Logo BeritaSatu

KLHK Gelar Pameran Virtual Tekankan Pentingnya Aksi Adaptasi dan Mitigasi

Kamis, 17 Juni 2021 | 12:38 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.comKementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar pameran virtual bertajuk “Upaya Nyata di Tingkat Tapak untuk Mendukung Komitmen NDC Indonesia” dengan dukungan Global Green Growth Institute (GGGI). Acara yang dihadiri oleh lebih dari 500 peserta ini diadakan dalam rangka Hari Lingkugan Hidup Sedunia.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya aksi adaptasi dan mitigasi di tingkat tapak melalui proklim,” ujar Emma Rachmawaty, Direktur Mitigasi perubahan iklim KLKH dalam jumpa pers virtual, Kamis (17/6/2021).

Pada pameran virtual ini peserta diajak untuk mengenali dan mengikuti aksi-aksi adaptip dan mitigasi perubahan iklim yang sudah dilakukan berbagai lokasi percontohan.

Melalui pameran virtual ini, masyarakat diharapkan bisa ikut serta dan mengajak lingkunganya berkontribusi dengan melakukan aksi-aksi nyata.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia setiap tanggal 5 Juni ini dikatakannya menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran global adanya kebutuhan bumi atas perubahan gaya hidup manusia yang lebih positif bagi perlindungan alam planet Bumi

Menurutnya, sejak pandemi covid-19 melanda banyak masyarakat aktivitas-aktivitas masyarakat yang positif untuk lingkungan.

“Kita lihat sekarang sudah banyak gedung atau rumah yang menggunakan solar surya panel, lalu ada gerakan 3R, penerangan jalan menggunakan lampu LED untuk mengurangi konsumsi energi berlebih. Selain itu juga banyak orang yang kini melakukan aktivitas bersepeda dan berkebun. Tidak ketinggalan pula aktivitas bank sampah yang terus berjalan,” tuturnya.

NDC Indonesia meliputi komitmen mitigasi yang mencakup penurunan emisi GRK sebesar 29% dengan upaya sendiri, hingga 41% dengan bantuan internasional. Selain itu juga komitmen adaptasi untuk membangun ketahanan ekonomi, ketahanan sosial dan penghidupan serta ketahanan ekosistem dan langskap dari dampak perubahan iklim.

Kampung Iklim

Lebih lanjut menargetkan terbentuknya Program Kampung Iklim (Proklim) sejumlah 20.000 desa pada tahun 2024.

Proklim adalah Gerakan Nasional Pengendalian Perubahan Iklim di Tingkat Tapak Berbasis Komunitas di Indonesia. Proklim merupakan program sinergi aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang berlingkup nasional guna meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain, untuk penguatan kapasitas adaptasi dan penurunan emisi gas rumah kaca (GRK). Hingga saat ini telah terbentuk sebanyak lebih kurang 3.000 desa Proklim di seluruh Indonesia.

"Kita perlu bekerja cerdas dengan mengoptimalkan seluruh potensi yang ada. Dalam setiap tahap tentu akan ada tantangan yang kita hadapi dan perlu disikapi, dengan terus melakukan inovasi serta beradaptasi dengan perubahan yang terjadi," terang Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) KLHK, Laksmi Dhewanti.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Awasi Pemilu 2024, Bawaslu Bangun Komunitas Digital Pengawas Partisipatif

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI akan membuat komunitas digital pengawas partisipatif.

NEWS | 28 November 2022

Hendra Kurniawan Sempat Mengaku Tertipu oleh Skenario Ferdy Sambo

Agus Nur Patria mengungkapkan, Hendra Kurniawan sempat mengaku tertipu oleh skenario Ferdy Sambo terkait kasus pembunuhan Brigadir J. 

NEWS | 28 November 2022

Korban Gempa Cianjur Akan Direlokasi ke 3 Wilayah Ini

BNPB menyebutkan terdapat tiga wilayah yang menjadi bakal calon lokasi untuk memindahkan rumah-rumah warga yang rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 28 November 2022

Komisi III DPR Puji Langkah Kejagung Sita Aset Benny Tjokro

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengapresiasi langkah Kejagung menyita aset Benny Tjokro yang menjadi terpidana perkara korupsi Jiwasraya dan Asabri.

NEWS | 28 November 2022

Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto Dicopot

Pemprov DKI Jakarta selaku pemegang saham utama PT Jakpro memutuskan merombak direksi Jakpro. Dirut Jakpro, Widi Amanasto dicopot dari jabatannya. 

NEWS | 28 November 2022

Rotasi Matra Jadi Pertimbangan Jokowi Pilih Kasal Yudo Margono

Mensesneg Pratikno mengungkapkan salah satu alasan Presiden Jokowi mengusulkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI karena rotasi matra.

NEWS | 28 November 2022

Diguyur Hujan Deras, 4 Ruas Jalan di Jakarta Tergenang

BPBD DKI Jakarta menyatakan empat ruas jalan di Jakarta tergenang akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda pada Senin (28/11/2022).

NEWS | 28 November 2022

Update: Pengungsi Korban Gempa Cianjur Capai 100.300 Orang

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan total pengungsi akibat gempa Cianjur, Jawa Barat per Senin 28 November 2022 sebanyak 100.300 orang. 

NEWS | 28 November 2022

RSUD Sayang: Korban Gempa Cianjur Terserang ISPA di Pengungsian

Wakil Direktur RSUD Sayang, Neneng Efa Fatimah korban gempa Cianjur terserang infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) di posko pengungsian. 

NEWS | 28 November 2022

Update Korban Gempa Cianjur: 323 Meninggal Dunia dan 9 Orang Hilang

BNPB mencatat 323 korban meninggal dunia akibat gempa Cianjur, per Senin 28 November 2022. Sementara itu sebanyak 9 orang masih dinyatakan hilang.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini 28 Pemain yang Dipanggil ke Pemusatan Latihan Piala AFF

Ini 28 Pemain yang Dipanggil ke Pemusatan Latihan Piala AFF

BOLA | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE