Logo BeritaSatu

Cari Pengakuan, Delegasi Taliban Mulai Berunding di Oslo

Senin, 24 Januari 2022 | 08:19 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kabul, Beritasatu.com- Delegasi Taliban yang dipimpin oleh pejabat Menteri Luar Negeri Amir Khan Muttaqi telah memulai perundingan tiga hari di Oslo untuk mendapatkan pengakuan internasional. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Minggu (23/1/2022), perundingan dilakukan Taliban dengan pejabat pemerintah Barat dan perwakilan masyarakat sipil Afghanistan.

Mulai hari Minggu, pertemuan tertutup di ibu kota Norwegia akan melibatkan perwakilan Taliban bertemu dengan aktivis hak-hak perempuan dan pembela hak asasi manusia dari Afghanistan dan dari diaspora Afghanistan.

Delegasi akan didorong pada janji untuk menegakkan hak asasi manusia dengan imbalan akses ke miliaran dolar dalam bantuan kemanusiaan yang dibekukan.

Menurut laporan Al Jazeera, pengaruh Barat terhadap Taliban hampir US$10 miliar (Rp 143 triliun) dari uang Afghanistan yang sebagian besar dipegang di Amerika Serikat. Amir Khan Muttaqi akan berusaha mendapatkan sebagian dari uang itu kembali untuk membayar gaji pegawai negeri dan memastikan bahwa ada cukup makanan di Afghanistan karena situasi kemanusiaan telah menjadi sangat putus asa.

Kepada Al Jazeera, Obaidullah Baheer, seorang dosen di American University of Afghanistan, mengatakan dari ibu kota Afghanistan Kabul bahwa membuat Taliban duduk dan berbicara adalah kemajuan.

“Kenyataannya adalah bahwa Taliban baru dalam pemerintahan dan ada peluang untuk membentuk mereka menjadi sesuatu yang lebih baik. Saya tahu mereka kaku dalam beberapa aspek, tetapi dengan jumlah tekanan internasional yang tepat dan jenis aktivisme yang tepat di Afghanistan, Taliban dapat didorong ke arah tindakan tertentu,” katanya.

Dalam kunjungan pertama ke Eropa sejak kembali berkuasa pada Agustus, Taliban akan bertemu dengan pejabat Norwegia serta perwakilan Amerika Serikat (AS), Prancis, Inggris, Jerman, Italia, dan Uni Eropa.

“Di Norwegia, kami mengadakan pertemuan dengan AS dan juga dengan Uni Eropa mengenai hal-hal yang menjadi kepentingan bersama. Dan salah satu bagian dari pertemuan kami adalah dengan diaspora Afghanistan kami yang berada di luar negeri, terutama di Eropa,” kata Zabihullah Mujahid, juru bicara Taliban.

Berbicara kepada Al Jazeera dari Istanbul Turki, Mariam Atahi, seorang jurnalis Afghanistan dan aktivis hak-hak perempuan, mendesak Taliban untuk melepaskane tiga wanita yang katanya diculik oleh kelompok itu saat memprotes hak mereka atas pendidikan.

“Jika mereka ingin mendapat pengakuan, jika mereka ingin memerintah Afghanistan, mereka harus mengakui hak asasi manusia, hak atas pendidikan, hak atas partisipasi politik,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

Epidemiolog Dicky Budiman menegaskan pentingnya vaksin booster Covid-19 untuk anak-anak. Salah satunya karena sudah waktunya vaksinasi Covid-19 booster anak.

NEWS | 3 Juli 2022

NASA Bakal Rilis Gambar Terdalam dari Alam Semesta

Badan Antariksa AS (NASA) akan merilis "gambar terdalam" yang pernah diambil dari alam semesta.

NEWS | 2 Juli 2022

Jalan Rasuna Said Gelap Saat Sambut Earth Hour 2022

Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, terlihat gelap saat menyambut earth hour 2022 pada Sabtu (2/7/2022), pukul 20.30-21.30 WIB.

NEWS | 2 Juli 2022

Asap Penuhi Kabin, Pesawat Maskapai India Medarat Darurat

Pesawat penerbangan domestik India melakukan pendaratan darurat di New Delhi pada Sabtu (2/7/2022) setelah bagian kabinnya dipenuhi asap.

NEWS | 2 Juli 2022

Polri Gelar Pertunjukan Wayang Kulit Semar Mbangun Kayangan

Polri dalam rangka memperingati HUT ke-76 Bhayangkara menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk dengan cerita Semar Mbangun Kayangan.

NEWS | 2 Juli 2022

Uni Emirat Arab, Negara yang Dihuni 85% WNA

Kunjungan Presiden Joko Widodo pada Jumat (1/7/2022) ke Uni Emirat Arab membuat kemitraan kedua negara semakin kuat.

NEWS | 2 Juli 2022

Pertemuan Jokowi, Zelensky, dan Putin Curi Perhatian Warganet ASEAN

Pertemuan Jokowi dengan Zelensky dan Putin telah mencuri perhatian warganet di negara-negara Asia Tenggara (ASEAN).

NEWS | 2 Juli 2022

Media Malaysia Ramai Beritakan Pertemuan Jokowi, Zelensky dan Putin

Media Malaysia pada Rabu tertuju pula pada pertemuan Jokowi dengan Zelensky serta pertemuannya dengan Putin.

NEWS | 2 Juli 2022

Piala AFF U-19: Aparat Geledah Penonton yang Hendak Masuk Stadion Patriot

Stadion patriot Chandrabhaga dipadati penonton yang ingin menyaksikan langsung laga perdana Timnas Indonesia U-19 melawan Vietnam di Piala AFF U-19.

NEWS | 2 Juli 2022

Indochat Ajak Generasi Z Cintai Keberagaman Indonesia

Indochat mengajak anak bangsa Generasi Z untuk berbagi cerita, foto, dan video menarik tentang keunikan dan keberagaman di Indonesia.

NEWS | 2 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings