Logo BeritaSatu

Pakar Kesehatan Nyatakan Covid-19 Belum Jadi Endemi

Rabu, 11 Mei 2022 | 08:06 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Los Angeles, Beritasatu.com- Pakar kesehatan mengatakan bahwa Covid-19 belum menjadi endemi. Seperti dilaporkan surat kabar Amerika USA Today, Senin (10/5/2022), pakar menyebut Covid-19 masih dianggap sebagai pandemi.

Meskipun diperkirakan kasus akan meningkat, para ahli kesehatan mengatakan gelombang itu tidak akan separah dua musim panas sebelumnya atau lonjakan varian Omicron dari virus corona.

Meskipun virus corona yang tidak dapat diprediksi membuat sulit untuk menentukan seperti apa musim panas nanti, para ahli memiliki beberapa teori. Skenario kasus terburuk adalah munculnya varian ampuh yang tidak tumpul oleh vaksin dan infeksi sebelumnya, menyebabkan gelombang besar kasus, rawat inap dan kematian.

"Lonjakan penuh selama musim panas akan sangat bergantung pada varian yang muncul sepenuhnya. Itu cenderung menjadi pemicu terbesar yang akan mengirim kita ke lonjakan," kata Keri Althoff, profesor epidemiologi di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health.

Althoff mengatakan, mencatat bahwa varian yang menular itu bagus dalam menemukan kantong orang yang tidak divaksinasi, dan orang-orang itu lebih berisiko dirawat di rumah sakit dan kematian.

Laporan menambahkan skenario kasus terbaik adalah tingkat transmisi rendah yang berkelanjutan dan tidak ada varian baru.

Laporan itu menunjukkan bahwa Covid-19 masih jauh dari fase endemik, ketika Covid-19 akan menjadi seperti flu musiman, membawa satu atau dua minggu penderitaan tetapi risiko penyakit parah atau kematian menjadi lebih rendah.

“Agar Covid-19 dianggap endemik, para ilmuwan harus menentukan tingkat penularan yang dapat diterima. Itu belum terjadi,” kata laporan itu, mengutip Althoff.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Terkait Penyidikan Mardani Maming, Ini Penegasan KPK

KPK menegaskan proses penyidikan terhadap Bendahara Umum  PBNU Mardani Maming telah sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

NEWS | 28 Juni 2022

MA Filipina Tolak Upaya Terakhir Diskualifikasi Marcos Jr

MA Filipina pada Selasa (28/6/2022) menolak upaya terakhir untuk mendiskualifikasi Presiden terpilih Ferdinand Marcos Jr dari pemilihan bulan lalu.

NEWS | 28 Juni 2022

Khofifah Ajak Pelaku Ekraf Gencarkan Kampanye Sport Tourism

Khofifah mengajak pelaku ekonomi kreatif (ekraf) untuk gencar mempromosikan sport tourism atau wisata olahraga di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Lumajang.

NEWS | 28 Juni 2022

Golkar Masih Rahasiakan Rencana Silaturahmi Politik

Partai Golkar masih merahasiakan soal rencana para pengurusnya untuk melakukan silaturahmi ke jajaran parpol lainnya.

NEWS | 28 Juni 2022

Polda Metro Jaya Segera Umumkan Status Roy Suryo

Polda Metro Jaya segera mengumumkan status Roy Suryo dalam kasus dugaan penistaan agama terkait meme stupa Candi Borobudur.

NEWS | 28 Juni 2022

Golkar Berkomitmen Tak Lakukan Politik Uang di Pemilu 2024

Partai Golkar menyatakan komitmen untuk tidak melakukan praktik money politics atau politik uang dalam menghadapi Pemilu 2024.

NEWS | 28 Juni 2022

Kemenhub Sosialisasikan Zonasi Pelabuhan Penyeberangan

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mensosialisasikan penetapan zonasi pelabuhan penyeberangan.

NEWS | 13 Juni 2022

DKI Sebut Penyimpangan Izin Holywings Berdampak ke Pajak

Pemprov DKI Jakarta menyebut, penyimpangan izin Holywings berdampak terhadap pemerintah daerah, khususnya dari sektor pajak.

NEWS | 28 Juni 2022

Kasus Roy Suryo Terkait Stupa Borobudur Naik ke Penyidikan

Kasus penyebaran foto stupa Candi Borobudur yang diedit dengan wajah mirip Presiden Jokowi yang menjerat Roy Suryo telah ditingkatkan statusnya ke penyidikan.

NEWS | 28 Juni 2022

Drone AS Serang Pemimpin Kelompok Afiliasi Al-Qaeda

Militer AS pada Senin (27/6/2022) melakukan serangan drone yang menargetkan pemimpin kelompok jihad Hurras Al-Din, afiliasi Al-Qaeda.

NEWS | 28 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tiongkok Pangkas Waktu Karantina Covid-19 untuk Pelancong

Tiongkok Pangkas Waktu Karantina Covid-19 untuk Pelancong

NEWS | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings