Logo BeritaSatu

Termasuk Bupati Bogor Ade Yasin, KPK Sudah Gelar 145 Kali OTT

Kamis, 28 April 2022 | 16:21 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang berdiri pada 29 Desember 2003 telah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) sebanyak 145 kali. Angka tersebut terungkap dalam postingan infografis di akun Instagram @official.kpk, Kamis (28/4/2022).

Terbaru, KPK menangkap dan menetapkan Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin atau Ade Yasin serta tujuh orang lainnya dari Pemkab Bogor dan BPK perwakilan Jawa Barat sebagai tersangka kasus dugaan suap. Ade Yasin dan tiga anak buahnya diduga menyuap empat pegawai BPK perwakilan Jabar supaya Pemkab Bogor mendapatkan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) untuk tahun anggaran 2021.

Dalam postingan tersebut dijelaskan, KPK melakukan OTT terhadap oknum yang diduga tengah atau sudah melakukan tindak pidana setelah mengumpulkan informasi dan data. Berikutnya, KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menetapkan oknum tersebut sebagai tersangka dalam suatu kasus dugaan korupsi.

Adapun dalam infografis tersebut dipaparkan, ada 467 laki-laki dan 60 perempuan yang terjaring OTT KPK sejak lembaga antirasuah itu berdiri. Mereka yang diamankan memiliki posisi jabatan yang beragam. Ada 189 orang yang berasal dari pihak swasta, lalu 160 orang dari kalangan PNS/BUMN.

KPK juga telah mengamankan 53 orang yang berposisi sebagai bupati/wali kota, 48 orang sebagai anggota DPR/DPRD, 19 orang hakim, 15 advokat, 12 panitera pengadilan, 10 jaksa, lima gubernur, tiga komisioner, dan dua menteri, serta tujuh orang memiliki kedudukan lainnya.

Baru-baru ini, KPK menetapkan Ade Yasin dan tujuh orang lainnya sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan laporan keuangan Pemkab Bogor. Ade Yasin diduga menyuap empat pegawai BPK perwakilan Jabar supaya Pemkab Bogor mendapatkan predikat WTP untuk tahun anggaran 2021.

Selain Ade Yasin, KPK juga menetapkan Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Bogor, Maulana Adam; Kasubdit Kas Daerah BPKAD Kabupaten Bogor, Ihsan Ayatullah; dan PPK pada Dinas PUPR Kabupaten Bogor, Rizki Taufik sebagai tersangka pemberi suap.

Sementara tersangka penerima suap yakni empat pegawai BPK perwakilan Jabar yaitu Kasub Auditorat Jabar III, Anthon Merdiansyah; Ketua Tim Audit Interim Kabupaten Bogor, Arko Mulawan; dan dua orang pemeriksa dari BPK perwakilan Jabar atas nama Hendra Nur Rahmatullah Karwita dan Gerri Ginanjar Trie Rahmatullah.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Emak-Emak di Karawang Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo

Sahabat Ganjar bersama emak-emak militan di Karawang, Jawa Barat mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo untuk maju sebagai capres di Pilpres 2024.

NEWS | 2 Juli 2022

Tangani Bencana Longsor, Pemkab Bogor Anggarkan Rp 4,2 M

Pemkab Bogor menganggarkan Rp 4,2 miliar untuk merelokasi dan merehabilitasi rumah korban longsor dan banjir bandang di Pamijahan dan Leuwiliang.

NEWS | 2 Juli 2022

Peneliti Sebut Gejala Pasien Cacar Monyet di Inggris Berbeda

Pasien cacar monyet di Inggris memiliki gejala yang sangat berbeda dari yang terlihat pada wabah sebelumnya, menurut para peneliti.

NEWS | 2 Juli 2022

Pencuri Motor di Bogor Ditangkap Saat Sembunyi di Bawah Kasur

Seorang pencuri motor yang gagal menjalankan kejahatannya di Gunung Putri, Kabupaten Bogor berhasil ditangkap saat bersembunyi di bawah kasur.

NEWS | 2 Juli 2022

Perjalanan Luar Angkasa Berdampak pada Pengeroposan Tulang

Studi tentang pengeroposan tulang pada 17 astronaut memberikan pemahaman tentang efek perjalanan luar angkasa pada tubuh manusia.

NEWS | 2 Juli 2022

Jokowi Dinilai Pemimpin yang Bisa Diterima Rusia dan Ukraina

Presiden Jokowi dinilai sebagai pemimpin yang bisa diterima Rusia dan Ukraina karena tak memiliki kepentingan apa pun dalam mengakhiri invasi Rusia di Ukraina.

NEWS | 2 Juli 2022

1.056 Personel Gabungan Amankan Piala AFF di Kota Bekasi

1.056 personel gabungan mengamankan laga AFF U-19 Championship 2022 Grup A di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi.

NEWS | 2 Juli 2022

Jangan Lewat 8 Jam untuk Sikat Gigi, Ini Akibatnya

Usman Sumantri menganjurkan agar masyarakat rutin menyikat gigi, terutama jangan melewati lebih dari delapan jam karena akan berpotensi menimbulkan plak.

NEWS | 2 Juli 2022

Topan Chaba Menerjang Tiongkok, Makau dan Hong Kong

Topan Chaba menerjang Tiongkok daratan, Makau dan Hong Kong pada Sabtu (2/7/2022), yang menimbulkan angin kencang dan hujan deras.

NEWS | 2 Juli 2022

Angkut 17 Orang, KM Cendrawasih Hanyut di Perairan Halsel

KM Cendrawasih 276 yang mengangkut 17 orang dilaporkan mati mesin dan hanyut di perairan Pulau Mandioli, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, Sabtu.

NEWS | 2 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

NEWS | 14 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings