Logo BeritaSatu

KLHK Gelar Pameran Virtual Tekankan Pentingnya Aksi Adaptasi dan Mitigasi

Kamis, 17 Juni 2021 | 12:38 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.comKementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar pameran virtual bertajuk “Upaya Nyata di Tingkat Tapak untuk Mendukung Komitmen NDC Indonesia” dengan dukungan Global Green Growth Institute (GGGI). Acara yang dihadiri oleh lebih dari 500 peserta ini diadakan dalam rangka Hari Lingkugan Hidup Sedunia.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya aksi adaptasi dan mitigasi di tingkat tapak melalui proklim,” ujar Emma Rachmawaty, Direktur Mitigasi perubahan iklim KLKH dalam jumpa pers virtual, Kamis (17/6/2021).

Pada pameran virtual ini peserta diajak untuk mengenali dan mengikuti aksi-aksi adaptip dan mitigasi perubahan iklim yang sudah dilakukan berbagai lokasi percontohan.

Melalui pameran virtual ini, masyarakat diharapkan bisa ikut serta dan mengajak lingkunganya berkontribusi dengan melakukan aksi-aksi nyata.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia setiap tanggal 5 Juni ini dikatakannya menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran global adanya kebutuhan bumi atas perubahan gaya hidup manusia yang lebih positif bagi perlindungan alam planet Bumi

Menurutnya, sejak pandemi covid-19 melanda banyak masyarakat aktivitas-aktivitas masyarakat yang positif untuk lingkungan.

“Kita lihat sekarang sudah banyak gedung atau rumah yang menggunakan solar surya panel, lalu ada gerakan 3R, penerangan jalan menggunakan lampu LED untuk mengurangi konsumsi energi berlebih. Selain itu juga banyak orang yang kini melakukan aktivitas bersepeda dan berkebun. Tidak ketinggalan pula aktivitas bank sampah yang terus berjalan,” tuturnya.

NDC Indonesia meliputi komitmen mitigasi yang mencakup penurunan emisi GRK sebesar 29% dengan upaya sendiri, hingga 41% dengan bantuan internasional. Selain itu juga komitmen adaptasi untuk membangun ketahanan ekonomi, ketahanan sosial dan penghidupan serta ketahanan ekosistem dan langskap dari dampak perubahan iklim.

Kampung Iklim

Lebih lanjut menargetkan terbentuknya Program Kampung Iklim (Proklim) sejumlah 20.000 desa pada tahun 2024.

Proklim adalah Gerakan Nasional Pengendalian Perubahan Iklim di Tingkat Tapak Berbasis Komunitas di Indonesia. Proklim merupakan program sinergi aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang berlingkup nasional guna meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain, untuk penguatan kapasitas adaptasi dan penurunan emisi gas rumah kaca (GRK). Hingga saat ini telah terbentuk sebanyak lebih kurang 3.000 desa Proklim di seluruh Indonesia.

"Kita perlu bekerja cerdas dengan mengoptimalkan seluruh potensi yang ada. Dalam setiap tahap tentu akan ada tantangan yang kita hadapi dan perlu disikapi, dengan terus melakukan inovasi serta beradaptasi dengan perubahan yang terjadi," terang Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) KLHK, Laksmi Dhewanti.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rizky Billar Pernah Lempar Lesti Kejora dengan Bola Biliar

Polisi mengungkap Rizky Billar pernah melempar bola biliar ke Lesti Kejora. Hal itu diungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Endra Zulpan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Bareskrim Tetapkan 2 Tersangka Kasus Gagal Bayar KSP Sejahtera Bersama

Penyidik Tipideksus Bareskrim Polri menetapkan ketua pengawas dan anggota pengawas KSP Sejahtera Bersama berinisial IS dan DZ sebagai tersangka.

NEWS | 5 Oktober 2022

Pekan Ini Airlangga Akan Bertemu Puan Maharani

Ketua DPP PDIP Puan Maharani melanjutkan safari politik dalam pekan ini dengan mengunjungi Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto

NEWS | 5 Oktober 2022

Aster Kasad Berharap Jajaran TNI AD Mampu Adaptif, Aktual dan Responsif

Aster Kasad, Mayjen TNI Karmin Suharna meminta Apkowil TNI AD tidak terlalu buta dengan perkembangan ekonomi secara global.

NEWS | 6 Oktober 2022

Bertemu Ketua Parlemen Ukraina, Puan Dorong Perdamaian dengan Rusia

Bertemu Ketua Parlemen Ukraina, Puan Maharani mendorong agar terciptanya perdamaian antara Ukraina dan Rusia yang hingga kini masih berperang.

NEWS | 6 Oktober 2022

TerateCash Wadahi Jutaan Pesilat PSHT dalam Aplikasi

PT Infesta Teknologi Indonesia merilis aplikasi TerateCash sebagai wadah anggota Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

NEWS | 5 Oktober 2022

Nasdem Capreskan Anies, Airlangga Sebut Golkar Fokus KIB

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto angkat bicara soal langkah Partai Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024

NEWS | 5 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, TGIPF Mulai Terjun ke Malang

Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) mulai terjun ke lapangan dalam rangka mengusut tragedi Kanjuruhan

NEWS | 5 Oktober 2022

Pesparani Katolik II Siap Digelar di Kupang

Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Tingkat Nasional II siap digelar di Kupang pada 28 - 31 Oktober 2022 mendatang

NEWS | 5 Oktober 2022

Segera Disidang, Pengacara Harap Bharada E Bisa Bebas

Pengacara Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Ronny Talapessy mengungkapkan harapannya menjelang persidangan yaitu bisa bebas

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bareskrim Tetapkan 2 Tersangka Kasus Gagal Bayar KSP Sejahtera Bersama

Bareskrim Tetapkan 2 Tersangka Kasus Gagal Bayar KSP Sejahtera Bersama

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings