Logo BeritaSatu

Gagal Ginjal Diduga Jadi Penyebab Sastrawan Radhar Panca Dahana Meninggal

Kamis, 22 April 2021 | 23:20 WIB
Oleh : Chairul Fikri / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Meninggalnya budayawan sekaligus sastrawan Radhar Panca Dahana, Kamis (22/4/2021), menjadi kabar duka mendalam bagi dunia hiburan dan seni di Indonesia. Radhar diduga meninggal akibat sakit gagal ginjal yang dideritanya.

"Beliau sudah sejak beberapa tahun mengidap gagal ginjal. Bahkan beliau seminggu tiga kali cuci darah di RSCM," ungkap anggota Forum Seniman Peduli Taman Ismail Marzuki (TIM), Noorca Massardi yang dihubungi media.

Meski begitu, dirinya masih belum mengetahui penyebab pasti meninggalnya pria kelahiran Jakarta, 26 Maret 1965 itu. Dan hingga kini belum ada pernyataan resmi dari pihak keluarga terkait penyebab meninggalnya Radhar Panca Dahana.

Berdasarkan data yang dikutip dari Wikipedia.org, Radhar sendiri dikenal sebagai budayawan dan sastrawan terkenal di Indonesia. Dirinya memulai debut sebagai sastrawan sejak usia 10 tahun lewat cerpennya di Harian Kompas, Tamu Tak Diundang. Lalu, menapak karier jurnalistik sebagai redaktur tamu majalah Kawanku (1977), reporter lepas hingga pemimpin redaksi di berbagai media seperti Hai, Kompas, Jakarta Jakarta, Vista TV, dan Indline.com.

Ia menyelesaikan Program S1 Jurusan Sosiologi FISIP Universitas Indonesia (1993) dan studi Sosiologi di École des Hautes Études en Science Sociales, Paris, Prancis (2001). Radhar merupakan pendiri dari Perhimpunan Pengarang Indonesia dan presiden Federasi Teater Indonesia yang masih menjabat sampai saat ini.

Radhar sendiri sempat dipercaya oleh Komisi Pemilihan Umum untuk menjadi salah satu panel Debat Cawapres ketiga pada tahun 2019 lalu bersama Rektor Universitas Syiah Kuala, Samsul Riza, Rektor Universitas Hasanuddin, Dwia Aries Tina Pulubuhu, dan Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

MFF Berikan Bantuan Pendidikan Anak SOS Senilai Rp 1,8 Miliar

Bantuan dana ini diberikan selama dua tahun untuk memenuhi kebutuhan dasar, pemenuhan gizi dan kesehatan serta pengadaan sanitasi yang layak bagi anak-anak.

NASIONAL | 22 April 2021

Hari Bumi, PSI Minta KLHK Revisi Target Emisi Nol

Mikhail Gorbachev Dom ajak pemerintah, sektor swasta dan masyarakat berkontemplasi soal bumi Indonesia yang sedang sakit.

NASIONAL | 22 April 2021

Sistem Pengelolaan Sampah Harus Lebih Bertanggung Jawab

Total produksi sampah nasional mencapai 67,8 juta ton pada 2020 dan itu berarti setiap hari penduduk Indonesia menghasilkan sekitar 185.753 ton sampah.

NASIONAL | 22 April 2021

Peringati Hari Bumi, Aeon Mall BSD City Bagi-bagi Tanaman Hias

Tanaman yang dibagikan berupa tanaman hias penghasil oksigen seperti Calathea, Krisan, Dracaena, Peace Lily, Lili Paris, dan Sirih Gading.

NASIONAL | 22 April 2021

Semangat RA Kartini, Jadikan Wanita Indonesia Mampu Setara Laki-laki

Semangat dan perjuangan Raden Adjeng (RA) Kartini patut diapresiasi dengan menjadikan wanita di Indonesia.

NASIONAL | 22 April 2021

Wapres Minta Aturan Wajib Tidaknya ASN Bayar Zakat Via Baznas Segera Diterbitkan

Ma'ruf Amin menyatakan peraturan mengenai wajib tidaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) mengeluarkan zakat dan disalurkan lewat Baznas segera dikeluarkan.

NASIONAL | 22 April 2021

Moeldoko Kenang Ketangguhan Kru KRI Nanggala 402

Moeldoko menyebut dirinya menjadi saksi ketangguhan kru kapal selam KRI Nanggala-402 ketika menjabat Panglima TNI 8 tahun lalu.

NASIONAL | 22 April 2021

Gerakan Jalan Hijau Akan Ubah Pola Transportasi Masyarakat Urban

Pola dan kebiasaan hidup bertransportasi menggunakan kendaraan pribadi ternyata berkorelasi langsung dengan permasalahan kesehatan dan kualitas hidup.

NASIONAL | 22 April 2021

12 Rektor Perempuan Berkolaborasi Perkuat Program Kampus Merdeka

Sebanyak 12 rektor perempuan sepakat untuk berkolaborasi dalam memperkuat program Kampus Merdeka.

NASIONAL | 22 April 2021

Walhi Desak Pencapaian Nol Emisi Karbon Lebih Cepat

Menurutnya negara berkembang termasuk Indonesia juga harus bisa berlomba untuk mencapai netral karbon.

NASIONAL | 22 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS