Logo BeritaSatu

Emir Qatar Tuduh Israel Terlibat Kematian Jurnalis Al Jazeera

Jumat, 13 Mei 2022 | 14:48 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Doha, Beritasatu.com- Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani menuduh Israel terlibat kematian jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh saat serangan tentara Israel di Tepi Barat yang diduduki.

“Abu Akleh dibunuh oleh pasukan pendudukan Israel. Kita harus meminta pertanggungjawaban pelaku kejahatan keji ini,” kata Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani pada konferensi pers bersama di Teheran dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi seperti dilaporkan AFP, Kamis (12/5/2022),

Abu Akleh, seorang Palestina-Amerika berusia 51 tahun, ditembak mati pada hari Rabu saat dia meliput operasi militer Israel di kamp pengungsi Jenin.

Saluran televisi pan-Arab yang berbasis di Qatar menuduh bahwa pasukan Israel telah membunuh Abu Akleh dengan sengaja "dengan darah dingin".

Pada Rabu, Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengatakan bahwa "kemungkinan" Abu Akleh terbunuh oleh tembakan nyasar Palestina. Namun Menteri Pertahanan Benny Gantz kemudian mengakui bahwa peluru bisa saja "orang-orang Palestina yang menembaknya" atau tembakan dari "pihak kita".

Seruan telah meningkat di seluruh dunia untuk penyelidikan independen atas penembakan itu.

Tetapi orang-orang Palestina telah menolak tawaran Israel untuk melaksanakannya penyelidikan bersama. Mereka akan menyelidiki sendiri dan berbagi temuan mereka.

Pada Rabu, surat kabar Israel HAARETZ melaporkan bahwa penyelidikan awal oleh Tentara Israel menunjukkan bahwa pasukan Israel telah menembakkan puluhan peluru saat serangan di Tepi Barat yang menyebabkan pembunuhan Abu Akleh.

Pada Rabu (11/5), Liga Arab mengutuk dalam istilah yang paling kuat pembunuhan jurnalis Palestina Shireen Abu Akleh oleh tentara Israel di kota Jenin di Tepi Barat utara.

Badan pan-Arab menganggap pasukan Israel bertanggung jawab penuh atas kematian jurnalis Palestina. Badan ini juga menggarisbawahi perlunya mengadakan penyelidikan internasional atas pembunuhan Abu Akleh.

“Tindakan mendesak harus diambil untuk meminta pertanggungjawaban mereka yang bertanggung jawab atas kejahatan ini,” menurut pernyataan itu.

Sementara itu, Asisten Sekjen Liga Arab untuk Palestina dan wilayah Arab yang diduduki Saeed Abu Ali mengatakan Palestina kehilangan figur veteran media. Dia juga menyampaikan belasungkawa yang tulus atas kematian Abu Akleh. Ia juga mendoakan agar Ali Samoudi cepat sembuh, yang tertembak peluru tajam di punggungnya.

Hubungan antara pasukan Israel dan media, terutama jurnalis Palestina, tegang. Sejumlah wartawan Palestina telah terluka oleh peluru berlapis karet atau gas air mata saat meliput demonstrasi di Tepi Barat.

Seorang jurnalis Palestina di Gaza ditembak dan dibunuh oleh pasukan Israel saat merekam protes kekerasan di sepanjang perbatasan Gaza pada 2018. Wartawan lain yang bekerja untuk stasiun radio lokal Gaza, yang ditembak pada hari yang sama di perbatasan Gaza, meninggal seminggu kemudian.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Dua pekan setelah gempa Cianjur pada 21 November lalu jumlah pengungsi yang tinggal di tenda-tenda pengungsian terus berkurang.

NEWS | 3 Desember 2022

IDI: Kasus Polio di Aceh Jadi Pelajaran Pentingnya Vaksinasi

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengatakan kasus polio di Aceh menjadi pelajaran penting bagi pemerintah dan masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

NEWS | 3 Desember 2022

Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov NTB Kirim 2 Truk Makanan

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah melepas pengiriman dua truk bantuan berupa makan siap saji untuk para korban gempa Cianjur. 

NEWS | 3 Desember 2022

KPU Pastikan Anggaran Pemilu Akan Dilaporkan Tiap Triwulan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan anggaran Pemilu 2022 akan dipertanggungjawabkan secara transparan dalam laporan keuangan triwulan.

NEWS | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

IDI: Dunia Akui Pemulihan Kesehatan Pasca-Covid-19 di Indonesia

Ketua Umum PB IDI, Adib Khumaidi menyebut dunia mengakui langkah-langkah pemulihan kesehatan yang dilakukan Indonesia pascapandemi Covid-19.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, Ini Cara Cek Nama di DPT secara Online

KPU meminta masyarakat melindungi hak pilihnya di Pemilu 2024 dengan memastikan namanya tertera di daftar pemilih tetap (DPT). Ini cara cek DPT secara online.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

KPU meminta partai politik (parpol) untuk membuka diri kepada masyarakat, khususnya calon pemilih menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 3 Desember 2022

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyatakan seluruh personel KPU sehat dan siap menggelar Pemilu 2024. Hal ini ditandai acara gerak jalan sehat yang digelar pihaknya.

NEWS | 3 Desember 2022

Konsolidasi Nasional Jelang Pemilu 2024, KPU Gelar Jalan Sehat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara jalan sehat sebagai upaya konsolidasi nasional jelang Pemilu 2024. 

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE