Logo BeritaSatu

Perkuat Sinergisitas, Panglima TNI Silaturahmi ke Kapolri

Selasa, 23 November 2021 | 17:06 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyambangi Mabes Polri dan bersilaturahim dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta jajaran, Selasa (23/11/2021). Dalam pertemuan tersebut, terdapat sejumlah hal yang dibahas untuk memperkuat sinergisitas dan soliditas TNI-Polri.

"Saya datang kepada Kapolri di Mabes Polri untuk secara resmi menyampaikan apa yang mungkin Bapak Kapolri dan staf yang selama ini sudah beroperasi punya pesan atau evaluasi yang perlu saya tahu, jadi supaya apa, supaya dalam memulai tugas saya ini, saya bisa langsung melakukan perbaikan-perbaikan berdasarkan masukan dari kapolri, khususnya hub tugas yang memang melibatkan kedua institusi. Itu saja secara umum," kata Andika.

Pertemuan ini merupakan yang pertama kali setelah Andika dilantik sebagai Panglima TNI pada Rabu (17/11/2021) lalu. Andika mengatakan TNI dan Polri akan terus menjalankan tugas-tugas yang menjadi fokus pemerintah. Salah satunya membantu percepatan vaksinasi Covid-19 di sejumlah daerah yang belum mencapai 50%.

"Sesuai instruksi Bapak Presiden adalah mengejar provinsi-provinsi yang vaksinasinya belum mencapai 50 persen. Jadi itu yang dalan waktu dekat, seminggu dua minggu ini akan kita berusaha kejar, supaya mereka bisa mengikuti provinsi-provinsi lain, melebihi 50% dan bahkan di akhir tahun sesuai dengan target yang sudah dipatok pemerintah 70 persen," kata Andika.

Selain vaksinasi, dalam pertemuan itu, Andika dan Listyo juga membahas penanganan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di sejumlah daerah, termasuk Papua. Namun, Andika belum dapat menyampaikan secara rinci mengenai hal tersebut.

"(Soal Papua) Pasti. Pasti. Tapi nanti mudah-mudahan minggu depan saya ke Papua, saya akan umumkan di sana. Pasti itu, tadi utamanya termasuk itu," kata Andika.

Andika akan menyampaikan lebih rinci mengenai konsep penanganan gangguan keamanan di Papua saat kunjungan ke sana pekan depan. Yang pasti, Andika mengatakan, saat pertemuan tadi dibahas mengenai pola pendekatan yang baru dalam persoalan di Papua.

"Karena kan di sana juga ada overlapping tugas yang dilakukan dua instituti TNI dan Polri dan itu kita bahas cukup detil tadi, dan nanti saya akan ke sana karena Papua juga termasuk yang tingkat vaksinasinya di bawah 50 persen. Minggu depan saya akan ke sana, untuk berusaha mempercepat presentase vaksinasi, tapi juga akan menjelaskan konsep yang baru. Tadi sudah pembicaraan yang detail dengan Kapoli, bagaimana masing-masing," katanya.

Dalam kesempatan ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, terdapat sejumlah hal yang didiskusikan dalam pertemuannya dengan Andika. Melalui pertemuan ini, Listyo berharap dapat meningkatkan sinergisitas dan soliditas TNI dan Polri dalam menjalankan tugas yang diberikan pemerinah.

"Kami bersama pejabat Mabes Polri menerima bapak Panglima TNI yang baru dan tentunya banyak hal yang tadi kita diskusikan bagaimana beberapa hal yang akan kita tingkatkan ke depan, seperti sinergisitas, kemudian soliditas TNI-Polri dan juga bagaimana kita bersama-sama menyelesaikan tugas-tugas yang selama ini menjadi tugas yang diberikan oleh pemerintah khususnya Bapak Presiden kepada kami berdua, kepada TNI-Polri," kata Listyo.

Dikatakan Listyo, Polri dan TNI bersepakat untuk mengejar target vaksinasi nasional 70 persen pada akhir Desember nanti. Selain itu, Polri dan TNI juga bersepakat mengubah paradigma pola-pola penanganan gangguan keamanan seperti di Papua dan Poso.

"Dan kegiatan-kegiatan lain yang kita bangun dan tingkatkan untuk memperkuat, dan membesarkan apa yang selama ini sudah kita jalin khususnya dalam hal sinersigitas dan soliditas. Dalam hal pendidikan baik di tingkat bawah dan hingga tingkat atas yang sudah kita diskusikan dan beberapa waktu ini sudah berjalan dengan baik. Kami dan seluruh jajaran mengucapkan selamat kepada bapak panglima TNI yang baru dan kami siap untuk terus bekerja sama, bersinergi meningkatkan soliditas untuk menjaga stabilitas keamanan negara, keamanan masyarakat dan juga menyukseskan program-program pemerintah khususnya dalam hal penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi nasional dan tugas-tugas lain yang tentunya akan menjadi tugas kita bersama," kata Listyo.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anggota DPR Intan Fauzi Ajak Kaum Milenial dan Gen Z Gabung Parpol

Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi mengatakan dengan bergabung parpol, kaum muda bisa berperan sebagai pengambil kebijakan.

NEWS | 1 Oktober 2022

KPU: Parsindo Tidak Perbaiki Hasil Verifikasi Administrasi

KPU mengungkapkan Parsindo, yang sudah sampai pada tahapan verifikasi administrasi, tidak menyerahkan hasil perbaikannya.

NEWS | 1 Oktober 2022

Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

Biden juga menjamin bahwa Amerika tidak akan pernah mengakui wilayah pencaplokan di Ukraina sebagai bagian dari Rusia.

NEWS | 1 Oktober 2022

Resolusi PBB Bela Ukraina Langsung Diveto Rusia

Meskipun hanya Rusia yang menentang, tetapi dia adalah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan yang punya hak veto.

NEWS | 1 Oktober 2022

Zelensky Minta Jalur Prioritas Jadi Anggota NATO

Jika Ukraina menjadi anggota NATO, maka negara-negara Barat termasuk Amerika Serikat bisa membelanya dalam perang melawan Rusia saat ini.

NEWS | 1 Oktober 2022

Poin-poin Pidato Putin Soal Pencaplokan 4 Wilayah Ukraina

Dalam pidatonya Putin menegaskan bahwa pencaplokan itu sudah permanen dan tidak bisa dinegosiasikan.

NEWS | 1 Oktober 2022

PKB dan Gerindra Tunggu Hari Baik Umumkan Capres-Cawapres

PKB dan Gerindra tinggal menunggu hari baik untuk mengumumkan capres dan cawapres yang akan mereka usung di Pilpres 2024.

NEWS | 1 Oktober 2022

Jumat Berkah, Sahabat Ganjar Salurkan Paket Sembako

Sahabat Ganjar, relawan Ganjar Pranowo, menggelar Jumat Berkah dengan menyalurkan bantuan di Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Soppeng.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ketua MA Sebut Kasus Hakim Sudrajad Dimyati Momentum Perbaiki Kinerja Peradilan

Ketua Mahkamah Agung (MA), M Syarifuddin menyatakan kasus Sudrajad Dimyati yang dijerat KPK menjadi momentum untuk memperbaiki kinerja peradilan.

NEWS | 30 September 2022

Alasan Bawaslu Hentikan Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye Anies Baswedan

Anggota Bawaslu Puadi mengungkapkan alasan pihaknya menghentikan laporan dugaan pelanggaran kampanye Anies Baswedan terkait tabloid KBA Newspaper.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Anggota DPR Intan Fauzi Ajak Kaum Milenial dan Gen Z Gabung Parpol

Anggota DPR Intan Fauzi Ajak Kaum Milenial dan Gen Z Gabung Parpol

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings