Logo BeritaSatu

Ini Enam Fokus Utama BPJS Kesehatan di 2022

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:58 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com – Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menyampaikan, di tahun 2022 ini, BPJS Kesehatan telah menetapkan enam fokus utama yang tercantum dalam Dokumen Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) 2022.

Fokus pertama adalah peningkatan mutu layanan dengan berbagai inovasi. Ghufron memaparkan, strategi yang dijalankan antara lain penguatan standarisasi layanan secara nasional di seluruh satuan kerja dan fasilitas kesehatan yang bekerja sama, optimalisasi layanan digital di seluruh titik layanan, serta peningkatan inovasi layanan kepada peserta.

"Kami fokus berkeinginan bagaimana mutu layanan kepada peserta JKN-KIS bisa meningkat. Misalnya terkait antrean, sekarang ini peserta bisa menggunakan sistem antrean online, sehingga tahu kapan akan dilayani dan tidak perlu mengantre lama di fasilitas kesehatan,” kata Ali Ghufron Mukti dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi IX DPR, Rabu (19/1/2022).

Fokus kedua yakni perluasan kepesertaan untuk peningkatan cakupan peserta. Ketiga, menjaga kesinambungan finansial program Jaminan Kesehatan Nasiona (JKN).

“Untuk diketahui, BPJS Kesehatan tidak lagi mengalami defisit. Kami bersyukur tahun 2021 sudah surplus. Belum terlalu sehat sekali, tetapi sudah positif,” kata Ali Ghufron Mukti.

Sebagai informasi, posisi aset bersih per 31 Desember 2021 dalam kondisi surplus yang mencapai Rp 39,45 triliun. Nilai ini mampu memenuhi 4,83 bulan estimasi pembayaran klaim ke depan.

Selanjutnya yang menjadi fokus keempat adalah peningkatan engagement pemangku kepentingan dan penguatan komunikasi organisasi.

Pada 2021 lalu, BPJS Kesehatan juga membuat program “BPJS Mendengar” untuk menghimpun aspirasi dari berbagai pihak. Aspirasi tersebut kemudian dimasukkan dalam rencana strategis dalam 5 tahun.

Strategi kelima yakni peningkatan kapabilitas badan. Keenam, optimalisasi penugasan khusus dari pemerintah, antara lain yang terkait dengan penanganan Covid-19.

"Enam fokus utama ini merupakan kumpulan inisiatif strategis yang akan dilaksanakan dalam RKAT 2022 tanpa mengesampingkan program-program kerja rutin BPJS Kesehatan yang ada dalam RKAT 2022,” kata Ali Gufron Mukti.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Sebut Pemimpin Berambut Putih, Ini Respons Unik Puan dan Prabowo

Puan Maharani dan Prabowo Subianto merespons pernyataan Jokowi yang menyebut ciri-ciri pemimpin prorakyat adalah pemimpin dengan rambut putih. 

NEWS | 28 November 2022

Bupati Pimpin Komando Penanganan Darurat Gempa Cianjur

Komando penanganan darurat gempa Cianjur mulai dialihkan untuk dipimpin oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur.

NEWS | 28 November 2022

Fahri Hamzah Apresiasi Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah mengapresiasi pembangunan infrastruktur era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

NEWS | 28 November 2022

Soal Pemimpin Berambut Putih, Begini Kata Fahri Hamzah

Fahri Hamzah menilai, pesan sesungguhnya yang hendak disampaikan Jokowi adalah bahwa orang yang banyak berpikir maka rambutnya cepat memutih.

NEWS | 28 November 2022

Relawan Ganjar Perkuat Jaringan Politik di Sulsel

Relawan Ganjar Pranowo terus memperkuat jaringan politiknya dengan menggelar berbagai kegiatan positif untuk meraih simpati masyarakat Sulsel.

NEWS | 28 November 2022

Bharada E, Kuat Maruf, dan Bripka RR Kompak Minta Maaf di Persidangan

Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J, yakni Bharada E, Kuat Ma'ruf, dan Bripka RR kompak meminta maaf di persidangan. 

NEWS | 28 November 2022

Awasi Pemilu 2024, Bawaslu Bangun Komunitas Digital Pengawas Partisipatif

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI akan membuat komunitas digital pengawas partisipatif.

NEWS | 28 November 2022

Hendra Kurniawan Sempat Mengaku Tertipu oleh Skenario Ferdy Sambo

Agus Nur Patria mengungkapkan, Hendra Kurniawan sempat mengaku tertipu oleh skenario Ferdy Sambo terkait kasus pembunuhan Brigadir J. 

NEWS | 28 November 2022

Korban Gempa Cianjur Akan Direlokasi ke 3 Wilayah Ini

BNPB menyebutkan terdapat tiga wilayah yang menjadi bakal calon lokasi untuk memindahkan rumah-rumah warga yang rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 28 November 2022

Komisi III DPR Puji Langkah Kejagung Sita Aset Benny Tjokro

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengapresiasi langkah Kejagung menyita aset Benny Tjokro yang menjadi terpidana perkara korupsi Jiwasraya dan Asabri.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Sebut Pemimpin Berambut Putih, Ini Respons Unik Puan dan Prabowo

Jokowi Sebut Pemimpin Berambut Putih, Ini Respons Unik Puan dan Prabowo

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE