Logo BeritaSatu

Indonesia Tuan Rumah International Day pada Pertemuan Peraih Nobel Lindau

Minggu, 13 Juni 2021 | 09:09 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / WBP

Berlin, Beritasatu.com - Indonesia mendapatkan kehormatan dari yayasan pertemuan peraih Nobel Lindau (Lindau Nobel Laureate Meetings/LNLM) sebagai tuan rumah acara international day pada 2023. Acara itu digelar pada 72nd LNLM yang akan dihadiri sekitar 600 ilmuwan muda dari 100 negara yang diseleksi ketat LNLM dan beberapa penerima hadiah nobel yang diundang secara khusus.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemristekdikti) Ainun Na’im, menyambut baik kesempatan ini dan menyatakan kesiapan Indonesia. “Kami segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menyiapkan perhelatan besar tersebut,” kata Ainun dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Minggu (13/6/2021).

LNLM adalah konferensi ilmiah tahunan yang digelar di Lindau, Jerman, sejak 1951. Tujuannya mempertemukan para peraih nobel dengan para ilmuwan muda untuk mendorong pertukaran ilmiah antara generasi berbeda, kebudayaan, dan disiplin.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Berlin, Ardi Marwan, mengatakan permintaan Indonesia sebagai tuan rumah ajang yang diberi nama International Day Indonesia 2023 adalah wujud nyata keberhasilan diplomasi oleh KBRI Berlin yang dipimpin Duta Besar RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno.

“Kerja sama ini merupakan wujud hubungan harmonis antara LNLM dengan Kemdikbudristek. Sebelumnya, telah terjalin kerja sama yaitu pengiriman beberapa ilmuwan muda dari Indonesia untuk dapat berpartisipasi pada agenda tahunan LNLM,” kata Ardi.

Ardi mengatakan kerja sama pengiriman ilmuwan muda tersebut merujuk pada memorandum of understanding (MoU) yang ditandatangani Sekjen Kemdikbudristek, Ainun Naim dan Managing Director and Member of the Board of The Lindau Nobel Laureate Meetings Foundation pada 2019.

Ardi menjelaskan tercetusnya ide untuk menjadikan Indonesia sebagai host International Day pada 72nd LNLM pada musim panas tahun 2023 merupakan bentuk kepercayaan dan apresiasi yang diberikan oleh LNLM kepada Indonesia.

International Day Indonesia 2023 akan diisi berbagai macam kegiatan ilmiah yang melibatkan jaringan (networking) para ilmuwan muda dari 100 negara. Kegiatan pada sesi pagi ini berlangsung di sela-sela waktu sarapan (breakfast) sehingga dinamakan Partner Breakfast. “Sesi ini akan dilaksanakan dalam bentuk diskusi panel dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Selaku tuan rumah, pihak Indonesia diberikan keistimewaan untuk dapat menentukan narasumber dan moderator kegiatan,” ujar Ardi.

Pada siang harinya dilaksanakan acara makan siang bersama dengan melibatkan seluruh tamu undangan termasuk para ilmuwan muda, para penerima hadiah nobel, unsur pejabat dan wartawan pilihan. Berbagai menu khas Indonesia juga akan disajikan pada acara makan siang bersama para ilmuwan ini.

Sebagai acara puncak, pada malam hari akan dilaksanakan acara keakraban antarseluruh tamu undangan (get-together-event). Acara ini akan didahului dengan sambutan oleh President of the Council for the LNLM dan perwakilan pejabat tinggi dari Indonesia yang hadir.

World class event ini akan mempertemukan sekitar 600 ilmuwan muda dari 100 negara yang diseleksi secara ketat oleh pihak LNLM dan beberapa penerima hadiah nobel yang diundang secara khusus. Di antaranya adalah mitra akademisi, pejabat tinggi dari Indonesia dan Jerman, dan sejumlah jurnalis.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Resolusi PBB Bela Ukraina Langsung Diveto Rusia

Meskipun hanya Rusia yang menentang, tetapi dia adalah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan yang punya hak veto.

NEWS | 1 Oktober 2022

Zelensky Minta Jalur Prioritas Jadi Anggota NATO

Jika Ukraina menjadi anggota NATO, maka negara-negara Barat termasuk Amerika Serikat bisa membelanya dalam perang melawan Rusia saat ini.

NEWS | 1 Oktober 2022

Poin-poin Pidato Putin Soal Pencaplokan 4 Wilayah Ukraina

Dalam pidatonya Putin menegaskan bahwa pencaplokan itu sudah permanen dan tidak bisa dinegosiasikan.

NEWS | 1 Oktober 2022

PKB dan Gerindra Tunggu Hari Baik Umumkan Capres-Cawapres

PKB dan Gerindra tinggal menunggu hari baik untuk mengumumkan capres dan cawapres yang akan mereka usung di Pilpres 2024.

NEWS | 1 Oktober 2022

Jumat Berkah, Sahabat Ganjar Salurkan Paket Sembako

Sahabat Ganjar, relawan Ganjar Pranowo, menggelar Jumat Berkah dengan menyalurkan bantuan di Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Soppeng.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ketua MA Sebut Kasus Hakim Sudrajad Dimyati Momentum Perbaiki Kinerja Peradilan

Ketua Mahkamah Agung (MA), M Syarifuddin menyatakan kasus Sudrajad Dimyati yang dijerat KPK menjadi momentum untuk memperbaiki kinerja peradilan.

NEWS | 30 September 2022

Alasan Bawaslu Hentikan Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye Anies Baswedan

Anggota Bawaslu Puadi mengungkapkan alasan pihaknya menghentikan laporan dugaan pelanggaran kampanye Anies Baswedan terkait tabloid KBA Newspaper.

NEWS | 30 September 2022

KPK Ungkap Ada Pihak yang Bangun Opini agar Lukas Enembe Hindari Pemeriksaan

KPK mengungkapkan adanya pihak yang membangun opini agar Gubernur Papua, Lukas Enembe menghindari pemeriksaan sebagai tersangka. 

NEWS | 30 September 2022

Fadel Muhammad Akhirnya Laporkan La Nyalla ke Badan Kehormatan DPD

Wakil Ketua MPR dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fadel Muhammad akhirnya melaporkan Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalliti ke BK DPD.

NEWS | 30 September 2022

TPDI Minta KPK Tidak Intimidasi Pengacara Lukas Enembe

Koordinator TPDI Petrus Selestinus meminta KPK tidak mengintimidasi pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, Roy Rening dkk saat menyampaikan pembelaan terhadap kliennya.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Anggota DPR Intan Fauzi Ajak Kaum Milenial dan Gen Z Gabung Parpol

Anggota DPR Intan Fauzi Ajak Kaum Milenial dan Gen Z Gabung Parpol

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings