Logo BeritaSatu

Misbakhun Minta Menkeu Tak Ubah Target Pajak 2022

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:55 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun meminta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani tidak mengoreksi target pajak 2022, karena dunia usaha masih dipenuhi ketidakpastian. Menurutnya, penerimaan pajak pada 2021 yang melebihi target APBN bukan dasar untuk mengoreksi sasaran perpajakan 2022.

“Walaupun pencapaian kita sudah di atas target 2022, saya tidak ingin target itu dikoreksi, karena situasi kita masih serba tidak pasti, pemerintah masih belum bisa memastikan kapan Covid akan berakhir,” ujar Misbakhun dalam Rapat Kerja Komisi XI dengan Menkeu Sri Mulyani dan Dirjen Pajak Suryo Utomo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/1/2022).

Dalam raker itu, Menkeu Sri Mulyani menyatakan penerimaan negara dari sektor pajak sepanjang tahun lalu mencapai Rp 1.277,5 triliun. Adapun target penerimaan pajak di APBN 2021 dipatok sebesar Rp 1.229,6 triliun.

Namun, Misbakhun mengharapkan capaian itu tidak mendorong Kementerian Keuangan merevisi target pajak 2022 yang telah dipatok di angka Rp 1.265 triliun. Sebab, pandemi Covid-19 masih berpotensi membuat perekonomian sepanjang 2022 berada dalam ketidakpastian.

“Faktor ketidakpastian ini yang harus kita antisipasi sejak awal,” kata Misbakhun.

Misbakhun menegaskan target pajak di APBN 2022 tak perlu diutak-atik. Menurutnya, target pajak bisa tercapai asal angkanya realistis.

“Penerimaan pajak kita di APBN kita 2022 tidak perlu dilakukan upaya koreksi dan perbaikan walaupun realisasi pada 2021 melebihi angka itu,” kata Misbakhun.

Mantan pegawai Ditjen Pajak itu memperkuat argumennya dengan memaparkan kondisi dunia usaha yang sedang berupaya pulih dari pandemi. “Recovery ini juga butuh upaya kebijakan afirmasi pemerintah yang tetap menjaga kondisi kondusif untuk dunia usaha,” tegasnya.

Secara khusus, Misbakhun mengapresiasi Suryo sebagai Dirjen Pajak. Selama 12 tahun, Direktorat Jendeal Pajak tak pernah berhasil mencapai target penerimaan yang ditetapkan di APBN.

Namun, Ditjen Pajak di bawah kepemimpinan Suryo berhasil mencapai target penerimaan perpajakan dalam APBN 2021. “Beliau ini breaking mental barriers. Dua belas tahun menunggu dan Pak Suryo memecahkannya,” ujar Misbakhun.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Puan Harap RAPBN 2023 Tetap Berpijak pada Rakyat Kecil

Ketua DPR Puan Maharani menyambut baik kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal (KEM-PPKF) RAPBN Tahun Anggaran 2023.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Ekspor CPO Dibuka, Gapki: Perdagangan Sawit Bergairah

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) menyambut baik kebijakan dibukanya kembali keran ekspor CPO (crude palm oil) oleh pemerintah.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Ini Perusahaan Idaman Karyawan, Yuk Cek Parameternya

Di era disrupsi tekonologi dan pandemi Covid-19, menjadi perusahaan idaman (employer of choice) merupakan impian banyak usaha.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Teten: Klinik UMKM Dukung Pencapaian 30 Juta UMKM Go Digital

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) berkolaborasi dengan Grab menggelar roadshow "Klinik UMKM" di berbagai daerah.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Menkeu: Subsidi Silang, Tarif Listrik 3.000 VA Akan Naik

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan kenaikan tarif listrik untuk pelanggan 3.000 Volt Ampere (VA) ke atas untuk subsidi silang.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Mastercard dan Ayoconnect Dorong Inklusi Keuangan lewat Open Banking

Melalui jaringan embedded finance Ayoconnect, Mastercard menghadirkan insentif bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan pembayaran tagihan di platform online.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Bupati Dhito Minta Apersi Ikut Kembangkan Kediri Raya

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana mendorong Apersi berkontribusi meramaikan pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan Bandara Kediri.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Pelayanan BBM Selama Periode Ramadan dan Lebaran Tuai Pujian

Tidak ada kekurangan pasokan BBM untuk SPBU-SPBU selama Ramadan serta tidak terjadi antrean signifikan terutama di Pertamina Region Jawa Bagian Barat.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Hari Kebangkitan Nasional, Jokowi: Tidak Ada yang Boleh Tertinggal

Memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Jokowi menyampaikan pesan, bahwa tidak boleh ada satupun masyarakat Indonesia yang tertinggal dan tersisihkan.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Menkeu Beberkan Asumsi Makro dan Pertumbuhan Ekonomi 2023

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan akan mencapai sekitar 5,3% sampai 5,9%.

EKONOMI | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemendagri Dorong Digitalisasi Pengelolaan Pendapatan Daerah

Kemendagri Dorong Digitalisasi Pengelolaan Pendapatan Daerah

NEWS | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings