Logo BeritaSatu

Asah Kreativitas Siswa, Ipeka Balikpapan Gelar "BIC 2021"

Jumat, 1 Oktober 2021 | 21:27 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Balikpapan, Beritasatu.com - Sekolah Kristen Ipeka Balikpapan menggelar "Balikpapan Ipeka Cup (BIC) 2021” secara daring mulai 18 September 2021 hingga 2 Oktober 2021.

BIC 2021 merupakan ajang perlombaan digital yang mempertandingkan cabang-cabang seni untuk murid SD hingga SMA. Sejak terakhir diadakan pada 2013 dan bersifat lokal atau onsite, kali ini BIC hadir kembali dengan format daring yang pesertanya menjangkau seluruh jaringan sekolah Ipeka serta sekolah lainnya se-Indonesia.

BIC 2021 menjadi kegiatan kompetisi seni yang diselenggarakan pertama secara nasional oleh Sekolah Kristen Ipeka Balikpapan.

Pandemi Covid-19 berdampak terhadap banyaknya kegiatan yang harus terhenti sementara. Hal ini menyebabkan berkurangnya interaksi dan aktivitas murid terutama yang berkaitan dengan kreativitas.

Sekolah Kristen Ipeka Balikpapan berkomitmen menyediakan wadah bagi murid untuk mengasah kreativitas melalui BIC.

“BIC merupakan sebuah wadah yang dibuat untuk memfasilitasi para murid mengembangkan potensi yang dimiliki. Tidak hanya terbatas di bidang akademis, namun BIC mendorong para murid mengembangkan potensi dalam hal seni,” ujar Alfian Samudra, Koordinator Lokasi Sekolah Kristen Ipeka Balikpapan, dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, Jumat (1/10/2021).

Asah Kreativitas Siswa, Ipeka Balikpapan Gelar

Hasil video peserta lomba Storytelling yang diunggah di kanal youtube Sekolah Ipeka Balikpapan.

Alfian menjelaskan, BIC 2021 mengangkat tema "Rise Up" yang memiliki arti bangkit. Masa pandemi dinilai tidak boleh mengubur potensi yang dimiliki murid. Mereka harus terus berkreativitas, berkarya, dan mengembangkan potensinya apapun situasinya, baik di bidang akademis maupun seni.

Selain perlombaan, BIC 2021 juga menjadi ajang diperkenalkannya SMAK Ipeka Balikpapan yang mulai beroperasi pada tahun 2021.

Harapannya melalui kegiatan ini, Sekolah Kristen Ipeka Balikpapan dapat dikenal masyarakat sebagai tempat bagi para murid memperoleh pendidikan yang baik serta mengembangkan setiap potensi yang dimiliki.

Total terdapat enam cabang perlombaan di BIC 2021, diantaranya Storytelling, Solo Vocal, Poster Design, Podcast, Photography, dan Band dengan 218 murid dari 44 sekolah di 15 kota dan 12 provinsi di Indonesia yang menjadi peserta pada perlombaan virtual ini.

Virtual Opening Ceremony BIC 2021 dilaksanakan pada 18 September 2021 yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Muhaimin MT.

"Kami menyambut gembira dan mengucapkan selamat atas dilaksanakannya BIC 2021 ini. Kami melihat kegiatan ini sangat menarik dan lomba-lomba yg dihadirkan walaupun secara virtual, ini selaras dengan kegiatan kami yaitu Festival Lomba Seni murid Nasional (FLS2N),” ujar Muhaimin saat membuka BIC 2021.

"Oleh sebab itu, saya berpesan kepada seluruh peserta terutama kepada anak-anak kita di Balikpapan dan juga di Ipeka untuk mengikuti kegiatan BIC 2021 ini dengan maksimal. Karena ini akan menjadi bekal untuk mengikuti FLS2N di tingkat kota serta nantinya di tingkat provinsi,” tambahnya.

BIC 2021 memperebutkan total Rp 25 juta bagi para pemenang yang akan diumumkan bersamaan dengan closing ceremony pada 2 Oktober 2021.

Ketua Panitia BIC 2021, Basten Sanjaya, menambahkan, tema "Rise Up" pada pelaksanaan BIC 2021 juga bermakna agar anak atau murid dapat mengekspresikan dirinya sesuai potensi yang dimiliki. Meskipun dalam situasi pandemi, anak-anak harus selalu bersemangat.

"Sekolah Kristen Ipeka Balikpapan melalui BIC 2021 ingin mendorong para murid di seluruh Indonesia agar memiliki semangat untuk bangkit dalam berkreativitas dan mengembangkan potensi yang dimiliki di situasi terbatas atau sulit sekalipun," tandas Basten Sanjaya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Timnas Basket


# SEA Games


# Ganjar Pranowo


# Kapal Drone


# Jokowi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Data Nasional Penerima Vaksin Covid-19 sampai 23 Mei 2022

Data Nasional Penerima Vaksin Covid-19 sampai 23 Mei 2022

NEWS | 1 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings