Logo BeritaSatu

Satgas Pentagon Akan Pelajari Penampakan UFO

Jumat, 26 November 2021 | 11:06 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Pejabat pertahanan Amerika Serikat (AS) telah mengumumkan peluncuran gugus satuan tugas (satgas) untuk menyelidiki laporan benda terbang tak dikenal (UFO) di wilayah udara terbatas.

Seperti dilaporkkan BBC, Kamis (25/11/2021), satgas itu akan menilai objek yang menarik dan mengurangi setiap ancaman terkait. Satgas ini akan diawasi oleh para pemimpin militer dan intelijen.

Satu laporan militer yang sangat dinanti pada bulan Juni gagal menjelaskan puluhan penampakan UFO yang dilaporkan dan memperingatkan kemungkinan risiko keamanan nasional.

“Grup Sinkronisasi Manajemen dan Identifikasi Objek Lintas Udara akan mendeteksi, mengidentifikasi, dan mengaitkan objek yang menarik di [wilayah udara penggunaan khusus],” kata Deputi Menteri Pertahanan Kathleen Hicks lewat satu memo kepada pimpinan senior Pentagon.

Satgas bertujuan mengurangi kesenjangan dalam kemampuan deteksi intelijen, menganalisis data intelijen dan kontra intelijen, dan merekomendasikan kebijakan di bidang tersebut.

Departemen pertahanan menyatakan pihaknya menanggapi setiap laporan serangan udara - teridentifikasi atau tidak teridentifikasi - "dengan sangat serius, dan menyelidiki masing-masing".

Pernyataan Selasa mengakui tantangan yang disoroti oleh laporan Pentagon kepada Kongres pada bulan Juni. Anggota parlemen telah menuntut laporan tersebut setelah militer AS melaporkan banyak contoh benda tak dikenal terlihat bergerak tak menentu di langit.

Dikatakan, dari 144 laporan yang dibuat tentang fenomena tersebut sejak 2004, mereka tidak bisa menjelaskan semuanya kecuali satu. Sementara Pentagon menyatakan "tidak ada indikasi yang jelas" dari aktivitas dunia lain, itu tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa benda-benda itu adalah makhluk luar angkasa.

Beberapa penjelasan yang mungkin ditawarkan pada saat itu, termasuk teknologi canggih dari negara lain seperti Tiongkok atau Rusia, fenomena atmosfer alami - seperti kristal es - yang dapat dicatat pada sistem radar, dan perkembangan dan program rahasia oleh entitas AS.

Satu kasus benda terbang yang diidentifikasi "dengan keyakinan tinggi" dianggap sebagai balon besar yang mengempis.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Dua pekan setelah gempa Cianjur pada 21 November lalu jumlah pengungsi yang tinggal di tenda-tenda pengungsian terus berkurang.

NEWS | 3 Desember 2022

IDI: Kasus Polio di Aceh Jadi Pelajaran Pentingnya Vaksinasi

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengatakan kasus polio di Aceh menjadi pelajaran penting bagi pemerintah dan masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

NEWS | 3 Desember 2022

Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov NTB Kirim 2 Truk Makanan

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah melepas pengiriman dua truk bantuan berupa makan siap saji untuk para korban gempa Cianjur. 

NEWS | 3 Desember 2022

KPU Pastikan Anggaran Pemilu Akan Dilaporkan Tiap Triwulan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan anggaran Pemilu 2022 akan dipertanggungjawabkan secara transparan dalam laporan keuangan triwulan.

NEWS | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

IDI: Dunia Akui Pemulihan Kesehatan Pasca-Covid-19 di Indonesia

Ketua Umum PB IDI, Adib Khumaidi menyebut dunia mengakui langkah-langkah pemulihan kesehatan yang dilakukan Indonesia pascapandemi Covid-19.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, Ini Cara Cek Nama di DPT secara Online

KPU meminta masyarakat melindungi hak pilihnya di Pemilu 2024 dengan memastikan namanya tertera di daftar pemilih tetap (DPT). Ini cara cek DPT secara online.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

KPU meminta partai politik (parpol) untuk membuka diri kepada masyarakat, khususnya calon pemilih menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 3 Desember 2022

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyatakan seluruh personel KPU sehat dan siap menggelar Pemilu 2024. Hal ini ditandai acara gerak jalan sehat yang digelar pihaknya.

NEWS | 3 Desember 2022

Konsolidasi Nasional Jelang Pemilu 2024, KPU Gelar Jalan Sehat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara jalan sehat sebagai upaya konsolidasi nasional jelang Pemilu 2024. 

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE