Logo BeritaSatu

Bappenas: Pemindahan IKN Wujud Pemerataan Ekonomi

Sabtu, 19 Februari 2022 | 16:54 WIB
Oleh : YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Rudy S. Prawiradinata mengatakan pemindahan Ibu Kota negara (IKN) bertujuan untuk menggeser sentra perekonomian sehingga mewujudkan pemerataan ekonomi di Indonesia.

"Beberapa tahun terakhir, kontribusi dari Pulau Jawa terhadap perekonomian nasional adalah 58,75%. Oleh karena itu, pemindahan IKN dari Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, ini bertujuan untuk menggeser sentra perekonomian agar terjadi pemerataan," ujar Rudy lewat keterangan pers, Sabtu (19/2/2022).

Ia mengemukakan hal tersebut saat menjadi pemateri dalam webinar nasional oleh Moya Institute bertajuk "Urgensi Pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Nusantara", Jumat (18/2/2022).

Lebih lanjut, Rudy pun menyampaikan, dalam rangka mengoptimalkan tujuan pemerataan tersebut, pemindahan IKN akan diiringi dengan pengembangan klaster-klaster ekonomi untuk memicu terjadinya urbanisasi ke Kalimantan Timur.

Ia mengatakan pertumbuhan penduduk di IKN hingga tahun 2045 diperkirakan mencapai kisaran 1,7 sampai 1,9 juta jiwa.

Pada tahun yang sama, lanjutnya, pertumbuhan rata-rata investasi di IKN ditargetkan mencapai 11,9 persen, sedangkan untuk keseluruhan wilayah Kalimantan Timur, ditargetkan mampu mencapai 4,2 persen.

"Penggerak ekonomi di IKN nantinya akan ditopang oleh Balikpapan dan Samarinda," tambah Rudy.

Dalam kesempatan yang sama, pengamat politik dan isu-isu strategis Imron Cotan mengatakan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Penajam Paser Utara diperlukan karena luas wilayah di sana (Jakarta) yang sebesar 661,5 kilometer persegi sudah tidak mampu memberikan hunian yang nyaman bagi penduduknya.

"Standar yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia agar zona nyaman hunian bagi satu orang tercapai adalah 9 sampai 50 meter persegi. Maka, dengan jumlah penduduk 11,25 juta jiwa, Jakarta memerlukan ruang publik setidaknya seluas 112,5 juta meter persegi. Hal tersebut adalah mustahil karena luas wilayah Jakarta hanya sekitar 661,5 kilometer persegi," jelasnya.

Selanjutnya, ujar Imron, apabila ruang yang memadai itu tidak terpenuhi, potensi pecahnya kerusuhan sosial pun tinggal menunggu waktu.

Menurutnya, sempitnya lahan hunian, padatnya penduduk, dan terbatasnya sumber ekonomi memang akan cenderung membuat warga menjadi agresif sehingga tidak mengherankan kerusuhan sosial sering terjadi di kota-kota besar.

"Pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN Nusantara dapat mencegah ledakan demografis yang berwujud kerusuhan sosial. Warga Kalimantan Timur yang saya temui beberapa waktu lalu pun sangat mendukung pemindahan IKN ini karena akan menciptakan peluang ekonomi, yang berkeadilan," ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gubernur Papua Barat Minta Jemaah Haji Berdoa bagi Indonesia

Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw meminta jemaah calon haji mendoakan kehidupan bangsa dan negara Indonesia tetap aman dan damai.  

NEWS | 1 Juli 2022

Jokowi Pimpin Langsung HUT Bhayangkara Ke-76 di Semarang

Presiden Jokowi akan memimpin langsung peringatan HUT Bhayangkara Ke-76 di Lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Selasa (5/7/2022).

NEWS | 1 Juli 2022

Gugatan Praperadilan Mardani Maming Tak Hentikan Langkah KPK

KPK menegaskan terus mengumpulkan bukti-bukti terkait dugaan korupsi yang menjerat Mardani Maming.

NEWS | 1 Juli 2022

Selasa Depan, Dewas KPK Gelar Sidang Etik Lili Pintauli

Dewan Pengawas (Dewas) KPK bakal menggelar sidang terkait dugaan pelanggaran etik yang dilakukan oleh Wakil Ketua KPK Lili Pintauli pada Selasa (5/7/2022)

NEWS | 1 Juli 2022

Lili Pintauli Dikabarkan Mundur dari KPK

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar dikabarkan mengundurkan diri dari jabatannya di lembaga antirasuah itu

NEWS | 1 Juli 2022

Kanada Konfirmasi Total 28 Kasus Cacar Monyet

Otoritas Kanada mengonfirmasi total 278 kasus cacar monyet di negara itu hingga Rabu 29 Juni 2022.

NEWS | 1 Juli 2022

Bakamla Sambas Selamatkan 6 Korban Kapal Tenggelam

Nelayan melaporkan ada kapal tenggelam, yakni TB Bintang Intan Laut 7 yang memuat 6 orang ABK, di Perairan Pulau Penata Besar.

NEWS | 1 Juli 2022

50% Masyarakat Terpapar BA.4 dan BA.5 Belum Booster

Masyarakat yang terpapar subvarian BA.4 dan BA.5 di Indonesia, setengahnya atau 50% belum mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster Covid-19.

NEWS | 1 Juli 2022

Kementan Maksimalkan Inovasi untuk Kembangkan Pertanian

Kementerian Pertanian (Kementan) siap memaksimalkan peningkatan pertanian dengan menjalankan sejumlah program untuk menghadirkan berbagai inovasi.

NEWS | 1 Juli 2022

Presiden Jokowi dan Rombongan Sudah Tiba di Abu Dhabi

Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana Joko Widodo berkunjung ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) setelah mengunjungi Moskwa, Rusia.

NEWS | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Muhidin Said


# Roy Suryo


# Partai Buruh


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kunjungan Wisman Mei 2022 Tertinggi Sejak Awal Pandemi

Kunjungan Wisman Mei 2022 Tertinggi Sejak Awal Pandemi

EKONOMI | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings