Logo BeritaSatu

Selenggarakan Festival Keluarga, Kementerian PPPA Angkat Deskriminasi Perempuan dan Perlindungan Anak

Senin, 2 Agustus 2021 | 19:28 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) sukses menyelenggarakan rangkaian Festival Keluarga bertajuk “Nanti Kita Cerita Tentang Perempuan dan Anak” pada 21 hingga 31 Juli 2021.

Festival Keluarga yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Momentum Ratifikasi Konvensi Cedaw yang jatuh pada 23 dan 24 Juli 2021 itu menghadirkan narasumber ternama seperti Sakdiyah Ma’ruf, Najeela Shihab dan Kak Seto.

Festival Keluarga ini terdiri dari sembilan rangkaian kegiatan, dihadiri ribuan orang dari seluruh pelosok Indonesia.

Dalam serial webinar yang diselenggarakan selama tiga hari, tercatat dihadiri lebih dari 2.700 peserta dengan berbagai latar belakang yang memiliki ketertarikan pada isu keluarga, perempuan, dan anak. Rangkaian kegiatan ini dikemas dalam tiga serial webinar, empat serial live instagram, dan dua seri podcast.

Dalam sambutannya Plt Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Indra Gunawan menitikberatkan pentingnya peran keluarga bagi pembentukan karakter dan kepribadian seorang anak.

"Hal tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara, yang utama adalah dengan memerhatikan proses pengasuhan dan internalisasi nilai di dalam keluarga inti, dan masyarakat sekitar," ujar Indra dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Senin (2/8/2021).

Indra menambahkan, Kementerian PPPA akan membantu menyelesaikan masalah yang ada dengan merumuskan kebijakadan koordinasi, sinkronisasi pelaksanaan kebijakan terkait isu perempuan dan anak.

Menurutnya kebijakan dapat dilaksanakan dengan baik jika adanya kolaborasi dari berbagai pihak.

Ciciek Farha, Pemerhati Anak dan Pengelola Komunitas Tanoker Ledokombo mengajak peserta webinar untuk menerapkan pengasuhan gotong royong, yaitu pola pengasuhan yang diajarkan olehnya di Ledokombo dengan mengajarkan mindset “anakku anakmu anak kita semua, cucuku cucumu cucu kita semua”.

Hal ini dikarenakan keterlibatan Ciciek di wilayah di mana kebanyakan penduduknya adalah pekerja migran, sehingga pengasuhan anak menjadi tanggung jawab bersama warga sekitar.

Senada dengan Ciciek, Kak Seto dalam serial podcast Kementerian PPPA menegaskan ada lima klaster hak yang jarang diketahui oleh sebagian besar masyarakat dan khususnya orang tua.

Lima klaster hak yang dimaksudkan yaitu hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya, dan perlindungan khusus.

Sedangkan dalam rangkaian webinar perempuan, Sakdiyah Ma’ruf (BBC 100 Women 2018) bercerita bahwa kunci utama dari kesetaraan gender di dalam keluarga adalah saling membantu.

Banyak masyarakat umum yang dirasa kurang berani dalam menyuarakan pendapatnya yang benar dan dirasakan oleh sebagian besar orang. Sebaliknya, justru banyak tokoh publik yang memiliki banyak pengikut justru tidak mampu memanfaatkan power tersebut untuk bersuara. Dengan demikian, dalam hal ini perlu adanya kolaborasi antarkeduanya.

Kegiatan ini menjadi momentum bagi Kementerian PPPA untuk mendorong dukungan terhadap pemenuhan hak anak, perlindungan anak, dan penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan, serta memberikan informasi yang komprehensif tentang perlindungan anak serta pemberdayaan perempuan di level keluarga.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

TerateCash Wadahi Jutaan Pesilat PSHT dalam Aplikasi

PT Infesta Teknologi Indonesia merilis aplikasi TerateCash sebagai wadah anggota Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

NEWS | 5 Oktober 2022

Nasdem Capreskan Anies, Airlangga Sebut Golkar Fokus KIB

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto angkat bicara soal langkah Partai Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024

NEWS | 5 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, TGIPF Mulai Terjun ke Malang

Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) mulai terjun ke lapangan dalam rangka mengusut tragedi Kanjuruhan

NEWS | 5 Oktober 2022

Pesparani Katolik II Siap Digelar di Kupang

Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Tingkat Nasional II siap digelar di Kupang pada 28 - 31 Oktober 2022 mendatang

NEWS | 5 Oktober 2022

Segera Disidang, Pengacara Harap Bharada E Bisa Bebas

Pengacara Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Ronny Talapessy mengungkapkan harapannya menjelang persidangan yaitu bisa bebas

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi: MK Pilar Utama Penegakan Keadilan Konstitusional

Jokowi mengatakan, Mahkamah Konstitusi (MK) merupakan pilar utama dalam menegakkan constitutional justice (keadilan konstitusional)

NEWS | 5 Oktober 2022

Deputi Pencegahan KPK Diadukan ke Dewas, soal Apa?

Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan diadukan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK

NEWS | 5 Oktober 2022

Kesal Penggugat Tak Hadir, Artis Jessica Iskandar Ngamuk di PN Jaksel

Artis Jessica Iskandar tak bisa membendung kekesalannya kepada penggugatnya, Christopher Steffanus Budianto atau Stefan karena tak hadir di PN Jaksel

NEWS | 5 Oktober 2022

63,8 Juta Orang di Indonesia Terima Vaksinasi Dosis Ketiga

Sebanyak 63.823.506 orang Indonesia dari kelompok masyarakat umum sudah menerima vaksinasi dosis ketiga per hari ini.

NEWS | 5 Oktober 2022

Koperasi MMSI Ajak Anggotanya Wujudkan Transformasi Digital 4.0

Koperasi Maju Makmur Sejahtera Indonesia (MMSI) mengajak anggotanya untuk wujudkan transformasi digital 4.0.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Arkhan Kaka Dua Gol, Timnas U-17 Bekuk UEA 3-2

Arkhan Kaka Dua Gol, Timnas U-17 Bekuk UEA 3-2

BOLA | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings