Logo BeritaSatu

Modus Kecurangan PPDB Online, Pemalsuan KK Sampai Oknum Janjikan Jalan Pintas

Senin, 24 Mei 2021 | 22:28 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / JAS

Jakarta, Beritasatu.com – Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), Chatarina Muliana Girsang, menyatakan pihaknya akan melakukan audit forensik untuk mengantisipasi kecurangan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) online tahun 2021. Chatarina mencontohkan sejumlah modus kecurangan dalam PPDB 2020 yaitu pemalsuan Kartu Keluarga (KK) dan oknum yang menjanjikan jalan pintas.

“Kami akan melakukan audit forensik sistem PPDB online,” kata Chatarina dalam acara bincang pendidikan secara virtual tentang tema PPDB 2021, Senin (24/5/2021).

Chatarina mengatakan Inspektorat Jenderal akan berfokus mengawasi sistem PPDB online agar tidak terjadi tumpang tindih dengan Ditjen PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

“Kami fokus sistem online karena masih berpotensi KKN (kolusi, korupsi, nepotisme),” ujar Chatarina.

Chatarina menjelaskan audit forensik adalah menemukan dan mendeteksi kelemahan-kelemahan dalam sistem PPDB online. Misalnya, contoh kasus di Bekasi, Jawa Barat, bahwa ada oknum yang merekayasa kartu keluarga (KK) dari calon peserta didik.

“KK minimal 1 tahun diterbitkan sejak tanggal PPDB, tetapi banyak diinput seolah lebih dari 1 tahun padahal baru diterbitkan 6 bulan. Ini yang tahu hanya orang yang melakukan input data saja,” katanya.

Chatarina juga menyebut adanya oknum yang menawarkan jalan pintas dengan harga tertentu agar calon peserta didik bisa diterima di sekolah negeri. “Di Bekasi, kami baca dari laporan media ada oknum satpam, guru, yang menawarkan sesuatu, jalan pintas dengan harga tertentu supaya anak diterima, padahal di sisi aturan, anaknya tidak memenuhi syarat,” ujarnya.

Dia menegaskan pihaknya akan memastikan agar jangan sampai terjadi celah-celah dari sistem online yang bisa dimanfaatkan sebagai modus kecurangan oleh oknum tertentu. Pemerintah daerah juga diminta memproses PPDB secara transparan sehingga setiap anak mendapatkan kesempatan terbaik untuk mendapatkan hak pendidikan terbaik.

“Kami minta dinas benar-benar memantau PPDB di daerahnya untuk mengantisipasi kegaduhan karena masih di masa pandemi. Tujuannya agar PPDB bisa terlaksana baik memenuhi hak dasar anak kita,” kata Chatarina.

Kemdikbudristek menyatakan PPDB tahun 2021 dimulai Juni-Juli mendatang lewat 4 jalur pendaftaran yaitu zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan orangtua. Aturan PPDB 2021 telah dikeluarkan pada 7 Januari lalu lewat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 tahun 2021 tentang PPDB pada TK, SD, SMP, SMA, SMK.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pekan Ini Airlangga Akan Bertemu Puan Maharani

Ketua DPP PDIP Puan Maharani melanjutkan safari politik dalam pekan ini dengan mengunjungi Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto

NEWS | 5 Oktober 2022

Aster Kasad Berharap Jajaran TNI AD Mampu Adaptif, Aktual dan Responsif

Aster Kasad, Mayjen TNI Karmin Suharna meminta Apkowil TNI AD tidak terlalu buta dengan perkembangan ekonomi secara global.

NEWS | 6 Oktober 2022

Bertemu Ketua Parlemen Ukraina, Puan Dorong Perdamaian dengan Rusia

Bertemu Ketua Parlemen Ukraina, Puan Maharani mendorong agar terciptanya perdamaian antara Ukraina dan Rusia yang hingga kini masih berperang.

NEWS | 6 Oktober 2022

TerateCash Wadahi Jutaan Pesilat PSHT dalam Aplikasi

PT Infesta Teknologi Indonesia merilis aplikasi TerateCash sebagai wadah anggota Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

NEWS | 5 Oktober 2022

Nasdem Capreskan Anies, Airlangga Sebut Golkar Fokus KIB

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto angkat bicara soal langkah Partai Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024

NEWS | 5 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, TGIPF Mulai Terjun ke Malang

Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) mulai terjun ke lapangan dalam rangka mengusut tragedi Kanjuruhan

NEWS | 5 Oktober 2022

Pesparani Katolik II Siap Digelar di Kupang

Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Tingkat Nasional II siap digelar di Kupang pada 28 - 31 Oktober 2022 mendatang

NEWS | 5 Oktober 2022

Segera Disidang, Pengacara Harap Bharada E Bisa Bebas

Pengacara Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Ronny Talapessy mengungkapkan harapannya menjelang persidangan yaitu bisa bebas

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi: MK Pilar Utama Penegakan Keadilan Konstitusional

Jokowi mengatakan, Mahkamah Konstitusi (MK) merupakan pilar utama dalam menegakkan constitutional justice (keadilan konstitusional)

NEWS | 5 Oktober 2022

Deputi Pencegahan KPK Diadukan ke Dewas, soal Apa?

Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan diadukan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pekan Ini Airlangga Akan Bertemu Puan Maharani

Pekan Ini Airlangga Akan Bertemu Puan Maharani

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings