Logo BeritaSatu

Panen Jagung di Pelosok, Pengamat: Bukti 2,3 Juta Ton Ada

Sabtu, 25 September 2021 | 17:58 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Pada akhir minggu ini, berita terkait tingginya harga pakan ternak dan rencana impor jagung menjadi topik yang hangat dan diperbincangkan masyarakat. Tapi, perlu diketahui, ketersediaan jagung saat ini ternyata dalam kondisi melimpah, seiring panen raya di musim kedua yang terus berlangsung.

Hal ini seperti yang disampaikan Pengamat Pangan dari Universitas Andalas, Muhammad Makky dalam kesempatan bincang hangat di daerah Padang, Sumatera Barat. Menurutnya, sejak beberapa tahun terakhir, pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) berhasil menjalankan program ketahanan pangan dimana jagung termasuk komoditi yang menjadi prioritas utama, di samping padi dan kedelai (Pajale).

"Bila dilihat dari data BPS, maka rata-rata produktivitas jagung nasional mencapai 54,74 ku/ha pada tahun 2020. Dengan sumber data yang sama juga tercatat pertumbuhan produksi jagung nasional periode 2018-2020 mengalami pertumbuhan rata-rata 3,97 persen /tahun. Di lain sisi, serapan komoditas jagung juga meningkat setiap tahunnya," ujar Makky, Sabtu (25/9/2021).

Makky mengatakan, konsumsi jagung untuk pakan meningkat rata-rata 6,09 persen /tahun. Pertumbuhan konsumsi jagung pakan ini berdampak kepada resiko berkurangnya surplus neraca jagung, sehingga memberi peluang terhadap penimbunan yang dilakukan spekulan.

"Kondisi ini sebenarnya telah diantisipasi dari awal tahun oleh Kementan. Misalnya, pengelola korporasi petani khusus jagung di NTB yang memastikan stok jagung dalam kondisi melimpah. Hal serupa juga disampaikan Dinas Tanaman Pangan Banyumas, dimana panen jagung di bulan September ini mencapai 650 hektare dan 800 hektare untuk bulan Oktober dengan rata rata produktivitas 6,5 ton /ha," katanya.

Dari hasil catatanya, Kabupaten Tangerang panen jagung pada minggu ini seluas 35 hektare. Di Majalengka, panen jagung minggu ini mencapai 75 hektare. Di pekalongan, panen jagung mencapai 50 hektare. Di kabupaten Blora seluasan 105 hektar. Di Grobogan, jagung siap panen mencapai 130 hektare. Di daerah Brebes, luas panen mencapai 275 hektare dan di Tegal mencapai 1.000 hektare.

"Dengan demikian, pernyataan Menteri Pertanian bahwa saat ini terdapat 2,3 juta ton stok jagung itu benar adanya karena didukung oleh bukti empirik di lapangan. Ditambah lagi, sebagian besar petani jagung saat ini bersyukur dengan membaiknya harga pembelian. Hal ini telah membantu perekonomian mereka khususnya selama pandemic Covid-19 ini melanda," tutupnya.

Sementara itu, untuk menjawab keraguan pasokan dan stok jagung pakan ternak, beberapa wilayah sentra jagung mulai melakukan panen raya dan menunjukkan ke publik bahwa jagung masih melimpah pasokannya. Laporan dari petugas dinas pertanian, penyuluh maupun petani yang masuk melaporkann bahwa semakin banyak lahan jagung siap panen dalam beberapa waktu kedepan.

Berdasarkan angka prognosa secara nasional, Pada bulan September-November ini diperkirakan panen jagung mencapai 826.367 ha dengan produksi 3.745.928 ton. Adapun bulan Januari-November 2021 perkiraan luas panen jagung di Indonesia 4,2 juta hektar dengan produksi 17,5 juta ton pipilan kering.

Sebagai catatan beberapa sentra besar melaporkan panen di wilayah masing-masing. Seperti Grobogan bulan September panen seluas 27.432 hektar dengan produksi 126.592 ribu ton. Di Oktober 8.712 hektar dengan produksi 40.204 ton. Di Lampung Timur bulan September panen seluas 30.349 hektar dengan produksi 140.810 ton. Di Oktober 8.703 hektar dengan produksi 40.379 ribu ton.

Sentra berikutnya yang besar di Sumbawa bulan September panen seluas 6.675 hektar dengan produksi 32.918 ton. Kemudian di Janeponto Sulsel bulan September panen seluas 6.612 hektar dengan produksi 17.506 ton. Di Oktober 2.713 hektar dengan produksi 5.7019 ton.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rizky Billar Makan Omongannya Sendiri tentang Selingkuh

"Seorang pernah berkata, Selingkuh itu murah, maka hanya dilakukan oleh orang murahan," ucap Rizky Billar.

NEWS | 1 Oktober 2022

Anggota DPR Intan Fauzi Ajak Kaum Milenial dan Gen Z Gabung Parpol

Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi mengatakan dengan bergabung parpol, kaum muda bisa berperan sebagai pengambil kebijakan.

NEWS | 1 Oktober 2022

KPU: Parsindo Tidak Perbaiki Hasil Verifikasi Administrasi

KPU mengungkapkan Parsindo, yang sudah sampai pada tahapan verifikasi administrasi, tidak menyerahkan hasil perbaikannya.

NEWS | 1 Oktober 2022

Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

Biden juga menjamin bahwa Amerika tidak akan pernah mengakui wilayah pencaplokan di Ukraina sebagai bagian dari Rusia.

NEWS | 1 Oktober 2022

Resolusi PBB Bela Ukraina Langsung Diveto Rusia

Meskipun hanya Rusia yang menentang, tetapi dia adalah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan yang punya hak veto.

NEWS | 1 Oktober 2022

Zelensky Minta Jalur Prioritas Jadi Anggota NATO

Jika Ukraina menjadi anggota NATO, maka negara-negara Barat termasuk Amerika Serikat bisa membelanya dalam perang melawan Rusia saat ini.

NEWS | 1 Oktober 2022

Poin-poin Pidato Putin Soal Pencaplokan 4 Wilayah Ukraina

Dalam pidatonya Putin menegaskan bahwa pencaplokan itu sudah permanen dan tidak bisa dinegosiasikan.

NEWS | 1 Oktober 2022

PKB dan Gerindra Tunggu Hari Baik Umumkan Capres-Cawapres

PKB dan Gerindra tinggal menunggu hari baik untuk mengumumkan capres dan cawapres yang akan mereka usung di Pilpres 2024.

NEWS | 1 Oktober 2022

Jumat Berkah, Sahabat Ganjar Salurkan Paket Sembako

Sahabat Ganjar, relawan Ganjar Pranowo, menggelar Jumat Berkah dengan menyalurkan bantuan di Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Soppeng.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ketua MA Sebut Kasus Hakim Sudrajad Dimyati Momentum Perbaiki Kinerja Peradilan

Ketua Mahkamah Agung (MA), M Syarifuddin menyatakan kasus Sudrajad Dimyati yang dijerat KPK menjadi momentum untuk memperbaiki kinerja peradilan.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rizky Billar Makan Omongannya Sendiri tentang Selingkuh

Rizky Billar Makan Omongannya Sendiri tentang Selingkuh

NEWS | 18 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings