Logo BeritaSatu

Habib Syakur Dukung Langkah Densus 88 Bentuk Kampung Tangguh Ideologi

Kamis, 20 Januari 2022 | 18:04 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur bin Ali Mahdi Al Hamid mendukung langkah Detasemen Khusus 88 (Densus 88) Antiteror Mabes Polri membangun Kampung Tanggung Ideologi. Keberadaan kampung tangguh ini dalam rangka mencegah penyebaran paham radikal di lingkungan terkecil, seperti tingkat RT dan RW.

Dengan adanya Kampung Tangguh Ideologi di seluruh di Indonesia, menurut Habib Syakur, nantinya semua unsur masyarakat turut berkontribusi dalam mengawasi lingkungannya. “Saya rasa di bentuknya Kampung Tangguh Ideologi ini sudah jelas tujuannya yaitu pengawasan bersama,” kata Habib Syakur dalam keterangannya, Kamis (20/1/2022).

Habib Syakur mengatakan keberadaan Kampung Tanggung Idelogi ini juga akan mewajibkan pemerintah daerah (pemda) untuk bertanggung jawab memastikan daerahnya aman dari penyebaran paham radikal, intoleran, hingga teroris. Dia menyatakan pemda harus mengedukasi masyarakat akan bahaya paham radikal.

“Babinsa, Bhabinkamtibmas, penyuluh agama, perangkat desa atau tokoh masyarakat juga perlu memberi pemahaman ke masyarakat akan pengaruh media sosial yang kerap dimanfaatkan oleh kelompok radikal untuk mempengaruhi rakyat Indonesia,” imbuh Habib Syakur.

Menurut Habib Syakur, pengaruh kelompok radikal harus disikapi secara tegas dengan cara memblokir konten media sosial. Pelakunya pun sepatutnya diperiksa jika berada di lingkungan masyarakat.

“Intinya, pemerintah menindak tegas para pelaku yang melakukan sosialisasi radikalisme lewat medsos, maupun lewat pengajian dan lain-lain. Tindak tegas, tangkap mereka supaya ada efek jera, agar tak terulang lagi,” tegasnya.

Di sisi lain, tokoh yang menaruh perhatian serius terhadap isu-isu radikalisme ini mengaku khawatir, maraknya penyebaran paham radikal akan mengancam pembangunan Indonesia.

“Saya khawatir radikalisme berkeliaran tanpa ditindak mengancam pembangunan hingga tahun 2024. Sebetulnya apa yang digaungkan oleh pengusung khilafah ini bisa kita cegah dengan cara menindak tegas, polisi harus menindak tegas. Masalah ini tidak bisa berhenti di teori, harus ada praktik tindak tegas. Tangkap, penjara, tangkap, penjara,” katanya.

Sebelumnya, Kasubdit Kontra Ideologi Ditcegah Densus 88 Kombes Pol Ponco Ardani mengatakan Kampung Tangguh Ideologi juga bertujuan meningkatkan peran empat pilar masyarakat dalam mencegah radikalisme, yaitu babinsa, bhabinkamtibmas, penyuluh agama, serta perangkat desa atau tokoh masyarakat.

“Itu tujuannya menciptakan lingkungan terkecil RW, kampung, desa untuk menanggulangi penyebaran radikalisme, terorisme,” kata Ponco dalam kegiatan Workshop Kebangsaan yang diikuti 109 penyuluh agama dan bhabinkamtibmas di Jakarta Timur, Kamis (13/1/2022).

Dia berharap, Kampung Tangguh Ideologi ini bisa menyebar luas ke seluruh wilayah NKRI, sehingga Indonesia menjadi negara yang tangguh ideologi.

“Artinya kalau satu RT itu sudah tangguh ideologi, maka akan menular ke seluruh Indonesia. Akan menjadi negara yang tangguh ideologi,” ucap Ponco.

Menurutnya, Kampung Tangguh Ideologi ini akan menyinergikan seluruh pimpinan di desa untuk mengedukasi masyarakat, mencegah masuknya paham radikal, melindungi masyarakat yang rentan terpapar, mendata dan mengawasi pendatang yang masuk ke lingkungan masyarakatnya, serta menjaga toleransi dan moderasi beragama di lingkungannya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

Epidemiolog Dicky Budiman menegaskan pentingnya vaksin booster Covid-19 untuk anak-anak. Salah satunya karena sudah waktunya vaksinasi Covid-19 booster anak.

NEWS | 3 Juli 2022

NASA Bakal Rilis Gambar Terdalam dari Alam Semesta

Badan Antariksa AS (NASA) akan merilis "gambar terdalam" yang pernah diambil dari alam semesta.

NEWS | 2 Juli 2022

Jalan Rasuna Said Gelap Saat Sambut Earth Hour 2022

Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, terlihat gelap saat menyambut earth hour 2022 pada Sabtu (2/7/2022), pukul 20.30-21.30 WIB.

NEWS | 2 Juli 2022

Asap Penuhi Kabin, Pesawat Maskapai India Medarat Darurat

Pesawat penerbangan domestik India melakukan pendaratan darurat di New Delhi pada Sabtu (2/7/2022) setelah bagian kabinnya dipenuhi asap.

NEWS | 2 Juli 2022

Polri Gelar Pertunjukan Wayang Kulit Semar Mbangun Kayangan

Polri dalam rangka memperingati HUT ke-76 Bhayangkara menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk dengan cerita Semar Mbangun Kayangan.

NEWS | 2 Juli 2022

Uni Emirat Arab, Negara yang Dihuni 85% WNA

Kunjungan Presiden Joko Widodo pada Jumat (1/7/2022) ke Uni Emirat Arab membuat kemitraan kedua negara semakin kuat.

NEWS | 2 Juli 2022

Pertemuan Jokowi, Zelensky, dan Putin Curi Perhatian Warganet ASEAN

Pertemuan Jokowi dengan Zelensky dan Putin telah mencuri perhatian warganet di negara-negara Asia Tenggara (ASEAN).

NEWS | 2 Juli 2022

Media Malaysia Ramai Beritakan Pertemuan Jokowi, Zelensky dan Putin

Media Malaysia pada Rabu tertuju pula pada pertemuan Jokowi dengan Zelensky serta pertemuannya dengan Putin.

NEWS | 2 Juli 2022

Piala AFF U-19: Aparat Geledah Penonton yang Hendak Masuk Stadion Patriot

Stadion patriot Chandrabhaga dipadati penonton yang ingin menyaksikan langsung laga perdana Timnas Indonesia U-19 melawan Vietnam di Piala AFF U-19.

NEWS | 2 Juli 2022

Indochat Ajak Generasi Z Cintai Keberagaman Indonesia

Indochat mengajak anak bangsa Generasi Z untuk berbagi cerita, foto, dan video menarik tentang keunikan dan keberagaman di Indonesia.

NEWS | 2 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

Epidemiolog Tekankan Pentingnya Vaksin Booster untuk Anak

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings