Logo BeritaSatu

Tinjau Vaksinasi, Kapolri Saksikan Gubernur Maluku Utara Divaksin

Jumat, 14 Januari 2022 | 20:40 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Ternate, Beritasatu.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyaksikan langsung Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba yang ikut divaksin Covid-19. Kapolri memberi apresiasi, karena hal itu merupakan wujud untuk mendukung akselerasi percepatan vaksinasi Covid-19.

"Alhamdulilah yang sangat membahagiakan bahwa hari ini pak Gubernur Abdul Gani juga ikut divaksin. Alhamdulillah ini akan mempercepat dan mengakselerasi vaksinasi yang ada di wilayah Maluku Utara khususnya," kata Sigit ketika meninjau akselerasi percepatan vaksinasi Covid-19 yang digelar di 34 provinsi dengan menghadiri secara langsung di Pantai Sulamadaha, Kota Ternate, Maluku Utara, Jumat (14/1/2022).

Dalam paparannya, mantan Kabareskrim Polri ini menyampaikan capaian vaksinasi di wilayah Maluku Utara sudah mencapai 74%. Sigit menyarankan, hal itu harus ditingkatkan lagi ke depannya, sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran varian baru Covid-19 Omicron.

"Mau tak mau seluruh masyarakat yang belum vaksin harus segera divaksin, karena yang sudah vaksin pun bisa tertular varian baru, di mana memiliki kecepatan lima kali lebih cepat, sehingga kita semua harus waspada," ujar Sigit.

Mantan Kapolda Banten ini mengatakan, salah satu yang harus dilakukan menghadapi varian Omicron adalah mengejar wilayah-wilayah yang pencapaian vaksinasinya belum sampai 70%. Meskipun, Sigit menyadari, setiap provinsi di Indonesia memiliki tantangan tersendiri dalam hal tersebut.

Tetapi, kata Sigit, percepatan vaksinasi mau tidak mau harus dilaksanakan dengan maksimal. Karena itu, ia mengimbau untuk seluruh Forkopimda Maluku Utara terus bersinergi dan bahu-membahu guna meringankan tantangan serta hambatan yang ada.

"Kita memahami berbagai macam masalah kendala yang dihadapi mulai dari faktor cuaca, geografi, kemudian aktivitas masyarakat di beberapa wilayah masih sulit, tentu butuh kerja keras," ucap Sigit.

Oleh sebab itu, Sigit menekankan, pentingnya seluruh stakeholder dan masyarakat untuk bekerja sama dan bekerja keras untuk menghadapi varian Omicron, agar Indonesia tetap dapat mengendalikan laju Covid-19 dengan baik.

Pengendalian laju Covid-19, kata Sigit, penting dilakukan agar seluruh aktivitas masyarakat dan pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat berjalan dan tumbuh.

"Ini butuh kerja keras dan kerja sama. Jaga prokes dan yang belum vaksin ayo vaksin," tutur Sigit.

Tinjau Vaksinasi, Kapolri Saksikan Gubernur Maluku Utara Divaksin

Tak hanya itu, Sigit juga mengimbau masyarakat yang tak punya keperluan mendesak ke luar negeri untuk tak bepergian ke luar negeri. Sebab, banyak penyebaran varian Omicron berasal dari pelaku perjalanan luar negeri.

Kalau pun terpaksa bepergian ke luar negeri, mantan Kadiv Propam Polri ini meminta peraturan karantina ditaati dengan baik agar menjaga seluruh masyarakat tak tertular varian Omicron.

"Kami sarankan jika tidak urgent, hindari berpergian ke luar negeri. Dan bagi yang pulang dari luar negeri tolong kewajiban karantina dilaksanakan dengan baik, sehingga kita bisa menjaga seluruh masyarakat tidak tertular," papar Sigit.

Selain meninjau vaksinasi massal, Sigit juga mengecek kepastian penerapan standar protokol kesehatan di Pantai Sulamadaha yang merupakan objek wisata di Maluku Utara.

Sigit juga menyempatkan dialog interaktif dengan sejumlah provinsi secara virtual. Di antaranya Provinsi Aceh, Papua Barat, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, NTT, dan DKI Jakarta.

Sigit menekankan untuk terus mempercepat vaksinasi demi terwujudnya kekebalan komunal dan meningkatkan imunitas masyarakat dari paparan virus Covid-19.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

WN Latvia Lakukan Skimming, Polisi: Bank Rugi Rp 1,2 Miliar

Polisi berhasil meringkus warga negara Latvia, Eropa Utara, dengan inisial RM (46) terkait modus skimming hingga bank merugi Rp 1,2 miliar

NEWS | 20 Mei 2022

Biden Temui Yoon di Tengah Kekhawatiran tentang Korut

Presiden Joe Biden akan mendarat Korsel dan bertemu dengan Preside Yoon Suk-yeol di tengah kekhawatiran tentang respons Korut.

NEWS | 20 Mei 2022

Polda Metro Jaya Ringkus Pelaku Skimming WN Latvia

Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil meringkus RM (46) seorang warga negara asing (WNA) yang berasal dari Latvia.

NEWS | 20 Mei 2022

Distribusikan Bantuan Bencana, PMI Gandeng Pos Indonesia

PMI menggandeng Pos Indonesia guna mendistribusikan bantuan bencana ke seluruh pelosok Tanah Air.

NEWS | 20 Mei 2022

Jokowi Terima Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat di Istana Bogor

Presiden Jokowi menerima Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Majelis Rakyat Papua Barat di Istana Bogor untuk membahas DOB Papua.

NEWS | 20 Mei 2022

Demo Buruh Besok, Polisi: Sudah Terima Surat Pemberitahuan

Polisi sudah menerima surat pemberitahuan terkait elemen buruh yang akan menyampaikan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR pada Sabtu (21/5/2022) besok.

NEWS | 20 Mei 2022

Polisi Sudah Terima Surat Pemberitahuan Demo Pendukung UAS

Polisi sudah menerima surat pemberitahuan demo yang akan dilakukan oleh kelompok Pertahanan Ideologi Sarekat Islam (Perisai) yang merupakan massa pendukung UAS

NEWS | 20 Mei 2022

Uni Eropa Dukung Indonesia Terapkan Penerbangan Ramah Lingkungan

Uni Eropa (UE) mendukung Indonesia dalam menerapkan penerbangan yang semakin ramah lingkungan dengan prosedur Navigasi Berbasis Kinerja.

NEWS | 20 Mei 2022

Hari Kebangkitan Nasional Beri Semangat Baru bagi KBPP Polri

Ketua Umum Keluarga Besar Putra-Putri Polri (KBPP) Evita Nursanty menilai Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) memberikan semangat baru untuk organisasinya.

NEWS | 20 Mei 2022

Tebet Eco Park, Tempat Nyaman untuk Berinteraksi dan Bermain

Tebet Eco Park merupakan ruang terbuka hijau yang nyaman dan luas di tengah di Jakarta untuk berinteraksi dan bermain

NEWS | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tim Bola Voli Pantai Putra Raih Emas SEA Games 2021

Tim Bola Voli Pantai Putra Raih Emas SEA Games 2021

SPORT | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings