Logo BeritaSatu

Pakar Minta Kampus Proaktif Cegah Mahasiswa dari Narkoba

Kamis, 14 Oktober 2021 | 19:31 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Guru Besar Pengetahuan Ekonomi pada Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII) Edy Suandi Hamid mendorong pihak kampus, aparat berwajib, dan masyarakat untuk proaktif untuk mencegah meluasnya penggunaan narkoba di kalangan generasi muda khususnya mahasiswa.

“Kampus bukan saja mendeteksi sejak calon mahasiswa akan masuk (berkuliah) dengan surat bebas narkoba dan membuat pakta integritas untuk tidak mengonsumsi narkoba ini, melainkan juga aktif melakukan edukasi dalam setiap jenjang pembinaan yang ada di kampus (lembaga kemahasiswaan, prodi, fakultas, universitas), serta secara berkala melakukan semacam razia pada tempat-tempat pertemuan yang banyak digunakan mahasiswa di kampus,” kata Edy saat dihubungi Beritasatu.com, Kamis (14/10/2021).

Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) ini menyebutkan, kasus di Universitas Sumatera Utara (USU) bisa juga terjadi di kampus lainnya. Pasalnya, beberapa tahun lalu pernah ditangkap seorang guru besar yang mengonsumsi narkoba. “Ini jelas sangat membahayakan,” ucapnya.

Menurut Edy, mahasiswa bukan saja terlibat sebagai konsumen, tetapi yang lebih berbahaya lagi jika mereka terlibat sebagai jaringan pengedar. Pasalnya, mahasiswa menjadi sasaran utama pemasaran narkoba.

“Ini karena mereka memiliki potensi daya beli, dan setelah lulus bekerja mereka akan tetap tergantung mengkonsumsi barang haram tersebut,” ucapnya.

“Ini multiplier effect-nya sangat besar, karena mereka bisa menarik konsumen dan pengedar yang lebih banyak di kampus,” tambahnya.

Oleh karena itu, Edy meminta pihak aparat berkoordinasi dengan kampus untuk kendalikan ini. Dikatakan, beberapa tahun terakhir ini sudah ada organisasi aliansi relawan perguruan tinggi anti penyalahgunaan narkoba (Artipena).

“Ini bisa digalakkan di semua kampus. Sayangnya masih sangat terbatas gerakannya,” paparnya.

Sebelumnya, Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nizam mengakui pihak USU memang sengaja bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara (Sumut) guna membersihkan kampus dari narkoba.

Menurutnya, pemerintah pusat melalui Kemendikbudristek menyatakan bahwa perguruan tinggi selama ini sudah bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam upaya memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan kampus.

"Dari laporan yang saya terima dari rektor USU, pimpinan USU sedang menyiapkan perkuliahan tatap muka (PTM) di USU dan berkoordinasi dengan BNN untuk membersihkan kampus dari narkoba. Rektor USU bersurat ke BNN pada 30 September 2021 untuk melakukan pembersihan kampus dari narkoba melalui razia tempat-tempat yang ditengarai sebagai tempat transaksi," katanya ketika dihubungi Beritasatu.com, Selasa (12/10/2021).

Dijelaskan pada Sabtu (9/10/2021) malam, setelah koordinasi antara BNN Sumut dan USU (tim aset), setelah itu dilakukan razia di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) USU oleh BNN terkait narkoba. Dari razia itu data sementara yang terjaring 42 orang, setelah tes urine 31 positif dan ditahan 19 orang mahasiswa USU dan alumni USU 12 orang. Sampai saat ini, tim USU masih berkoordinasi dan berdiskusi dengan BNN untuk tindakan ke mahasiswa tersebut.

Saat ini USU terus bekerja sama dengan BNN secara rutin untuk membersihkan lokasi-lokasi di kampus yang selama ini diduga digunakan mahasiswa dan pihak luar. Koordinasi dengan BNN adalah upaya USU agar tidak memberikan ruang lagi bagi mahasiswa dan orang luar menggunakan narkoba di dalam kampus.

"Kami mengimbau mahasiswa dan seluruh warga kampus untuk tidak sekali-kali mendekati narkoba. Gunakan waktu dan energi para mahasiswa untuk kegiatan-kegiatan yang positif dan sehat. Bersungguh-sungguhlah membangun masa depan yang cerah gemilang," ajak Nizam kepada para mahasiswa secara luas.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

NEWS | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings