Logo BeritaSatu

Unilever Berkomitmen Dukung Peningkatan Kesehatan Masyarakat

Kamis, 2 Desember 2021 | 11:55 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - PT Unilever Indonesia Tbk menegaskan komitmen untuk berkontribusi membantu upaya-upaya peningkatan kesehatan masyarakat di setiap negara tempat beroperasi, termasuk di Indonesia.

Kristy Nelwan, Head of Communication PT Unilever Indonesia, Tbk menyampaikan, Unilever Indonesia percaya bahwa sanitasi yang baik adalah hak bagi seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.

"Sejalan dengan strategi kami dalam The Unilever Compass, kami berkomitmen untuk berkontribusi membantu upaya-upaya peningkatan kesehatan masyarakat di setiap negara tempat kami beroperasi, termasuk di Indonesia. Persoalan sanitasi di Indonesia sangat penting untuk diatasi secara terstruktur secara bersama-sama," ujar Kristy Nelwan di sesi penutup program mentoring Every U Does Good Heroes," Rabu (1/12/2021).

Peran generasi muda untuk mengatasi masalah ini sangat penting. Pasalnya salah satu dampak buruk utama dari
persoalan sanitasi tersebut adalah munculnya berbagai penyakit berbahaya, termasuk stunting. Jika melihat faktanya di Indonesia, 1 dari 3 anak di negara ini menderita stunting. Sebanyak 70% kasus stunting tersebut datang dari sanitasi yang buruk. Penyelesaian persoalan ini merupakan tanggung jawab kolektif seluruh elemen. Tidak hanya untuk menekan angka stunting, tetapi juga untuk mendukung akses sanitasi yang lebih baik di Indonesia karena kedua hal tersebut saling berkaitan erat satu sama lain.

"Program Every U Does Good Heroes dimana generasi muda yang memiliki kepedulian akan isu ini bisa mendapatkan bekal yang bermanfaat bagi mereka dalam menjalankan program di masyarakat, sehingga cita-cita kita semua untuk menjadikan Indonesia yang semakin sehat akan lebih cepat terlaksana,” ujarnya.

Salah satu pegiat isu sanitasi dan stunting adalah Stevia Angesty. Kiprah Stevia Angesty dimulai saat ia berkunjung ke beberapa pelosok daerah dan menemui anak-anak terkena diare dan tumbuh dengan kondisi kurang gizi, termasuk kasus stunting yang cukup tinggi. Ternyata salah satu penyebabnya adalah fasilitas sanitasi yang tidak memadai.

Berangkat dari hal tersebut, Stevia mendirikan Feelwell Ceramics (FWC) pada tahun 2016. Melalui sesi mentoring kali ini, penerima penghargaan dari Kantor Staf Presiden RI tahun 2019 tersebut mengajak seluruh peserta terpilih untuk memandang isu sanitasi dengan lebih kritis sehingga dapat melahirkan ide-ide yang mampu berdampak positif pada kesehatan masyarakat.

Pada implementasinya, Stevia juga menekankan pentingnya pendanaan dan manajemen gerakan yang baik.

“Merujuk pada data nasional, 78 juta orang di Indonesia tidak memiliki akses pada sanitasi yang baik. Feelwell Ceramics (FWC) hadir dengan semangat untuk menekan angka stunting di Indonesia dengan menyediakan akses sanitasi yang baik melalui 'Toilet untuk Semua'. Kami telah memberikan akses toilet ke lebih dari 2 juta orang di Indonesia untuk membantu tumbuh
kembang anak dan menekan angka stunting. Selama perjalanannya, kami belajar bahwa pendanaan dan manajemen sebuah gerakan memiliki peran penting dalam menghasilkan sebuah gerakan yang memiliki dampak berkelanjutan,” ujar Stevia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

Biden juga menjamin bahwa Amerika tidak akan pernah mengakui wilayah pencaplokan di Ukraina sebagai bagian dari Rusia.

NEWS | 1 Oktober 2022

Resolusi PBB Bela Ukraina Langsung Diveto Rusia

Meskipun hanya Rusia yang menentang, tetapi dia adalah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan yang punya hak veto.

NEWS | 1 Oktober 2022

Zelensky Minta Jalur Prioritas Jadi Anggota NATO

Jika Ukraina menjadi anggota NATO, maka negara-negara Barat termasuk Amerika Serikat bisa membelanya dalam perang melawan Rusia saat ini.

NEWS | 1 Oktober 2022

Poin-poin Pidato Putin Soal Pencaplokan 4 Wilayah Ukraina

Dalam pidatonya Putin menegaskan bahwa pencaplokan itu sudah permanen dan tidak bisa dinegosiasikan.

NEWS | 1 Oktober 2022

PKB dan Gerindra Tunggu Hari Baik Umumkan Capres-Cawapres

PKB dan Gerindra tinggal menunggu hari baik untuk mengumumkan capres dan cawapres yang akan mereka usung di Pilpres 2024.

NEWS | 1 Oktober 2022

Jumat Berkah, Sahabat Ganjar Salurkan Paket Sembako

Sahabat Ganjar, relawan Ganjar Pranowo, menggelar Jumat Berkah dengan menyalurkan bantuan di Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Soppeng.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ketua MA Sebut Kasus Hakim Sudrajad Dimyati Momentum Perbaiki Kinerja Peradilan

Ketua Mahkamah Agung (MA), M Syarifuddin menyatakan kasus Sudrajad Dimyati yang dijerat KPK menjadi momentum untuk memperbaiki kinerja peradilan.

NEWS | 30 September 2022

Alasan Bawaslu Hentikan Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye Anies Baswedan

Anggota Bawaslu Puadi mengungkapkan alasan pihaknya menghentikan laporan dugaan pelanggaran kampanye Anies Baswedan terkait tabloid KBA Newspaper.

NEWS | 30 September 2022

KPK Ungkap Ada Pihak yang Bangun Opini agar Lukas Enembe Hindari Pemeriksaan

KPK mengungkapkan adanya pihak yang membangun opini agar Gubernur Papua, Lukas Enembe menghindari pemeriksaan sebagai tersangka. 

NEWS | 30 September 2022

Fadel Muhammad Akhirnya Laporkan La Nyalla ke Badan Kehormatan DPD

Wakil Ketua MPR dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fadel Muhammad akhirnya melaporkan Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalliti ke BK DPD.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

NEWS | 2 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings