Logo BeritaSatu

License Manager Alfamidi Ambon Tak Penuhi Panggilan KPK

Senin, 16 Mei 2022 | 14:30 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – License Manager PT Midi Utama Indonesia (Alfamidi) Tbk cabang Ambon, Nandang Wibowo tidak memenuhi panggilan periksa dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebagai informasi, Nandang rencananya akan diperiksa tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi untuk mengusut kasus dugaan suap yang menjerat Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy.

“Tim penyidik segera menjadwalkan pemanggilan berikutnya,” kata Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Ali Fikri dalam keterangan tertulis, Senin (16/5/2022).

KPK sebetulnya juga memanggil dua orang lainnya untuk diperiksa sebagai saksi dalam perkara yang sama yakni Kepala Dinas Pendidikan Pemkot Ambon Fahmi Sallatalohy dan Direktur PT Kristal Kurnia Jaya Julian Kurniawan. Hanya saja, keduanya juga tidak memenuhi panggilan dan akan segera dijadwalkan untuk pemanggilan berikutnya.

Sebagai informasi, Richard saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan suap soal persetujuan izin prinsip pembangunan cabang ritel pada 2020 di Kota Ambon. Ada dua orang lainnya yang juga ditetapkan sebagai tersangka, yakni staf tata usaha pimpinan pada Pemkot Ambon, Andrew Erin Hehanusa serta Kepala Perwakilan Regional Alfamidi, Amri.

Dalam kasus ini, KPK menduga Richard menerima suap terkait izin pembangunan cabang Alfamidi di Kota Ambon. Amri aktif berkomunikasi hingga bertemu dengan Richard agar proses perizinan Alfamidi bisa segera disetujui dan diterbitkan. Atas permintaan itu, Richard memerintahkan Kepala Dinas PUPR Pemkot Ambon untuk memproses dan menerbitkan berbagai permohonan izin, di antaranya surat izin tempat usaha (SITU), dan surat izin usaha perdagangan (SIUP).

Untuk setiap dokumen izin yang disetujui dan diterbitkan dimaksud, Richard Louhenapessy meminta agar Amri menyerahkan uang dengan minimal nominal Rp 25 juta menggunakan rekening bank milik Andrew. Tak hanya itu, Richard juga diduga menerima suap sekitar Rp 500 juta dari Amri terkait persetujuan pembangunan untuk 20 gerai Alfamidi di Kota Ambon. Selain suap, KPK pun menduga Richard juga menerima gratifikasi dari sejumlah pihak. Namun, hal itu masih didalami tim penyidik.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

KPU meminta partai politik (parpol) untuk membuka diri kepada masyarakat, khususnya calon pemilih menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 3 Desember 2022

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyatakan seluruh personel KPU sehat dan siap menggelar Pemilu 2024. Hal ini ditandai acara gerak jalan sehat yang digelar pihaknya.

NEWS | 3 Desember 2022

Konsolidasi Nasional Jelang Pemilu 2024, KPU Gelar Jalan Sehat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara jalan sehat sebagai upaya konsolidasi nasional jelang Pemilu 2024. 

NEWS | 3 Desember 2022

Warga dan Petugas Damkar Lebak Tangkap Ular Piton Panjang 3 Meter

Warga dan petugas pemadam kebakaran (damkar) Lebak, menangkap ular piton sepanjang 3 meter, Sabtu (3/12/2022) dini hari.

NEWS | 3 Desember 2022

Jokowi Hadiri Acara Puncak HUT Ke-77 PGRI dan HGN 2022

Acara puncak peringatan HUT ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 dihadiri Presiden Jokowi.

NEWS | 3 Desember 2022

Pernyataan Benny Rhamdani soal Siap Perang Dinilai Harus Dilihat Utuh

Efriza menilai pihak-pihak mempersoalkan diksi siap perang dan menyerang Benny Rhamdani saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlalu berlebihan.

NEWS | 3 Desember 2022

8 Pemprov Desak RUU Daerah Kepulauan Disahkan pada 2023

Delapan pemerintah provinsi (pemprov) mendesak agar Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Kepulauan yang sudah masuk Prolegnas agar disahkan pada 2023.

NEWS | 3 Desember 2022

DPR Optimistis Yudo Margono Mampu Pimpin TNI secara Profesional

Anggota Komisi I DPR Christina Aryani menyampaikan selamat kepada Laksamana TNI Yudo Margono yang sudah mendapat persetujuan sebagai Panglima TNI.

NEWS | 3 Desember 2022

Soal Calon Kasal, Laksamana Yudo Margono: Rahasia

Calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono belum dapat mengungkapkan calon Kepala Staf Angkata Laut (Kasal) yang akan menggantikannya. 

NEWS | 3 Desember 2022

Paripurna DPR Pengesahan Yudo Margono sebagai Panglima TNI Digelar Selasa

DPR bakal menggelar rapat paripurna untuk mengesahkan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI pada Selasa (6/12/2022).

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

NEWS | 21 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE