Logo BeritaSatu

Palyja Bangun Instalasi Pengolahan Lumpur

Selasa, 22 Juni 2021 | 23:11 WIB
Oleh : Bernadus Wijayaka / BW

Jakarta, Beritasatu.com - PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja), operator penyediaan dan pelayanan air bersih untuk wilayah barat Jakarta, membangun instalasi pengolahan lumpur atau sludge treatment plant (STP) di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Pejompongan. Pembangunan STP itu dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021.

Sebagaimana tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, yaitu Environment Restoration atau Restorasi Lingkungan, Palyja berkomitmen memenuhi peraturan lingkungan hidup, seperti Pergub DKI No 69 Tahun 2013 tentang Baku Mutu Air Limbah bagi Kegiatan dan atau Usaha.

“Salah satu limbah yang dihasilkan oleh IPA Pejompongan adalah lumpur. Melalui STP IPA Pejompongan, olahan limbah atau buangan dari sistem pengolahan air, ketika dibuang ke badan air tidak akan mencemari lingkungan,” kata Corporate Communications & Social Responsibilities Division Head Palyja, Lydia Astriningworo, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/6/2021).

Menurut Pergub DKI No 69 tahun 2013, buangan lumpur yang boleh dibuang ke badan sungai harus memenuhi syarat yaitu dengan TSSmultiplate screw press.

STP IPA Pejompongan dibangun pada 2020 dan mulai beroperasi sejak Februari 2021. Lumpur yang diolah bersumber dari lumpur buangan accelator yang nilai konsentrasinya sebesar 0,5-3% dengan debit lumpur inlet multiplate screw press sebesar 3-5 lps. Kapasitas dry solid yang dihasilkan 144-600 DS/jam dengan kadar solid content yaitu 35%-50%.

STP dioperasikan oleh tiga orang tenaga alih daya yang sudah mendapatkan pelatihan.

Bahan kimia yang digunakan pada proses STP dalah polymer kationik. Dosis polymer yang digunakan sekitar 70-140 ppm. Pengoperasian STP sudah didasarkan pada instruksi kerja yang sudah tersedia dan dengan melengkapi formulir kendali harian operasional yang sudah efektif digunakan.

Hasil akhir dari STP adalah dry cake yang selanjutnya diangkut menggunakan pihak ketiga. Adapun air sisa (supernatan dari STP) yang sudah memenuhi standar baku mutu dikembalikan ke proses awal produksi.

Production & Transmission Division Head Palyja, Satata Hadi Widada mengatakan, sebagai bentuk komitmen terhadap kelestarian lingkungan sebagaimana tertuang dalam Visi Misi dan Tata Nilai Palyja menjadi perusahaan yang memberikan manfaat kepada publik dan lingkungan, maka pengoperasian STP ini merupakan jawaban konkret Palyja.

Program ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial Palyja di bidang pelestarian lingkungan dan merupakan bagian dari empat fokus kegiatan corporate social responsibilities (CSR) Palyja, yakni pelestarian lingkungan hidup, kesehatan dan pendidikan, bantuan kemanusiaan dan air untuk semua.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022

Viral Video Angin Puting Beliung Terjang Tenda Resepsi Pernikahan

Sebuah video amatir menjadi viral karena merekam angin puting beliung yang memporak-porandakan resepsi pernikahan warga di Kampung Kukun, Cikarang.

NEWS | 26 November 2022

Sekjen PDIP Bawa Oleh-oleh Khusus untuk Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mendapatkan hadiah khusus berupa tanaman Puring.

NEWS | 26 November 2022

Kosgoro 1957: Soliditas dengan Rakyat Kunci Kemenangan Pemilu

Ketum Kosgoro 1957 Dave Laksono meminta kadernya di seluruh Indonesia membangun soliditas dengan rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Dapatkan Apresiasi

Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
FIFA Selidiki Insiden Bendera Kosovo di Ruang Ganti Timnas Serbia

FIFA Selidiki Insiden Bendera Kosovo di Ruang Ganti Timnas Serbia

SEMESTA BOLA 2022 | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE