Logo BeritaSatu

Sepanjang Tahun Ini, Satgas Telah Terbitkan 17 Aturan Perjalanan

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:10 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyatakan, Satgas Covid sudah menerbitkan sebanyak 17 aturan perjalanan untuk mencegah penularan Covid-19 sepanjang tahun 2021 ini.

Ia merinci hal itu terdiri dari 6 Surat Edaran (SE) perjalanan internasional dan 11 SE perjalanan dalam negeri yang dilakukan guna menekan mobilitas.

“Sepanjang tahun ini terdapat 6 Surat Edaran Satgas yang mengatur perjalanan internasional dan ada 11 yang mengatur pengetatan perjalanan dalam negeri, termasuk peniadaan mudik,” ujarnya saat konferensi pers virtual terkait Evaluasi Program PC-PEN dan Optimalisasi Anggaran Program PEN 2021, Selasa (26/10/2021).

Wiku mengatakan, keberhasilan untuk mengendalikan mobilitas yang aman Covid-19 akan berdampak positif bagi penanganan Covid-19. Sehingga, tidak akan terjadi lonjakan kasus dan masyarakat tetap bisa produktif.

"Oleh karena itu keberhasilan Indonesia dalam mengendalikan mobilitas ini merupakan indikator yang sangat penting untuk memastikan kasus Covid-19 terus dikendalikan sehingga cita-cita masyarakat Indonesia yang produktif dan aman Covid-19 ini dapat tercapai,” kata Wiku.

Menurutnya, selain penyusunan dan pemantauan kebijakan Satgas juga melakukan upaya penanganan Covid-19 antara lain adalah pemantauan terhadap perubahan perilaku masyarakat yaitu menjaga jarak dan memakai masker, kemudian pembentukan posko di desa, atau kelurahan di seluruh Indonesia yang juga terus dipantau dan digiatkan.

“Kemudian penyediaan fasilitas isolasi terpusat dan yang terakhir distribusi masker sebagai upaya pencegahan,” paparnya.

Setiap bidang yang ada di bawah Satgas ini, lanjut Wiku, menjalankan peran dan fungsinya masing-masing dari bidang data IT, penyediaan sistem satu data lawan Covid yang mencakup zonasi risiko, monitoring perubahan perilaku pelaksanaan PPKM mikro desa, dan kelurahan.

“Satgas terus berkoordinasi dengan kementerian lembaga di tingkat pusat maupun di daerah di seluruh Indonesia untuk memastikan pengendalian dilakukan secara terkoordinir dan terstruktur,” kata dia.

Diakui cakupan vaksinasi juga harus terus dikejar meski kasus Covid-19 mulai membaik. Meskipun saat ini kondisi kasus di Indonesia sudah membaik, masih ada tugas besar yang harus diperjuangkan yaitu peningkatan cakupan vaksinasi.

“Dan untuk itu kita semuanya harus bisa menangani dengan baik dan kondisi pandemi di Indonesia saat ini mengalami perbaikan dan harus terus dijaga dan jangan sampai kita terjadi lonjakan kasus terutama seperti negara-negara lainnya. Untuk itu diperlukan kerja sama seluruh pihak sehingga kita dapat mengendalikan kasus dengan baik,” kata Wiku.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemkab: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Cianjur Jadi 8.151 Unit

Jumlah rumah yang rusak berat akibat gempa Cianjur bermagnitudo 5,6 bertambah menjadi 8.151 rumah hingga Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Kabur, Satu Tahanan Lapas Pangkalan Bun Bawa Senjata Petugas

Seorang tahanan kabur dan diduga mencuri senjata petugas yang berisi enam butir peluru dari Lapas Pangkalan Bun, Kalteng, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Delapan Korban Hilang Gempa Cianjur Belum Ditemukan

Hari ini upaya pencarian 8 korban gempa Cianjur belum membuahkan hasil, sehingga total jumlah korban yang meninggal dunia masih 334 jiwa.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasus Keluarga Tewas di Kalideres Rampung Sebelum HUT Polda Metro

Kasus keluarga tewas di Kalideres rampung sebelum hari ulang tahun (HUT) Polda Metro Jaya, 6 Desember 2022.

NEWS | 4 Desember 2022

Penerbangan di Bandara Juanda Tak Terganggu Erupsi Semeru

Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, tidak terganggu adanya erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

BNPB: 1.979 Jiwa Mengungsi Akibat Awan Panas Guguran Semeru

Sebanyak 1.979 jiwa mengungsi di 11 titik setelah adanya luncuran awan panas guguran (APG) dan peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Semeru.

NEWS | 4 Desember 2022

PVMBG: Luncuran Awan Panas Gunung Semeru Capai 13 Km

PVMBG menyatakan, luncuran awan panas guguran Gunung Semeru di Jawa Timur mencapai lebih dari 13 km.

NEWS | 4 Desember 2022

Warga Jakarta Diimbau Pantau Potensi Cuaca Ekstrem

Warga Jakarta diimbau memantau potensi cuaca ekstrem. Hal itu dikatakan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

NEWS | 4 Desember 2022

Ganjar Pranowo Yakin Target Pengangkatan Sejuta Guru Tercapai

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yakin target pengangkatan satu juta guru yang dicanangkan pemerintah akan tercapai.

NEWS | 4 Desember 2022

Cegah Geng Motor, TNI-Polri Tingkatkan Patroli di Sidoarjo

Guna mencegah serta mengantisipasi geng motor, personel TNI-Polri menggelar patroli bersama dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Sidoarjo.

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemkab: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Cianjur Jadi 8.151 Unit

Pemkab: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Cianjur Jadi 8.151 Unit

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE