Logo BeritaSatu

Kepuasan Publik Menurun, PKS: Jangan Sepelekan Kebutuhan Pokok

Senin, 16 Mei 2022 | 19:44 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Juru Bicara PKS, Kurniasih Mufidayati hasil survei Indikator Politik Indonesia yang menyebut tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) menurun menjadi 58,1 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyebut faktor terbesar yang membuat tingkat kepuasan publik terendah dalam enam tahun terakhir itu karena mahalnya harga-harga kebutuhan pokok terutama minyak goreng.

Kurniasih mengamini pernyataan Burhanuddin. Dikatakan, harga kebutuhan pokok yang merupakan kebutuhan utama keluarga Indonesia merupakan hal yang tidak boleh diremehkan pemerintah.

Sebagai entitas terkecil dalam masyarakat, kata Kurniasih, keluarga menjadi indikator kelompok masyarakat apakah sedang baik-baik saja atau tidak. Menurutnya masyarakat akan bergejolak jika keluarga mendapatkan tekanan dari tingginya harga kebutuhan pokok, termasuk minyak goreng.

"Maka kami ingatkan jangan pernah bermain-main dan tidak serius yang terkait dengan kebutuhan keluarga apalagi kebutuhan pokok. Mafia minyak goreng yang terang benderang ada amat mungkin bisa terjadi di komoditas pokok lainnya. Korbannya tetap pengguna paling akhir yakni kaum ibu dan keluarga," ujar Kurniasih kepada wartawan, Senin (16/5/2022).

Anggota Komisi IX DPR ini menegaskan, keluarga terutama kaum ibu tidak dapat dipandang sebelah hanya sebagai objek kebijakan yang dianggap tidak berdaya. Ditekankan, jika kaum ibu bergerak karena mendapatkan tekanan kesulitan yang bertubi-tubi mengindikasikan adanya persoalan dari sisi kebijakan.

"Rendahnya kepuasan terhadap Presiden Joko Widodo hingga titik paling rendah dalam enam tahun terakhir adalah cerminan ketidakpuasan kaum ibu dan keluarga karena kecewa dengan penanganan melonjaknya harga-harga pokok terutama minyak goreng," ungkapnya.

Untuk itu, Kurniasih, berpesan kepada pemerintah agar fokus menangani persoalan kebutuhan pokok dibandingkan hasrat politik tiga periode masa jabatan.

"Sisa dua tahun masa jabatan digunakan semaksimal mungkin untuk memastikan rakyat tidak kelaparan, tidak bertaruh nyawa saat terpaksa antre minyak goreng. Kebutuhan pokok adalah kebutuhan utama dibanding menggalang kekuatan politik demi klaim perpanjangan masa jabatan," kata Kurniasih.

Diketahui, hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia menunjukkan tingkat kepuasan publik atas kinerja Presiden Joko Widodo turun ke angka 58,1% atau turun sebesar 6% dari hasil survei sebulan sebelumnya. Survei terbaru ini dilakukan pada pada 5-10 Mei 2022 yang melibatkan 1.228 responden yang diambil secara acak dengan margin of error 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Dari hasil survei tersebut, sebanyak 8% responden puas dengan kinerja Jokowi dan 50,1% yang menyatakan cukup puas sehingga total yang puas sebayak 58,1%. Sedangkan responden yang menyatakan tak puas dengan kinerja Presiden Jokowi tercatat sebanyak 29,1 persen dan tidak puas sama sekali 6,1 persen. Artinya, sebanyak 35,2 persen tidak puas. Sedangkan yang tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 6,7 persen.

Sebulan sebelumnya, yakni pada 20-25 April 2022, Indikator Politik juga melakukan survei yang melibatkan 1.219 responden dengan margin of error 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Saat itu, sebanyak 10,6% responden sangat puas dengan kinerja Presiden Jokowi dan 58,5% cukup puas atau total 64,1% responden puas dengan kinerja Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

HUT Ke-76 Polri, Henry Indraguna Dukung Restorative Justice

Dalam peringatan HUT ke-76 Bhayangkara, Henry Indraguna mendukung jajaran Polri menerapkan konsep restorative justice.

NEWS | 2 Juli 2022

Tjahjo Wafat, Khofifah: Insyaallah Beliau Husnulkhatimah

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyampaikan dukacita mendalam atas meninggalnya Tjahjo Kumolo.

NEWS | 2 Juli 2022

Jusuf Kalla Kenang Tjahjo sebagai Sosok Baik dalam Bekerja

Jusuf Kalla (JK) menyampaikan rasa duka cita atas wafatnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

NEWS | 2 Juli 2022

Suasana Sepi Rumah Duka Menteri Tjahjo Kumolo di Semarang

Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia di Jakarta, Jumat (1/7/2022), memiliki rumah di Kota Semarang.

NEWS | 1 Juli 2022

Pelaku Penembakan di Sidoarjo Dijanjikan Imbalan Rp 100 Juta

JO, pelaku penembakan terhadap SB, seorang bos rongsokan di Sidoarjo, Jawa Timur, mengaku dijanjikan imbalan senilai Rp 100 juta jika berhasil melakukan tugas.

NEWS | 2 Juli 2022

Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Hendi: Beliau Orang Baik

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022).

NEWS | 1 Juli 2022

Wiku: Wabah PMK Terjadi di 19 Provins, 223 Kabupaten/Kota

Terdapat 19 provinsi dan 223 kabupaten/kota yang terdampak penyakit mulut dan kuku atau PMK yang terjadi pada hewan ternak.

NEWS | 1 Juli 2022

GMNI Nilai Kunjungan Jokowi Dapat Turunkan Tensi Geopolitik

Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia dapat menurunkan tensi geopolitik global.

NEWS | 1 Juli 2022

Tjahjo Kumolo Wafat, Novita Wijayanti: Selamat Jalan Senior

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra Novita Wijayanti menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Tjahjo Kumolo.

NEWS | 1 Juli 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Jumat Berkah Berbagi di Gunung Kidul

Relawan Ganjar Pranowo, Santri Dukung Ganjar menggelar Jumat berkah berbagi di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hari Bhayangkara, Kapolri Minta Anggotanya Bekerja Ikhlas

Hari Bhayangkara, Kapolri Minta Anggotanya Bekerja Ikhlas

NEWS | 27 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings