Logo BeritaSatu
Ajak Konsumen Kelola Sampah

Danone-Aqua dan Alfamart Luncurkan Reverse Vending Machine

Rabu, 19 Januari 2022 | 23:20 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Danone-Aqua bekerja sama dengan Alfamart dan PlasticPay, gerakan sosial berbasis platform digital, meluncurkan inovasi terbaru, buatan asli 100% dalam negeri, berupa Aqua Reverse Vending Machine (RVM) atau Mesin Penukaran Botol plastik paska konsumsi bagi masyarakat untuk memfasilitasi dan mempermudah pengelolaan sampah botol plastik.

Inisiatif terbaru ini merupakan cara baru bagi konsumen untuk ikut ambil bagian dalam menyelamatkan bumi dari sampah plastik dengan mengumpulkan dan mengelola kemasan botol plastik paska konsumsi dengan benar.

Reverse vending machine yang diinisiasi Danone-Aqua bersama Alfamart ini, untuk tahap pertama akan ditempatkan di lima toko Alfamart yang berlokasi di Jakarta dan Tangerang.

VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto mengatakan, bagi Danone-Aqua, inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan yang diwujudkan melalui gerakan #BijakBerplastik yang diluncurkan sejak 2018.

"Gerakan ini selain bertujuan mempertegas posisi perusahaan sebagai pelopor pengumpulan dan daur ulang kemasan plastik paska konsumsi, juga untuk mendukung ambisi pemerintah mengurangi sampah plastik yang masuk ke lautan sebesar 70% di 2025," kata Vera Galuh Sugijanto dalam keterangan persnya, Rabu (19/1/2022).

"Mengacu pada hasil riset yang dilakukan oleh Sustainable Waste Indonesia (SWI) daur ulang sampah plastik di Indonesia masih tergolong kecil yaitu di bawah angka 10%, untuk itu diperlukan upaya inovatif untuk meningkatkan laju pengumpulan dan daur ulang kemasan plastik bekas,” tambahnya.

Ia memastikan komitmen #BijakBerplastik Danone-Aqua yang ditopang oleh tiga pilar utama, yaitu pengumpulan, edukasi, dan inovasi akan dilakukan secara terus menerus dan berbarengan. Oleh karena itu, kerja sama untuk meluncurkan RVM ini merupakan salah satu contoh konkret dari komitmen tersebut.

"Kami akan selalu berinovasi untuk memudahkan masyarakat dalam mengumpulkan kemasan botol plastik paska konsumsi , sekaligus mengedukasi pentingnya pengelolaan sampah plastik yang berkelanjutan. Kami sangat menyambut baik kerjasama dengan Alfamart dan PlasticPay serta berharap inisiatif ini dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungan untuk Indonesia yang lebih bersih,” tambahnya.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ali Ghufron: Achmad Yurianto Berkontribusi Besar pada JKN

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti turut berduka cita atas meninggalnya Achmad Yurianto.

NEWS | 21 Mei 2022











TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Guardiola Ingin Manchester City Fokus Lawan Aston Villa

Guardiola Ingin Manchester City Fokus Lawan Aston Villa

BOLA | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings