, varian tersebut dapat menghindari antibodi dari infeksi sebelumnya. Namun varian itu jauh lebih sedikit mampu berkembang dalam darah orang yang divaksinasi Covid-19.

Secara global, setidaknya 1.000 kasus BA.4 dan BA.5 telah dilaporkan di setidaknya 16 negara pada 11 Mei, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Tetapi pengetahuan tentang varian tetap terbatas. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menambahkannya ke daftar untuk pemantauan awal bulan lalu.

Berdasarkan "penghindaran netralisasi", BA.4 dan BA.5 berpotensi menghasilkan gelombang infeksi baru, kata sebuah penelitian di Afrika Selatan.

Namun, sejauh ini tidak ada indikasi bahwa BA.4 atau BA.5 berhubungan dengan gejala baru atau penyakit yang lebih parah.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Saat Napoleon Lumuri Muka M Kace, Saksi: Baunya Meledak

Saksi mengaku melihat detik-detik Napoleon Bonaparte melumuri Youtuber M Kace dengan tinja. Menurut saksi, kotoran manusia itu baunya meledak.

NEWS | 30 Juni 2022

Warga Cikini VII Keberatan Nama Jalan Diganti Jadi Tino Sidin

Pemprov DKI Jakarta mengganti 22 nama Jalan di Ibu Kota. Salah satunya yaitu Jalan Cikini VII yang berada di Jakarta Pusat menjadi Jalan Tino Sidin.

NEWS | 30 Juni 2022

Diselingi Interupsi, DPR Sahkan Tiga RUU DOB Papua Jadi UU

Setelah Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia Tandjung membacakan laporan pembahasan RUU DOB Papua, Sufmi Dasco langsung menanyakan persetujuan.

NEWS | 30 Juni 2022

Mantan Pejabat Afghanistan Hidup Mewah di Pengasingan

Sejumlah mantan pejabat Afganistan yang melarikan diri hidup mewah dalam pengasingan di kota Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) dan Amerika Serikat (AS).

NEWS | 30 Juni 2022

KPK Jebloskan Psikolog Andririni ke Lapas Tangerang

KPK menjebloskan terpidana kasus korupsi Perum Jasa Tirta II yakni psikolog Andririni ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Tangerang.

NEWS | 30 Juni 2022

Putin Peringatkan NATO jika Kerahkan Pasukan di Swedia dan Finlandia

Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan NATO jika mengerahkan pasukan di Finlandia dan Swedia.

NEWS | 30 Juni 2022

KPK Cecar Eks Mendagri Gamawan Fauzi soal Kasus E-KTP

KPK mencecar Gamawan Fauzi sebagai saksi soal kasus e-KTP pada saat dirinya menjabat sebagai Mendagri.

NEWS | 30 Juni 2022

Roy Suryo Penuhi Panggilan Polisi Sebagai Saksi Pelapor

Roy Suryo memenuhi undangan klarifikasi dan akan memberikan penjelasan kepada penyidik terkait kasus editan foto patung stupa Candi Borobudur.

NEWS | 30 Juni 2022

Tok! Paripurna DPR Sahkan Lima RUU Provinsi Jadi UU

DPR mengesahkan lima RUU provinsi menjadi UU di mana ebelumnya lima provinsi tersebut diatur masing-masing dengan UU Nomor 61 tahun 1958.

NEWS | 30 Juni 2022

Gunakan Ferizy untuk Cegah Calo Tiket di Pelabuhan Panjang

Dirjen Hubdat Kemenhub mengatakan pihaknya telah menerima laporan terkait calo tiket kapal penyeberangan di Pelabuhan Panjang, Lampung.

NEWS | 30 Juni 2022


TAG POPULER

# Jokowi Ukraina


# Pengawasan Intelijen


# MyPertamina


# Roy Suryo


# Mars


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tumbuh Berkelanjutan, BRI Catat Sejumlah Aksi Korporasi Penting

Tumbuh Berkelanjutan, BRI Catat Sejumlah Aksi Korporasi Penting

EKONOMI | 2 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings