Logo BeritaSatu

Habib Syakur Dukung Langkah Densus 88 Bentuk Kampung Tangguh Ideologi

Kamis, 20 Januari 2022 | 18:04 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur bin Ali Mahdi Al Hamid mendukung langkah Detasemen Khusus 88 (Densus 88) Antiteror Mabes Polri membangun Kampung Tanggung Ideologi. Keberadaan kampung tangguh ini dalam rangka mencegah penyebaran paham radikal di lingkungan terkecil, seperti tingkat RT dan RW.

Dengan adanya Kampung Tangguh Ideologi di seluruh di Indonesia, menurut Habib Syakur, nantinya semua unsur masyarakat turut berkontribusi dalam mengawasi lingkungannya. “Saya rasa di bentuknya Kampung Tangguh Ideologi ini sudah jelas tujuannya yaitu pengawasan bersama,” kata Habib Syakur dalam keterangannya, Kamis (20/1/2022).

Habib Syakur mengatakan keberadaan Kampung Tanggung Idelogi ini juga akan mewajibkan pemerintah daerah (pemda) untuk bertanggung jawab memastikan daerahnya aman dari penyebaran paham radikal, intoleran, hingga teroris. Dia menyatakan pemda harus mengedukasi masyarakat akan bahaya paham radikal.

“Babinsa, Bhabinkamtibmas, penyuluh agama, perangkat desa atau tokoh masyarakat juga perlu memberi pemahaman ke masyarakat akan pengaruh media sosial yang kerap dimanfaatkan oleh kelompok radikal untuk mempengaruhi rakyat Indonesia,” imbuh Habib Syakur.

Menurut Habib Syakur, pengaruh kelompok radikal harus disikapi secara tegas dengan cara memblokir konten media sosial. Pelakunya pun sepatutnya diperiksa jika berada di lingkungan masyarakat.

“Intinya, pemerintah menindak tegas para pelaku yang melakukan sosialisasi radikalisme lewat medsos, maupun lewat pengajian dan lain-lain. Tindak tegas, tangkap mereka supaya ada efek jera, agar tak terulang lagi,” tegasnya.

Di sisi lain, tokoh yang menaruh perhatian serius terhadap isu-isu radikalisme ini mengaku khawatir, maraknya penyebaran paham radikal akan mengancam pembangunan Indonesia.

“Saya khawatir radikalisme berkeliaran tanpa ditindak mengancam pembangunan hingga tahun 2024. Sebetulnya apa yang digaungkan oleh pengusung khilafah ini bisa kita cegah dengan cara menindak tegas, polisi harus menindak tegas. Masalah ini tidak bisa berhenti di teori, harus ada praktik tindak tegas. Tangkap, penjara, tangkap, penjara,” katanya.

Sebelumnya, Kasubdit Kontra Ideologi Ditcegah Densus 88 Kombes Pol Ponco Ardani mengatakan Kampung Tangguh Ideologi juga bertujuan meningkatkan peran empat pilar masyarakat dalam mencegah radikalisme, yaitu babinsa, bhabinkamtibmas, penyuluh agama, serta perangkat desa atau tokoh masyarakat.

“Itu tujuannya menciptakan lingkungan terkecil RW, kampung, desa untuk menanggulangi penyebaran radikalisme, terorisme,” kata Ponco dalam kegiatan Workshop Kebangsaan yang diikuti 109 penyuluh agama dan bhabinkamtibmas di Jakarta Timur, Kamis (13/1/2022).

Dia berharap, Kampung Tangguh Ideologi ini bisa menyebar luas ke seluruh wilayah NKRI, sehingga Indonesia menjadi negara yang tangguh ideologi.

“Artinya kalau satu RT itu sudah tangguh ideologi, maka akan menular ke seluruh Indonesia. Akan menjadi negara yang tangguh ideologi,” ucap Ponco.

Menurutnya, Kampung Tangguh Ideologi ini akan menyinergikan seluruh pimpinan di desa untuk mengedukasi masyarakat, mencegah masuknya paham radikal, melindungi masyarakat yang rentan terpapar, mendata dan mengawasi pendatang yang masuk ke lingkungan masyarakatnya, serta menjaga toleransi dan moderasi beragama di lingkungannya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

2 Warga Jepang Meninggal selama Lockdown di Shanghai

2 warga Jepang meninggal dunia di Shanghai, Tiongkok, selama masa penguncian wilayah (lockdown) Covid-19 sejak akhir Maret lalu.

NEWS | 26 Mei 2022

Warga Jakarta dan Relawan Deklarasi Dukungan untuk Ganjar

Relawan Sahabat Ganjar dan warga DKI Jakarta mendeklarasikan dukungan untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

NEWS | 26 Mei 2022

Panitia: Biaya Penyelenggaraan Formula E Jakarta Rp 130 M

Panitia penyelenggara Formula E Jakarta menyebutkan, biaya pelaksanaan ajang balap mobil listrik itu mencapai kisaran Rp 120 miliar hingga Rp 130 miliar

NEWS | 26 Mei 2022

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas ke Arah Barat Daya

Gunung Merapi meluncurkan tiga kali awan panas guguran dengan jarak luncur maksimum sejauh 2 kilometer ke arah barat daya.

NEWS | 26 Mei 2022

Puan Maharani: Lakukan Aksi Nyata Mengatasi Kebencanaan

Ketua DPR Puan Maharani berbicara dalam The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali, Kamis (26/5/2022).

NEWS | 26 Mei 2022

Panitia Dapat Sponsor Rp 100 Miliar untuk Formula E Jakarta

Panitia Penyelenggara Formula E Jakarta mendapatkan sponsor senilai Rp 100 miliar dari salah satu grup perusahaan hiburan dalam negeri

NEWS | 26 Mei 2022

Mahasiswa UMB Perkenalkan Public Speaking ke Siswa SMK

Mahasiswa UMB memperkenalkan public speaking kepada para siswa SMK sebagai implementasi kuliah peduli negeri.

NEWS | 26 Mei 2022

Kedekatan Erick Thohir dengan NU, Ini Pandangan Pengamat

Kedekatan antara Erick Thohir dengan NU dipandang karena memiliki kesamaan nafas nilai dan perjuangan yang sama.

NEWS | 26 Mei 2022

Pekan Ini Mobil Formula E Bakal Dipamerkan di Bundaran HI

Panitia penyelenggara ajang balapan Formula E Jakarta berencana memamerkan mobil balap bertenaga listrik tersebut di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakpus

NEWS | 26 Mei 2022

Jepang Buka Kembali Negaranya untuk Turis dari 36 Negara

Jepang mengumumkan pada hari Kamis (26/5/2022) kembali membuka negaranya untuk turis dari 36 negara mulai 10 Juni mendatang.

NEWS | 26 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2 Warga Jepang Meninggal selama Lockdown di Shanghai

2 Warga Jepang Meninggal selama Lockdown di Shanghai

NEWS | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings