Logo BeritaSatu

Usut Dugaan Korupsi Garuda, Kejagung Koordinasi dengan KPK

Rabu, 19 Januari 2022 | 17:30 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Kejaksaan Agung (Kejagung) memastikan akan terus berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam mengusut dugaan korupsi di PT Garuda Indonesia. Hal ini mengingat KPK telah rampung menangani perkara suap pengadaan dan perawatan pesawat dan mesin pesawat di maskapai pelat merah tersebut.

Jaksa Agung, ST Burhanuddin mengatakan, koordinasi dengan KPK ini penting dilakukan agar tidak terjadi azas nebis in idem. Azas nebis in idem adalah seseorang tidak boleh dituntut dua kali karena perbuatan yang telah mendapat putusan yang telah berkekuatan hukum tetap.

"Setiap penanganan kami nanti akan koordinasi dengan KPK karena KPK ada beberapa yang telah tuntas di KPK. Kita akan selalu koordinasi agar tidak terjadi nebis in idem," kata Burhanuddin dalam konferensi pers yang disiarkan akun Youtube Kejaksaan RI, Rabu (19/1/2022).

Burhanuddin mengatakan, pihaknya telah meningkatkan penanganan kasus dugaan korupsi PT Garuda Indonesia ke tahap penyidikan. Untuk saat ini, kata Burhanuddin, pihaknya mengusut pengadaan pesawat ATR 72-600. Namun, tidak menutup kemungkinan proses penyidikan berkembang dengan mengusut pengadaan pesawat lainnya seperti Bombardier, Airbus, Boeing dan Rolls-Royce.

"tidak akan sampai di situ saja. ada beberapa pengadaan kontrak, pinjam, atau apa pun nanti, kita masih akan kembangkan. Mulai dari ATR, Bombardier Airbus, Boeing, dan Rolls-Royce. Kita akan kembangkan dan kita akan tuntaskan," kata Burhanuddin.

Diketahui, KPK telah menangani kasus korupsi di Garuda sejak awal 2017 silam. Terdapat tiga orang yang dijerat KPK atas kasus suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat di PT Garuda Indonesia dan pencucian uang. Ketiga orang itu, yakni mantan Dirut PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar; pendiri PT Mugi Rekso Abadi (MRA) sekaligus Beneficial Owner Connaught International Pte ltd Soetikno Soedarjo; dan mantan Direktur Teknik PT Garuda Indonesia, Hadinoto Soedigno.

KPK telah mengeksekusi Emirsyah ke Lapas Sukamiskin pada 3 Februari 2021 silam setelah kasasi yang diajukannya ditolak Mahkamah Agung (MA). Di Lapas Sukamiskin, Emirsyah bakal menjalani hukuman 8 tahun pidana penjara dikurangi masa tahanan sebagaimana putusan Pengadilan Tipikor Jakarta yang dikuatkan putusan Pengadilan Tinggi DKI dan MA. Selain dihukum 8 tahun pidana penjara, Emirsyah Satar juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp 1 miliar subsider 3 bulan kurungan serta kewajiban membayar uang pengganti sejumlah Sin$ 2.117.315,27 selama 2 tahun.

Pengadilan Tipikor Jakarta menyatakan Emirsyah terbukti menerima suap senilai Rp 49,3 miliar dan pencucian uang senilai sekitar Rp 87,464 miliar.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

167 Juta Orang Telah Terima Vaksinasi Dosis Lengkap

Capaian vaksinasi Covid-19 dosis lengkap di Indonesia hingga hari ini, Kamis (25/5/2022), telah mencapai 167.156.856 dosis suntikan.

NEWS | 26 Mei 2022

Para Tamu Ucapkan Selamat kepada Ketua MK dan Idayati

Ketua MK Anwar Usman telah sah menikahi adik Presiden Jokowi, Idayati, di Graha Sabha Buana, Solo, Kamis (26/5/2022), dan para tamu memberikan ucapan selamat

NEWS | 26 Mei 2022

Jokowi Kunjungi Seniman di Taman Balekambang Solo

Saat berkunjung ke Taman Balekambang, Solo, Presiden Jokowi mengajak para seniman untuk bangkit dari pandemi. 

NEWS | 26 Mei 2022

Serangan Ransomware Ganggu Penerbangan Maskapai India

Serangan ransomware telah mengganggu penerbangan maskapai berbujet murah di India, SpiceJet dengan pembatalan atau penundaan penerbangan.

NEWS | 26 Mei 2022

Marcos Jr Pertahankan Kesinambungan Kebijakan Ekonomi Filipina

Presiden terpilih Filipina Ferdinand Marcos Jr memberikan indikasi kuat bahwa ia akan mempertahankan kesinambungan kebijakan ekonomi.

NEWS | 26 Mei 2022

Blusukan ke Pasar-pasar di Solo, Jokowi Salurkan Bansos

Dalam kunjungan kerja ke Kota Surakarta, Presiden Jokowi blusukan ke sejumlah pasar dan membagikan bansos untuk para pedagang di sana

NEWS | 26 Mei 2022

14 Sapi Terpapar PMK, Pasar Hewan Jonggol Bogor Lockdown

14 ekor sapi di Kabupaten Bogor terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK). Untuk itu, Pasar Hewan Jonggol Bogor ditutup atau lockdown selama dua pekan.

NEWS | 26 Mei 2022

Bertemu Presiden Majelis Umum PBB, Puan Singgung UU TPKS

Saat bertemu Presiden Majelis Umum PBB, Abdulla Shahid, Ketua DPR Puan Maharani menyinggung UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS)

NEWS | 26 Mei 2022

ASEAN dan IFRC MoU untuk Bangun Ketahanan Komunitas

ASEAN telah menandatangani MoU dengan IFRC) terkait bangun ketahanan komunitas di Asia Tenggara.

NEWS | 26 Mei 2022

Angkut 2 WNA Prancis, Kapal Wisata Kandas di Perairan Medang

Kapal wisata dengan nama Ikan Terbang yang membawa dua WNA Prancis mengalami kerusakan bagian mesin di sekitar perairan Pulau Medang, Kabupaten Sumbawa, NTB.

NEWS | 26 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas ke Arah Barat Daya

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas ke Arah Barat Daya

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings