Logo BeritaSatu
Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Indocement Lanjutkan Program Gerakan Hijau

Senin, 7 Juni 2021 | 13:26 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocement) menggelar penanaman pohon pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021. Penanaman pohon dilakukan di tiga lokasi kompleks pabrik yaitu kompleks pabrik Citeureup, kompleks pabrik Cirebon, dan kompleks pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Sampai dengan Juni 2021, di tiga kompleks pabrik Indocement telah menanam lebih dari 13.000 bibit pohon yang terdiri beragam jenis pohon yang disesuaikan dengan tanaman lokal yang ada di tiap daerah.

Adapun beberapa jenis pohon yang ditanam adalah pohon Trembesi, Kluwih, dan Teureup di kompleks pabrik Citeureup, pohon Mahoni, Kesammbi, Asem, Sonokeling, Jati, Kedawung, dan Jamblang di kompleks pabrik Cirebon, dan mangrove di kompleks pabrik Tarjun.

Direktur & Sekretaris Perusahaan Indocement, Antonius Marcos, menyatakan, hal ini merupakan bentuk komitmen Indocement untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga lingkungan hidup dan menjalankan bisnis yang ramah lingkungan secara berkelanjutan, serta mengedukasi masyarakat agar tetap menjaga kelestarian lingkungan.

"Terobosan hijau bukan hal asing untuk Indocement, sebelumnya Indocement telah meluncurkan slag cement (Duracem) yang memanfaatkan sisa produksi atau limbah dari industri peleburan baja sebagai bahan baku alternatif. Indocement juga mengeluarkan variasi produk semen hijau lain yaitu semen hidraulik yang memiliki klinker rasio lebih rendah sehingga memiliki emisi CO2 yang lebih rendah dari pada semen biasa," kata Antonius Marcos dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/6/2021).

Antonius menjelaskan, program penanaman pohon ini sejalan dengan kebijakan pemerintah melalui instruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (Kempupera) untuk penggunaan semen hijau (beton) dalam proyek-proyek infrastruktur dan pemerintah lainnya.

"Indocement tentunya siap memproduksi dan memasok produk semen hijau tersebut baik dalam bentuk supply produk PCC, Duracem-Slag Cement dan juga jenis semen yang terbaru yaitu semen hidraulik yang sama tangguhnya dengan semen OPC yang sudah dikenal saat ini," jelasnya.

Selain melakukan penghijauan, tambah Antonius, Indocement juga telah memfasilitasi warga Desa Lulut dan Leuwikaret agar dapat memanfaatkan air dari mata air Cikukulu dengan cara membangun jaringan pipa air ke dua desa tersebut. "Sehingga warga di kedua desa tersebut tidak kekurangan air, terutama di musim kering," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gawat, Indonesia Masuk di 25 Negara Paling Mematikan untuk Wisatawan

The Swiftest baru saja mengeluarkan daftar 50 negara paling mematikan untuk wisatawan, di mana Indonesia termasuk dalam 25 negara teratas.

NEWS | 6 Desember 2022

MUI Jabar Buat Surat Edaran Tegaskan Bencana Bukan Azab

MUI Jabar membuat surat edaran yang berisi penegasan bahwa musibah atau bencana alam bukanlah azab dari Tuhan Yang Maha Esa.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkumham: RKUHP yang Disahkan Efektif Berlaku Setelah 3 Tahun

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly mengungkapkan, Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP)

NEWS | 6 Desember 2022

Ismail Bolong Jalani Pemeriksaan Kasus Tambang Ilegal Kaltim

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri tengah memeriksa Ismail Bolong terkait kasus tambang ilegal Kalimantan Timur (Kaltim)

NEWS | 6 Desember 2022

Dituduh Hancurkan Barang Bukti Tragedi Itaewon, 2 Mantan Polisi Ditangkap

Dua mantan polisi Korea Selatan ditangkap pada hari Senin (5/12/2022), dengan tuduhan menghancurkan barang bukti dari tragedi Itaewon.

NEWS | 6 Desember 2022

Hendra Sebut Kapolri Minta Kasus Brigadir J Ditangani secara Profesional

Hendra Kurniawan menyebutkan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta agar kasus Brigadir J ditangani secara profesional.

NEWS | 6 Desember 2022

Cerita Kaesang Pangarep Ajak Menikah Erina: Der Ketemu, Terus Jadian...

Kaesang Pangarep kini tengah menghitung hari untuk menikahi kekasihnya Erina Gudono yang akan digelar Sabtu (10/12/2022).

NEWS | 6 Desember 2022

Malaysia Bakal Impor Telur untuk Atasi Kekurangan Pasokan

Malaysia akan impor telur sebagai tindakan jangka pendek untuk mengatasi kekurangan pasokan lokal.

NEWS | 6 Desember 2022

Sidang Sambo, Agus Nurpatria Tepis Berita Negatif tentang Hendra Kurniawan

Agus Nurpatria, dalam sidang Sambo, menepis berita negatif Karopaminal Divpropam Polri Hendra Kurniawan.

NEWS | 6 Desember 2022

Anwar Ibrahim Ingatkan Muhyiddin Tak Menantangnya untuk Ungkap Pelanggaran

Anwar Ibrahim meminta pemimpin sebelumnya Muhyiddin Yassin agar tidak menantangnya untuk mengungkapkan dugaan pelanggaran.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ke Papua, Sri Mulyani Minta Freeport Tingkatkan Produktivitas

Ke Papua, Sri Mulyani Minta Freeport Tingkatkan Produktivitas

EKONOMI | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE