Logo BeritaSatu

Menlu: Demi Kesehatan Bangsa, Masyarakat Diminta Tak ke Luar Negeri

Selasa, 11 Januari 2022 | 10:03 WIB
Oleh : Aditya L Djono / DAS

Jakarta, Beritasatu.com – Masyarakat diminta untuk tidak bepergian ke luar negeri, di tengah lonjakan kasus Covid-19, terutama varian Omicron, demi menjaga kesehatan seluruh bangsa Indonesia. Sebab, terbukti kenaikan kasus Covid-19 di Tanah Air akhir-akhir ini dipicu oleh kedatangan warga negara Indonesia (WNI) yang baru pulang dari luar negeri. Upaya pengendalian Covid-19 di Tanah Air sangat memerlukan kesadaran dan kerja sama masyarakat.

Penegasan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Selasa (11/1/2022). “Upaya yang dilakukan pemerintah adalah meminta dengan sangat ... sangat menganjurkan agar perjalanan ke luar negeri tidak dilakukan saat ini, kecuali memang untuk hal yang sangat mendesak,” ujarnya saat menjawab Beritasatu.com.

Imbauan yang terus-menerus disampaikan pemerintah tersebut, disertai dengan mewajibkan mereka yang ke luar negeri untuk menjalani karantina dan prosedur medis lainnya sekembalinya ke Tanah Air. Kewajiban itu untuk memastikan apakah mereka terinfeksi Covid-19, khususnya varian Omicron atau tidak. “Imbauan ini demi keselamatan dan kesehatan masyarakat sendiri, keluarga, dan tentu seluruh bangsa Indonesia,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Menlu menerangkan, untuk mencegah penyebaran Covid-19 dari luar negeri, upaya maksimal yang bisa dilakukan pemerintah adalah mengimbau masyarakat untuk tidak ke luar negeri. Sebab, secara aturan, pemerintah tidak bisa melarang warga negara Indonesia ke luar negeri.

"Mohon pengertian dan kesadaran masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah agar tidak ke luar negeri. Sebab melarang WNI bepergian keluar negeri tidak mungkin dilakukan pemerintah, karena akan melanggar UU Keimigrasian,” tegas Menlu.

Menurut UU 6/2011 tentang Keimigrasian, pada Pasal 2 ditegaskan bahwa setiap WNI berhak melakukan perjalanan keluar dan masuk wilayah Indonesia.

Selanjutnya Pasal 16 mengatur bahwa seseorang dapat ditolak keluar wilayah Indonesia jika memenuhi tiga syarat.

Pertama, tidak memiliki dokumen perjalanan yang sah dan masih berlaku.

Kedua, yang bersangkutan masih diperlukan untuk kepentingan penyelidikan atau penyidikan berdasarkan permintaan instansi atau pejabat berwenang. Ketiga, namanya tercantum dalam daftar pencegahan.

Oleh karena itu, lanjut Menlu, yang dilakukan pemerintah adalah mengimbau agar masyarakat tidak bepergian ke luar negeri kecuali untuk hal-hal yang sangat mendesak. “Imbauan dan anjuran tersebut sudah dilakukan berkali-kali oleh pemerintah. Ini memerlukan kerja sama dan kesadaran masyarakat,” pintanya.

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) menjadi penyebab lonjakan kasus Covid-19, terutama varian Omicron di Indonesia, saat ini.

“Pada 9 Januari, misalnya, di Jakarta terdapat 339 kasus positif Covid-19. Dari jumlah itu 300 di antaranya adalah para pelaku perjalanan luar negeri,” ungkap Luhut, Senin (10/1/2022).

Dalam penjelasan yang disampaikan kemarin, Menkes menyebutkan, positivity rate kasus Covid-19 yang dibawa PPLN mencapai 13%, atau 65 kali lipat dibandingkan transmisi lokal yang hanya 0,2%. Hal itu memicu penyebaran Covid-19 varian Omicron didominasi oleh PPLN.

Menurut Menkes, data tersebut memperkuat hipotesis bahwa sebagian besar kasus Omicron disebabkan kedatangan dari luar negeri. Paling banyak kasus Omicron saat ini berasal dari Arab Saudi, Turki, Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kanada Akan Larang Peralatan Teknologi 5G Huawei dan ZTE

Kanada akan mengumumkan larangan penggunaan peralatan Huawei Technologies Co Ltd dan ZTE Corp 5G Tiongkok

NEWS | 20 Mei 2022

Angkut Susu Formula Bayi, AS Kerahkan Jet Militer

Amerika Serikat (AS) akan mengangkut susu formula bayi dengan jet militer. Departemen Pertahanan AS juga akan mengontrak pesawat komersial

NEWS | 20 Mei 2022

Tingkatkan Budaya Literasi, Website Denny JA World Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website Denny JA's World untuk meningkatkan budaya literasi di Indonesia yang dinilai masih rendah.

NEWS | 20 Mei 2022

Sekretaris KONI Kabupaten Bogor Diperiksa Terkait Ade Yasin

Sekretaris KONI Kabupaten Bogor Rieke Iskandar alias Akew dipanggil oleh tim penyidik KPK terkait kasus dugaan suap yang menjerat Ade Yasin.

NEWS | 20 Mei 2022

Peringatan Harkitnas Diharapkan Tak Sekadar Seremonial

Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro memimpin langsung upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).

NEWS | 20 Mei 2022

Kasus Demam Berdarah Kota Bogor Naik 570% Dibanding 2021

alam 5 bulan terakhir, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor mencatat 563 kasus demam berdarah dengue (DBD). Jumlah itu naik 570% dibanding 2021.

NEWS | 20 Mei 2022

KPK Periksa Rombongan Kepala Dinas soal Izin Alfamidi Ambon

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap rombongan kepala dinas pada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

NEWS | 20 Mei 2022

Afrika Alami Wabah Cacar Monyet Selama Pandemi Covid

Afrika telah mengalami wabah cacar monyet selama Covid. Sejumlah kasus virus kini telah dilaporkan di Inggris, Amerika Serikat (AS), Portugal, dan Spanyol.

NEWS | 20 Mei 2022

Finlandia Tolak Tampung Senjata Nuklir dan Pangkalan NATO

Finlandia menolak Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) untuk menampung senjata nuklir atau mendirikan pangkalan militer di wilayahnya.

NEWS | 20 Mei 2022

Sindir Koalisi Indonesia Bersatu, PDIP: Terlalu Awal

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto merespons terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu. PDIP menilai koalisi tersebut terlalu awal.

NEWS | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Banjir 2 Meter Rendam Ribuan Rumah di Kutai Kartanegara

Banjir 2 Meter Rendam Ribuan Rumah di Kutai Kartanegara

NEWS | 24 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings