Logo BeritaSatu

Kejagung Banding Vonis Nihil Heru Hidayat di Perkara Korupsi Asabri

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:31 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Kejaksaan Agung (Kejagung) memerintahkan jaksa penuntut umum untuk segera mengajukan banding atas vonis pidana nihil yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta terhadap Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Heru Hidayat. Diketahui, majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan vonis pidana nihil terhadap Heru Hidayat yang terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi pengelolaan dana PT Asabri dan pencucian uang.

Vonis pidana nihil ini dijatuhkan karena Heru Hidayat berstatus sebagai narapidana dengan hukuman maksimal, yakni seumur hidup dalam perkara lain yakni perkara korupsi Jiwasraya. Selain itu, majelis hakim mewajibkan Heru Hidayat membayar uang pengganti sebesar Rp 12,6 triliun.

"Terhadap putusan majelis hakim tersebut, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus telah memerintahkan penuntut umum untuk segera melakukan upaya perlawanan banding," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam keterangannya, Selasa (18/1/2022).

Kejagung memandang vonis pidana nihil yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta itu tidak berpihak kepada kepentingan masyarakat. Vonis itu juga telah mengingkari rasa keadilan masyarakat yang telah ditimbulkan oleh terdakwa dengan kerugian negara yang begitu besar.

Leonard menyoroti besarnya kerugian yang harus ditanggung negara dari perbuatan Heru Hidayat. Dalam kasus korupsi PT Asabri, negara mengalami kerugian hingga Rp 22,78 triliun, sementara di kasus PT Asuransi Jiwasraya kerugian negara mencapai Rp 16,7 triliun.

Bila ditotal, negara mengalami kerugian hingga mencapai Rp 39,5 triliun. Namun, majelis hakim memilih untuk memvonis nihil Heru Hidayat dalam kasus Asabri dengan alasan Heru sudah memperoleh vonis seumur hidup dalam perkara korupsi Jiwasraya.

"Majelis hakim tidak konsisten dalam pertimbangan hakim terhadap terdakwa yang terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi namun tidak diikuti dengan menjatuhkan pidana penjara," imbuhnya.

Selain itu, Leonard juga menyoroti kemungkinan Heru Hidayat mengajukan peninjauan kembali (PK) dalam perkara korupsi Jiwasraya dan memperoleh potongan hukuman. Heru disebut akan memperoleh hukuman yang sangat ringan dan akhirnya melukai hati masyarakat Indonesia.

"Apabila terdakwa dalam perkara PT Asuransi Jiwasraya mengajukan PK dan terdakwa mendapatkan potongan hukuman, maka terdakwa yang telah merugikan negara sekitar Rp 39,5 Triliun akan mendapatkan hukuman yang sangat ringan dan putusan tersebut telah melukai hati masyarakat Indonesia," kata Leonard.

Diberitakan sebelumnya, majelis hakim Tipikor memvonis nihil Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Heru Hidayat. Heru terbukti bersalah dalam kasus korupsi PT Asabri.

"Menyatakan terdakwa Heru Hidayat sah meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi dalam dakwaan ke 1 Primer dan TPPU sebagaimana dalam dakwaan ke 2 Primer menjatuhkan pidana dengan pidana nihil," kata Ketua Majelis Hakim IG Eko Purwanto dalam putusannya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Panitia: Biaya Penyelenggaraan Formula E Jakarta Rp 130 M

Panitia penyelenggara Formula E Jakarta menyebutkan, biaya pelaksanaan ajang balap mobil listrik itu mencapai kisaran Rp 120 miliar hingga Rp 130 miliar

NEWS | 26 Mei 2022

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas ke Arah Barat Daya

Gunung Merapi meluncurkan tiga kali awan panas guguran dengan jarak luncur maksimum sejauh 2 kilometer ke arah barat daya.

NEWS | 26 Mei 2022

Puan Maharani: Lakukan Aksi Nyata Mengatasi Kebencanaan

Ketua DPR Puan Maharani berbicara dalam The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali, Kamis (26/5/2022).

NEWS | 26 Mei 2022

Panitia Dapat Sponsor Rp 100 Miliar untuk Formula E Jakarta

Panitia Penyelenggara Formula E Jakarta mendapatkan sponsor senilai Rp 100 miliar dari salah satu grup perusahaan hiburan dalam negeri

NEWS | 26 Mei 2022

Mahasiswa UMB Perkenalkan Public Speaking ke Siswa SMK

Mahasiswa UMB memperkenalkan public speaking kepada para siswa SMK sebagai implementasi kuliah peduli negeri.

NEWS | 26 Mei 2022

Kedekatan Erick Thohir dengan NU, Ini Pandangan Pengamat

Kedekatan antara Erick Thohir dengan NU dipandang karena memiliki kesamaan nafas nilai dan perjuangan yang sama.

NEWS | 26 Mei 2022

Pekan Ini Mobil Formula E Bakal Dipamerkan di Bundaran HI

Panitia penyelenggara ajang balapan Formula E Jakarta berencana memamerkan mobil balap bertenaga listrik tersebut di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakpus

NEWS | 26 Mei 2022

Jepang Buka Kembali Negaranya untuk Turis dari 36 Negara

Jepang mengumumkan pada hari Kamis (26/5/2022) kembali membuka negaranya untuk turis dari 36 negara mulai 10 Juni mendatang.

NEWS | 26 Mei 2022

Panitia: Iklan Bir di Formula E Jakarta Sponsor Global FEO

Panitia penyelenggara Formula E Jakarta menyebut iklan bir pada ajang balap mobil listrik di Ancol itu merupakan sponsor global Formula E Operation (FEO).

NEWS | 26 Mei 2022

Hepatitis Akut Dapat Dicegah, Waspadai Gejala Awal Ini

Penyakit hepatitis akut yang juga sudah menyebar ke Indonesia hingga kini memang masih belum diketahui penyebabnya.

NEWS | 26 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Festival Kopi PDI Perjuangan Bakal Pecahkan Rekor MURI

Festival Kopi PDI Perjuangan Bakal Pecahkan Rekor MURI

LIFESTYLE | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings