Logo BeritaSatu

PDIP Bagi Kendaraan Sampah ke Wilayah Sepanjang Sungai Ciliwung

Kamis, 23 September 2021 | 15:03 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - PDI Perjuangan (PDIP) akan mendistribusikan sejumlah kendaraan jenis mini dump truck, berupa kendaraan sampah roda tiga di wilayah Bogor, Depok dan DKI Jakarta dalam rangka merawat dan membersihkan Daerah Aliran Sungai Ciliwung.

Hal ini diputuskan dalam rapat di kantor DPP PDIP bersama perwakilan pengurus partai wilayah DKI Jakarta, Depok dan Bogor. Rapat dipimpin Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersama Ketua DPP Eriko Sotarduga, Ribka Tjiptaning dan Wasekjen Sadarestuwati, Kamis (23/9/2021).

"Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri selalu berpesan agar kita merawat lingkungan, jangan buang sampah di sungai, jaga kebersihan, kalau sungai bersih maka ikan-ikan akan hidup," ucap Hasto menjelaskan makna perlunya kembali Partai menggelar aksi bersihkan DAS Ciliwung.

"Pegiat lingkungan Abah Idin, yang aktif dengan berbagai kegiatannya di Sungai Ciliwung dan sebagai penerima Kalpataru, termasuk yang menerima bantuan satu buah kendaraan penampung sampah," tambah Hasto.

Hasto menyebutkan pembagian kendaraan sampah ini menjadi persiapan menuju agenda pada 3 Oktober 2021 mendatang. Saat PDIP kembali menggelar gerakan membersihkan sungai Ciliwung.

"Melalui kegiatan ini diharapkan tidak hanya PDI Perjuangan saja tapi mengajak dan melibatkan komponen masyarakat," ujar Hasto.

Sementara itu, Eriko Sotarduga menambahkan pembagian kendaraan mini dump truck ini diberikan kepada semua kecamatan yang ada di sepanjang aliran sungai Ciliwung dari hulu sampai hilir. Dari Kabupaten Bogor sampai Jakarta semua terbagi merata.

"Hari ini seluruh unit kendaraan sampah telah disiapkan dan akan didistribusikan akhir pekan ini yakni untuk Kabupaten Bogor 5 unit, Kota Bogor 4 unit, Kota Depok 4 unit, Jakarta Pusat 5 unit, Jakarta Selatan 5 unit, Jakarta Utara 1 unit, dan Jakarta Timur 5 unit. Kendaraan ini dilengkapi dengan toa guna melakukan kampanye bagi kebersihan sungai,” papar Eriko.

"Salah satu target untuk mengumpulkan sampah di pinggiran kali dan diproses untuk daur ulang agar tidak menimbulkan polusi, dan mikro plastik di laut dalam," tambah Eriko.

Eriko mengharapkan kegiatan ini bisa jadi role model di seluruh Indonesia.

"Arahan dari Ibu Ketua Umum supaya partai makin memperbanyak agenda-agenda riil dan memiliki dampak langsung bagi masyarakat. Partai politik bukan hanya berpikir ideologi tapi mengejawantahkan ideologi itu sendiri dalam perilaku di masyarakat," pungkas Eriko.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

Biden juga menjamin bahwa Amerika tidak akan pernah mengakui wilayah pencaplokan di Ukraina sebagai bagian dari Rusia.

NEWS | 1 Oktober 2022

Resolusi PBB Bela Ukraina Langsung Diveto Rusia

Meskipun hanya Rusia yang menentang, tetapi dia adalah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan yang punya hak veto.

NEWS | 1 Oktober 2022

Zelensky Minta Jalur Prioritas Jadi Anggota NATO

Jika Ukraina menjadi anggota NATO, maka negara-negara Barat termasuk Amerika Serikat bisa membelanya dalam perang melawan Rusia saat ini.

NEWS | 1 Oktober 2022

Poin-poin Pidato Putin Soal Pencaplokan 4 Wilayah Ukraina

Dalam pidatonya Putin menegaskan bahwa pencaplokan itu sudah permanen dan tidak bisa dinegosiasikan.

NEWS | 1 Oktober 2022

PKB dan Gerindra Tunggu Hari Baik Umumkan Capres-Cawapres

PKB dan Gerindra tinggal menunggu hari baik untuk mengumumkan capres dan cawapres yang akan mereka usung di Pilpres 2024.

NEWS | 1 Oktober 2022

Jumat Berkah, Sahabat Ganjar Salurkan Paket Sembako

Sahabat Ganjar, relawan Ganjar Pranowo, menggelar Jumat Berkah dengan menyalurkan bantuan di Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Soppeng.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ketua MA Sebut Kasus Hakim Sudrajad Dimyati Momentum Perbaiki Kinerja Peradilan

Ketua Mahkamah Agung (MA), M Syarifuddin menyatakan kasus Sudrajad Dimyati yang dijerat KPK menjadi momentum untuk memperbaiki kinerja peradilan.

NEWS | 30 September 2022

Alasan Bawaslu Hentikan Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye Anies Baswedan

Anggota Bawaslu Puadi mengungkapkan alasan pihaknya menghentikan laporan dugaan pelanggaran kampanye Anies Baswedan terkait tabloid KBA Newspaper.

NEWS | 30 September 2022

KPK Ungkap Ada Pihak yang Bangun Opini agar Lukas Enembe Hindari Pemeriksaan

KPK mengungkapkan adanya pihak yang membangun opini agar Gubernur Papua, Lukas Enembe menghindari pemeriksaan sebagai tersangka. 

NEWS | 30 September 2022

Fadel Muhammad Akhirnya Laporkan La Nyalla ke Badan Kehormatan DPD

Wakil Ketua MPR dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fadel Muhammad akhirnya melaporkan Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalliti ke BK DPD.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

NEWS | 49 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings