Logo BeritaSatu

Muncul Klaster PTM, Ini Respons Kemendikbudristek

Kamis, 2 Desember 2021 | 15:48 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Pelaksana Tugas (Plt) Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Anang Ristanto mengatakan munculnya klaster Covid-19 pada pembelajaran tatap muka (PTM) di Yogyakarta dan Medan telah dikoordinasikan dengan Kemendikbudristek.

Anang menyebutkan, Kemendikbudristek telah berkoordinasi dengan dinas pendidikan (diknas) di kedua wilayah itu.

“Koordinasi selalu dilakukan jika terdeteksi adanya kasus warga satuan pendidikan yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk konfirmasi. Pemantauan kasus dilakukan melalui dashboard sekolah aman,” kata Anang saat dihubungi Beritasatu.com, Kamis (2/12/2021).

Ketika ditanya terkait sumber penyebab muncul klaster PTM terbatas di kedua wilayah tersebut, Anang enggan menjawab. Selanjutnya, Anang menuturkan, upaya pencegahan penularan Covid-19 pada PTM terbatas dilakukan melalui kerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Satgas Penanganan Covid-19 sesuai aturan di dalam SKB 4 Menteri.

Dikatakan Anang, strategi pemerintah saat ini adalah surveilans yg lebih aktif. Salah satunya adalah random testing di sekolah. “Ini bagus agar dapat dilakukan pencegahan penularan lebih masif,” ucapnya.

Ia menambahkan, pengawasan penerapan protokol kesehatan (prokes) harian dengan daftar tilik dan pelaporan hasil observasi temuan gejala Covid-19 harian dilakukan oleh satgas Covid-19 satuan pendidikan melalui aplikasi survei PTM yang sudah ada.

Selain itu, dilengkapi dengan fitur pelaporan kasus suspect yang terhubung dengan puskesmas, dinkes, dan disdik, serta juga dengan pusat yakni Kemendikbudristek dan Kemenkes.

Anang menuturkan, dalam sistem pendataan Kemendikbudristek yang baru saat ini, seluruh warga satuan pendidikan datanya sudah terintegrasi dengan aplikasi Peduli Lindungi. Di mana satuan pendidikan akan mendapatkan notifikasi melalui WhatsApp jika ada warga sekolahnya yang masuk dalam daftar hitam.

“Kami juga menekankan bahwa PTM terbatas dilakukan atas seizin orang tua tanpa adanya paksaan maupun sanksi. Kunci pencegahan penularan adalah disiplin penerapan dan pelaksanaan protokol kesehatan dari semua pihak,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Solusi Dua Negara Israel dan Palestina Harus Terus Disuarakan

Solusi dua negara Israel dan Palestina dengan posisi yang setara harus terus disuarakan, demi terciptanya perdamaian di kawasan Timur Tengah.

NEWS | 29 September 2022

PGRI Dorong Penuntasan Tunjangan Profesi bagi 1,6 Juta Guru

PGRI mendorong pemerintah melalui Kemendikbudristek guna menuntaskan 1,6 juta guru yang belum mendapatkan tunjangan profesi.

NEWS | 29 September 2022

Satgas Berupaya Evakuasi Terduga Teroris DPO MIT Poso

Personel kepolisian berusaha mengevakuasi jasad terduga teroris Askara alias Pak Guru yang masuk daftar pencarian orang (DPO) Mujahidin Indonesia Timur.

NEWS | 29 September 2022

Ibunda Brigadir J Harap Penegak Hukum Bekerja Jujur

Ibunda Brigadir J, Rosti Simanjuntak berharap penegak hukum bekerja dengan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya.

NEWS | 29 September 2022

Mbah Mijan Sebut Lesti Kejora dan Rizky Billar Jodoh Panjang, Warganet Bereaksi

"Lesti Kejora dan Rizky Billar berjodoh panjang, Mbah doakan yang terbaik," kata Mbah Mijan dalam akun Twitter pribadinya.

NEWS | 29 September 2022

HT Dikukuhkan Jadi Ketua Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso

Ketua UmumPerindo Hary Tanoesoedibjo (HT) dikukuhkan sebagai ketua Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso (Apmiso) Nusantara.

NEWS | 29 September 2022

PGRI Minta UU Guru dan Dosen Dikeluarkan dari RUU Sisdiknas

PB PGRI meminta pemerintah untuk mengeluarkan Undang-Undang Guru dan Dosen dari Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas).

NEWS | 29 September 2022

Pertemuan Airlangga dan Puan Akan Buka Peluang Koalisi PDIP-KIB

Pertemuan Airlangga-Puan akan membuka peluang koalisi PDIP dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

NEWS | 29 September 2022

Pakar Hukum Nilai Putri Candrawathi Seharusnya Ditahan

Pakar hukum pidana dari Unsoed, Prof Hibnu Nugroho menilai istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi seharusnya ditahan sebagai bentuk kesamaan di mata hukum.

NEWS | 29 September 2022

Satu Terduga Teroris Poso Berhasil Dilumpuhkan Satgas

Satgas Madago Raya berhasil melumpuhkan satu orang anggota terduga teroris kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Apa Itu KDRT? Lakukan Ini Jika Anda Terjebak di Dalamnya

Apa Itu KDRT? Lakukan Ini Jika Anda Terjebak di Dalamnya

LIFESTYLE | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings