Logo BeritaSatu

KPK Tetapkan Kadis PU Hulu Sungai Utara Tersangka Dugaan Suap Proyek

Kamis, 16 September 2021 | 21:22 WIB
Oleh : Fana F Suparman / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Kepala Dinas PU Hulu Sungai Utara, Maliki sebagai tersangka kasus dugaan suap. Maliki terjerat kasus dugaan suap proyek pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Hulu Sungai Utara pada 2021 sampai 2022. Selain Maliki, KPK juga menetapkan Direktur CV Hanamas, Marhaini dan Direktur CV Kalpataru, Fachriadi sebagai tersangka kasus yang sama.

Penetapan tersangka terhadap ketiganya ini dilakukan KPK setelah memeriksa secara intensif sejumlah pihak yang dibekuk dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan pada Rabu (15/9/2021) malam.

“Setelah dilakukan berbagai bahan keterangan dugaan tindak pidana korupsi dimaksud, KPK selanjutnya melakukan penyelidikan yang kemudian ditemukan adanya bukti permulaan yang cukup, maka KPK meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan dengan mengumumkan tersangka,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/9/2021).

Alex, sapaan Alexander Marwata memaparkan, kasus ini bermula saat Dinas PU Hulu Sungai Utara merencanakan melelang dua proyek irigasi, yaitu rehabilitasi jaringan irigasi DIR Kayakah Desa Kayakah dengan harga perkiraan sendiri sebesar Rp 1,9 miliar. Selain itu juga rehabilitasi jaringan irigasi DIR Banjang Desa Karias dengan harga penilaian sendiri Rp 5 miliar.

Akan tetapi, sebelum lelang ditayangkan di LPSE, Maliki diduga telah lebih dulu memberikan persyaratan lelang pada Marhaini dan Fachriadi sebagai calon pemenang kedua proyek irigasi dimaksud dengan kesepakatan memberikan sejumlah uang komitmen fee sebesar 15%. Saat penetapan pemenang lelang, untuk proyek rehabilitasi jaringan irigasi DIR Kayakah Desa Kayakah dimenangkan oleh CV Hanamas milik Marhaini dengan nilai kontrak Rp 1,9 miliar.

Sementara, proyek rehabilitasi jaringan irigasi Banjang Desa Karias dimenangkan CV Kalpataru milik Fachriadi dengan nilai kontrak Rp 1,9 miliar. Setelah menerima pencairan uang atas kedua kontrak tersebut, Marhaini dan Fachriadi melalui orang kepercayaan mereka, yakni Mujib memberikan sebagian uang tersebut kepada Maliki.

“Sebagian pencairan uang tersebut, selanjutnya diduga diberikan kepada MK (Maliki) yang diserahkan oleh MJ (Mujib) sejumlah Rp 170 juta dan Rp 175 juta dalam bentuk tunai,” kata Alex.

Atas dugaan tindak pidana tersebut, Mahriadi dan Fachriadi disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 65 KUHP.

Sementara, Maliki disangkakan melanggar Pasal 12 huruf (a) atau Pasal 12 huruf (b) atau Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 64 KUHP juncto Pasal 65 KUHP.

Setelah diperiksa intensif dan ditetapkan tersangka, Maliki, Marhaini dan Fachriadi langsung ditahan Ketiganya ditahan selama 20 hari pertama di tiga rutan berbeda. Maliki ditahan di Rumah Tahanan KPK cabang Pomdam Jaya Guntur, Marhaini ditahan di Rutan KPK cabang Gedung Merah Putih, dan Fachriadi ditahan di Rutan KPK pada Kavling C1.

“Mulai tanggal 16 September 2021 sampai dengan 5 Oktober 2021,” kata Alex.

Sebelum mendekam di sel tahanan masing-masing ketiga tersangka akan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mantan Mensesneg Sudi Silalahi Meninggal Dunia di RSPAD

Sudi Silalahi meninggal dunia pada hari, Senin (25/10/2021) malam pukul 23.50 di RSPAD karena sakit.

NASIONAL | 26 Oktober 2021

Keterangan Azis Syamsuddin Berbeda dengan Saksi Lain, Hakim Curiga Ada yang Berbohong

Keterangan mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin berbeda dengan saksi lainnya. Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta mencurigai ada yang berbohong.

NASIONAL | 26 Oktober 2021

Penganiaya Anjing di Aceh Singkil Sepatutnya Diproses Hukum

Haris Azhar meminta penganiaya anjing di Aceh Singkil, Aceh diproses hukum. Apapun alasannya, penyiksaan terhadap hewan tidak dapat dibenarkan.

NASIONAL | 25 Oktober 2021

Anggota Polres Lombok Timur Tewas Ditembak Oknum Polisi

Briptu Khairul Tamimi alias Momon, anggota Polres Lombok Timur, Senin (25/10/2021), ditemukan tewas di rumahnya akibat ditembak rekan seprofesinya

NASIONAL | 25 Oktober 2021

Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Pacu Ekspansi Bisnis

Peluang ekspansi bisnis tidak hanya terbuka untuk Kota Bandung dan Jakarta saja, tetapi juga kawasan di sekitar stasiun pemberhentian, terutama di Karawang.

NASIONAL | 25 Oktober 2021

Kompolnas: Praktik Militeristik Tak Layak Diterapkan di Polri

Kompolnas menyayangkan adanya tindakan kekerasan yang diduga dilakukan oleh Kapolres Nunukan

NASIONAL | 25 Oktober 2021

Pukul Anggota, Kapolres Nunukan Dinonaktifkan

Polda Kaltara akan menerbitkan SKEP Penonaktifan Kapolres Nunukan setelah beredar video pemukulan kepada anggota polisi yang diduga dilakukan Kapolres Nunukan

NASIONAL | 25 Oktober 2021

Ratusan Rumah Warga di Mamuju Terendam Banjir

Menurut warga setempat, bencana banjir tersebut sudah menjadi langganan ketika musim hujan.

NASIONAL | 25 Oktober 2021

Kemenag Gandeng Pesantren Sosialisasikan Ketahanan Keluarga Berbasis Agama dan Budaya

Seminar itu mengusung tema Membangun Ketahanan Keluarga Berbasis Nilai-Nilai Agama dan Budaya Sebagai Tindakan Pencegahan Perceraian dan Perkawinan Anak.

NASIONAL | 25 Oktober 2021

Wakil Ketua MPR Sebut Mahasiswa Harus Dibekali Jiwa Kewirausahaan

Universitas Esa Unggul bekerja sama dengan Academy of Entrepreneurs Australia telah menyelenggarakan Idea to Business International Competition 2021.

NASIONAL | 25 Oktober 2021


TAG POPULER

# LRT Tabrakan


# Tabrakan Bus Transjakarta


# Fahri Hamzah


# Tes PCR


# Taliban



TERKINI
Lintasarta Dukung Program Desa Digital di 15 Kabupaten di Jawa Barat

Lintasarta Dukung Program Desa Digital di 15 Kabupaten di Jawa Barat

DIGITAL | 29 detik yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings