Logo BeritaSatu

Sosok Bendahara DPC Demokrat yang Tampung Suap Bupati Penajam Paser Utara

Senin, 17 Januari 2022 | 19:59 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas’ud sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek dan perizinan Pemkab PPU.

Selain sang bupati, KPK juga menetapkan sejumlah pihak sebagai tersangka kasus yang terungkap melalui operasi tangkap tangan (OTT) tersebut. Salah satu tersangka yang dijerat lembaga antikorupsi adalah sosok perempuan muda yang menjabat sebagai Bendahara DPC Partai Demokrat Balikpapan Nur Afifah Balqis.

KPK mengungkapkan Nur Afifah memiliki peran penting dalam dugaan suap ini. Nur Afifah disebut menerima, menyimpan dan mengelola uang suap yang diterima Abdul Gafur untuk memenuhi keperluan pribadi sang bupati. Orang nomor satu di Kabupaten PPU itu sendiri diketahui juga menjabat sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan.

"Tersangka AGM (Abdul Gafur Mas'ud) diduga bersama tersangka NAB (Nur Afifah Balqis), menerima dan menyimpan serta mengelola uang-uang yang diterimanya dari para rekanan di dalam rekening bank milik tersangka NAB yang berikutnya dipergunakan untuk keperluan tersangka AGM," kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (13/1/2022) lalu.

Alex, sapaan Alexander Marwata memaparkan Abdul Gafur memerintahkan salah seorang kepercayaannya, Nis Puhadi untuk mengumpulkan sejumlah uang dari beberapa kontraktor di salah satu kafe di Kota Balikpapan dan di daerah sekitar Pelabuhan Semayang.

Pengumpulan uang tersebut dilakukan melalui Plt Sekda Kabupaten PPU Muliadi; Kabid Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten PPU Jusman; dan staf di Dinas PUPR Kabupaten PPU.

Setelah itu, terkumpul uang dalam bentuk tunai sekitar Rp 950 juta. Abdul Gafur lalu memerintahkan Nis Puhadi untuk membawa uang tersebut ke Jakarta.

Setibanya di Jakarta, Nis Puhadi dijemput oleh orang kepercayaan Abdul Gafur lainnya yakni Rizky untuk menyerahkan uang yang telah terkumpul ke Abdul Gafur. Bupati PPU itu kemudian mengajak Nis Puhadi dan Nur Afifah untuk pergi ke salah satu mal di wilayah Jakarta Selatan dengan membawa uang Rp 950 juta yang berhasil terkumpul sebelumnya.

Di sini lah kemudian Abdul Gafur memerintahkan Afifah untuk menambahkan uang sejumlah Rp 50 juta dari uang yang ada di rekening bank miliknya, sehingga terkumpul Rp 1 miliar. Uang tersebut lalu dimasukkan ke dalam koper yang juga telah disiapkan oleh Nur Afifah.

“Ketika AGM, NP (Nis Puhadi), dan NAB berjalan keluar dari lobby mal, tim KPK seketika itu langsung mengamankan AGM, NP, dan NAB dan pihak lainnya serta uang tunai sejumlah Rp 1 miliar,” ungkap Alex.

Selain menyita uang Rp 1 miliar tersebut, KPK juga menemukan uang Rp 447 juta yang tersimpan di rekening milik Nur Afifah. Uang di rekening tersebut diduga merupakan milik Abdul Gafur yang bersumber dari sejumlah rekanan.

Adapun di saat yang sama, KPK juga melakukan penangkapan pihak lain di Jakarta seperti Muliadi dan istrinya WL serta seorang swasta Achmad Zuhdi.

Sedangkan tim satgas KPK yang berada di wilayah Kalimantan Timur mengamankan orang kepercayaan Abdul Gafur lainnya yakni Supriadi, dan Asdar serta Kabid Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Jusman dan Kepala Dinas PUTR Penajam Paser Utara Edi Hasmoro.

Sebagai Bendahara DPC Partai Demokrat Balikpapan, Nur Afifah dekat dengan Abdul Gafur yang merupakan Ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan. Hal setidaknya terlihat dari foto yang diunggah akun Instagram Nur Afifah @nafgis_. Dalam foto yang diunggah 20 Desember lalu, Nur Afifah terlihat sedang bersama Abdul Gafur di depan sebuah mobil BMW.

Berdasarkan akun Instagram itu juga diketahui Nur Afifah baru merayakan ulang tahunnya yang ke-24 tahun. Hal ini diketahui lantaran terdapat kue ulang tahun yang bertuliskan selamat ulang tahun Bendahara Umum DPC Demokrat ke-24. Selain itu, Nur Afifah juga mengunggah sejumlah kegiatan yang terkait Partai Demokrat.

Selain informasi dari akun Instagram miliknya, tak banyak informasi yang mengungkap sosok Nur Afifah.

Sosok Bendahara DPC Demokrat yang Tampung Suap Bupati Penajam Paser Utara

Diketahui, tim satgas KPK menangkap Abdul Gafur dan 10 orang lainnya dalam operasi tangkap tangan di Jakarta dan Kalimantan Timur pada Rabu (12/1/2022). Setelah diperiksa secara intensif, Abdul Gafur bersama lima orang lainnya ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek dan perizinan.

Kelima tersangka lainnya kasus ini, yakni Achmad Zuhdi alias Yudi yang merupakan pihak swasta; Plt Sekda Penajam Paser Utara, Muliadi; Kadis PUTR Penajam Paser Utara, Edi Hasmoro; Kabid Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Jusman; serta Bendahara Umum DPC Partai Demokrat Balikpapan, Nur Afifah Balqis.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

IpeKB Ajak HaloPuan Beri Penyuluhan Stunting di Pangandaran

IPeKB Jawa Barat mengundang HaloPuan untuk menyosialisasikan manfaat super daun kelor dalam melawan stunting di Pangandaran,

NEWS | 29 Juni 2022

Kasus E-KTP, Gamawan Fauzi Klaim Tak Pernah Bertemu Paulus Tanos

Usai diperiksa tim penyidik KPK, mantan Mendagri Gamawan Fauzi mengeklaim tidak pernah bertemu dengan tersangka kasus e-KTP, Paulus Tannos yang kini buron.

NEWS | 29 Juni 2022

Bulan Imunisasi Anak Nasional Upaya Cegah Polio dan Rubela

Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022 penting terhadap pencapaian target eliminasi campak-rubela/Congenital Rubella Syndrome (CRS) pada 2023.

NEWS | 29 Juni 2022

Polisi Tangkap 3 Pelaku Pembunuhan Sadis Wanita di Tangsel

Polisi menangkap tiga orang tersangka pelaku pembunuhan sadis wanita berinisial SL (35) di tempat kos di Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel).

NEWS | 29 Juni 2022

Jaring Capres, Relawan Jokowi Gelar Musyawarah Rakyat Indonesia

Sejumlah unsur relawan Jokowi akan menggelar Musyawarah Rakyat Indonesia untuk menjaring capres-cawapres yang akan didukung pada Pemilu 2024.

NEWS | 29 Juni 2022

Dentsu International Satukan Kreativitas untuk Bangun Jaringan Global

Dengan langkah berani, Dentsu International meluncurkan Dentsu Creative, jaringan kreatif global di Cannes Lions 2022.

NEWS | 29 Juni 2022

Laporan 149 WNI Meninggal, Pemerintah Diminta Beri Perhatian Ekstra

pemerintah harus memberikan perhatian ekstra untuk mengungkap kebenaran laporan soal 149 WNI yang merupakan buruh migran yang meninggal.

NEWS | 29 Juni 2022

Santri Dukung Ganjar Bantu Pelaku UMKM di Surabaya

Relawan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Pemilu 2024, Santri Dukung Ganjar membantu pelaku UMKM di Surabaya, Jawa Timur.

NEWS | 29 Juni 2022

Ganjar Doakan Keberhasilan Misi Perdamaian Jokowi ke Ukraina dan Rusia

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendoakan agar misi perdamaian Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke Ukraina dan Rusia membuahkan hasil terbaik.

NEWS | 29 Juni 2022

Hanya Gundukan Kecil, Puncak Gelombang Keempat Covid-19

Puncak gelombang keempat Covid-19 di Indonesia diprediksi tidak terlalu tinggi tetapi hanya gundukan kecil saja.

NEWS | 29 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemprov Jateng Hadirkan Alat USG untuk Warga Karimunjawa

Pemprov Jateng Hadirkan Alat USG untuk Warga Karimunjawa

NEWS | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings