Logo BeritaSatu

Gobel Ajak Qatar Investasi Pertanian di Indonesia

Kamis, 12 Mei 2022 | 11:20 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Doha, Beritasatu.com- Wakil Ketua DPR RI Bidang Korinbang, Rachmat Gobel, mengajak Qatar untuk berinvestasi di bidang pertanian dan pangan di Indonesia. Hal itu disampaikan Gobel saat berdialog dengan Wakil Ketua DPR Qatar, Hamda binti Hassan Al Sulaiti.

"Akibat climate change dan juga makin seringnya dunia dilanda pandemi maupun persaingan global, sektor pertanian dan pangan pada umumnya akan menjadi hal strategis. Kami mengundang Qatar untuk investasi di Indonesia," katanya, Rabu (11/5/2022).

Gobel melakukan kunjungan ke Qatar bersama sejumlah anggota DPR yang lain yaitu Ketua Komisi VII Sugeng Suparwoto, Ketua Komisi VI Faisol Riza, Wakil Ketua Komisi VI Martin Manurung, dan tiga anggota Komisi XI, yaitu Heri Gunawan, Charles Meikyansyah, dan Fauzi Amro. Hadir pula Duta Besar Indonesia untuk Qatar, Ridwan Hassan.

Gobel juga mengatakan investasi di bidang pertanian dan pangan akan memberikan dampak yang luas bagi masyarakat.

"Karena akan menyerap tenaga kerja yang besar dan menyejahterakan masyarakat. Bagi Indonesia hal ini juga penting dalam mengurangi kemiskinan," katanya.

Pada sisi lain, kata Gobel, menyediakan pangan bagi dunia merupakan misi kemanusiaan yang sangat penting dalam membangun perdamaian dunia.

Pemerintah Indonesia di bawah Presiden Joko Widodo, kata Gobel, memiliki program pertanian dan pangan dengan dibangunnya food estate di sejumlah wilayah di Indonesia. Selain itu, kata Gobel, pemerintah Jokowi juga memiliki program membangun ekonomi dari pinggiran, alias dari desa. Investasi di bidang pertanian, katanya, juga sangat tepat setelah dunia dilanda pandemi Covid-19. "Ini akan jadi momentum kebangkitan," katanya.

Namun Gobel menyatakan bahwa pembangunan pertanian dan pangan ini harus terintegrasi dalam industri pangan dan bersifat modern. “Dengan demikian akan tercipta ekosistem pangan yang berkelanjutan,” katanya.

Untuk menjamin investasi, kata Gobel, Indonesia juga telah mendirikan Lembaga Pengelola Investasi. Gobel juga meminta Qatar untuk terus berinvestasi di bidang pariwisata.

"Ini juga melibatkan banyak tenaga kerja dan menggerakkan UMKM," katanya.

Pada kesempatan itu, Hamda menyampaikan bahwa Qatar telah berinvestasi di Indonesia, yaitu investasi di bidang telekomunikasi dan pariwisata. Namun demikian, kata perempuan bergelar doktor lulusan Mesir itu, Indonesia adalah negara besar dan memiliki tanah yang luas serta lahan yang subur. Selain itu, Indonesia juga negeri yang indah dengan potensi pariwisata yang cocok untuk menjadi tujuan investasi Qatar.

Pada kesempatan itu, Hamda menyampaikan aspirasi masyarakat Qatar yang menginginkan kemudahan untuk datang ke Indonesia. “Ini akan menyukseskan pariwisata Indonesia. Akhir-akhir ini Indonesia menjadi destinasi wisata favorit bagi warga Qatar. Tapi masyarakat Qatar mengeluhkan antre saat di bandara,” katanya.

Selain itu, Hamda menyampaikan agar Indonesia bisa membantu perdamaian di Afghanistan sehingga warga Afghanistan yang mengungsi di banyak negara bisa pulang kembali ke negaranya. Qatar juga meminta dukungan Indonesia untuk kesuksesan penyelenggaraan Piala Dunia 2022 yang diadakan di Qatar.

Menanggapi Hamda, Gobel mengatakan, pemerintah Indonesia telah memasukkan Qatar ke dalam negara yang masuk dalam daftar visa on arrival. “Soal antre yang lalu hanya karena kondisi pandemi saja,” katanya.

Gobel juga menerangkan bahwa Indonesia dan Qatar sangat intensif bekerja sama dalam membangun perdamaian di Afghanistan. Pelajar Indonesia di Qatar, katanya, juga sangat terlibat dalam berbagai kegiatan dalam penyelenggaraan Piala Dunia 2022.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Organ Dalam Keluarga Tewas Diracun di Magelang Terbakar

Organ dalam keluarga tewas diracun di Magelang terbakar. Hal ini karena ketiga korban tewas terkena zat beracun.

NEWS | 30 November 2022

Bharada E Tembak Brigadir J 3 hingga 4 Kali

Bharada E mengaku menembak Brigadir J tiga hingga empat kali. Dia menembak Brigadir J setelah sebelumnya diperintah oleh Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022

Bharada E Pejamkan Mata Saat Tembak Brigadir J

Di persidangan, Bharada E mengungkapkan saat momen dirinya menembak Brigadir J atas perintah Ferdy Sambo. 

NEWS | 30 November 2022

DPR: Data Desa Presisi Penting untuk Wujudkan Kesejahteraan

Anggota DPR dari Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka menegaskan pentingnya data desa presisi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara merata dan adil.

NEWS | 30 November 2022

Menangis Saat Disuruh Menembak, Bharada E: Tuhan Ubahlah Rencana Pak Sambo

Bharada E menangis saat disuruh menembak Brigadir J. Bahkan, Bharada E sempat berdoa agar Tuhan mengubah rencana Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022

Trauma, Petani Cianjur Korban Gempa Belum Kembali ke Sawah

Mayoritas petani di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, masih enggan kembali menggarap sawah karena merasa trauma dengan kejadian gempa Cianjur.

NEWS | 30 November 2022

Pangkat Bagai Bumi dan Langit Buat Bharada E Takut Tolak Perintah Ferdy Sambo

Pangkat berbeda bagai bumi dan langit membuat Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E takut menolak perintah Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022

Ferdy Sambo Bilang ke Bharada E soal Brigadir J Harus Mati

Bharada E mengungkapkan momen Ferdy Sambo menyatakan kepadanya Brigadir J harus mati karena telah melecehkan Putri Candrawathi. 

NEWS | 30 November 2022

Ada Sosok Perempuan Menangis di Momen Sambo dan Putri Bertengkar

Ada sosok perempuan misterius yang menangis ketika Ferdy Sambo dan Putri bertengkar. Bharada E mengaku tidak mengenali perempuan misterius itu.

NEWS | 30 November 2022

Pemilu 2024, Mardani PKS Usul Hak Pilih ASN Dihapus

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera mengusulkan hak pilih ASN di Pemilu 2024 dihapus baik untuk pilpres, maupun pilkada. 

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rudiantara: Gelombang PHK <em>Startup</em> Tidak Selamanya Negatif

Rudiantara: Gelombang PHK Startup Tidak Selamanya Negatif

EKONOMI | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE