Logo BeritaSatu

Korupsi Asabri, Heru Hidayat Diwajibkan Bayar Rp 12,6 Triliun

Selasa, 18 Januari 2022 | 22:00 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan hukuman berupa kewajiban membayar uang pengganti senilai Rp 12,6 triliun terhadap Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Heru Hidayat. Majelis hakim menyatakan Heru Hidayat terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah dalam perkara dugaan korupsi pengelolaan dana PT Asabri (Persero) yang merugikan keuangan negara sebesar Rp 22,7 triliun dan tindak pidana pencucian uang.

"Menjatuhkan pidana tambahan terhadap terdakwa untuk membayar uang pengganti sebesar Rp 12.643.400.946.226," kata Ketua Majelis Hakim IG Eko Purwanto saat membacakan amar putusan terhadap Heru Hidayat di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Majelis hakim menilai Heru terbukti melakukan korupsi di dakwaan kesatu primer. Heru juga terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang.

Majelis hakim sendiri kemudian menyatakan Heru Hidayat bersalah dan divonis dengan hukuman nihil. Vonis nihil ini dijatuhkan hakim karena Heru merupakan terpidana serta sudah dikenakan pidana dalam perkara lain dengan hukuman maksimal yaitu hukuman pidana seumur hidup dalam perkara korupsi Jiwasraya.

"Karena terdakwa telah dijatuhi hukuman seumur hidup, maka pidana yang dijatuhi dalam perkara a quo adalah nihil," kata hakim.

Sebelumnya, jaksa penuntut umum Kejaksaan Agung (Kejagung) menuntut agar majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan hukuman mati terhadap Heru Hidayat. Jaksa meyakini Heru terbukti bersama-sama sejumlah pihak lainnya telah melakukan korupsi dalam pengelolaan dana PT Asabri (Persero) yang merugikan keuangan negara sekitar Rp 22,78 triliun.

Tak hanya hukuman mati, jaksa juga menuntut agar majelis hakim menjatuhkan pidana tambahan terhadap Heru Hidayat berupa kewajiban membayar uang pengganti sebesar Rp 12,64 triliun paling lama sebulan setelah putusan perkara ini berkekuatan hukum tetap. Jika dalam tenggat waktu tersebut, Heru Hidayat tak kunjung membayar uang pengganti, jaksa akan menyita harta bendanya untuk dilelang guna menutupi uang pengganti tersebut.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ali Ghufron: Achmad Yurianto Berkontribusi Besar pada JKN

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti turut berduka cita atas meninggalnya Achmad Yurianto.

NEWS | 21 Mei 2022











TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Guardiola Ingin Manchester City Fokus Lawan Aston Villa

Guardiola Ingin Manchester City Fokus Lawan Aston Villa

BOLA | 50 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings