KPK Benarkan Usut Dugaan Korupsi Pengadaan Tanah di Munjul
Logo BeritaSatu

KPK Benarkan Usut Dugaan Korupsi Pengadaan Tanah di Munjul

Senin, 8 Maret 2021 | 17:10 WIB
Oleh : Fana F Suparman / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan sedang mengusut kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Munjul, Kelurahan Pondok Rangon, Cipayung, Jakarta Timur. Pengadaan tanah ini diduga bagian dari Program DP 0 Rupiah Pemerintah Provinsi (pemprov) DKI Jakarta oleh BUMD DKI.

“Benar, setelah ditemukan adanya dua bukti permulaan yang cukup, saat ini KPK sedang melakukan kegiatan penyidikan dugaan tindak pidana korupsi terkait pengadaan tanah di Munjul, Kelurahan Pondok Rangon, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019,” kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi, Senin (8/3/2021).

Meski demikian, Ali belum dapat menyampaikan secara terperinci konstruksi perkara maupun pihak-pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Hal ini lantaran sesuai kebijakan pimpinan KPK, pengumuman tersangka akan dilakukan saat penangkapan atau penahanan para tersangka.

“Saat ini tim Penyidik KPK masih menyelesaikannya tugasnya lebih dahulu,” kata Ali.

Ali berjanji KPK akan menyampaikan mengenai konstruksi perkara, alat bukti dan pihak yang ditetapkan tersangka beserta pasal sangkaannya, setelah adanya upaya paksa berupa penangkapan atau penahanan tersangka.

“Namun demikian, sebagai bentuk keterbukaan informasi, kami memastikan setiap perkembangan penanganan perkara ini akan kami sampaikan kepada masyarakat,” ucap Ali.

Seperti diberitakan, KPK dikabarkan sedang mengusut kasus dugaan korupsi pembelian tanah di beberapa lokasi untuk Program DP 0 Rupiah Pemprov DKI oleh BUMD DKI. Salah satunya pembelian tanah seluas 41.921 meter persegi yang berada di kawasan Munjul.

Penanganan perkara ini telah ditingkatkan ke tahap penyidikan dan sejumlah pihak telah ditetapkan sebagai tersangka. Salah satunya YC, seorang direktur utama (dirut) sebuah BUMD.

Para tersangka termasuk YC dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 UU 31/1999 sebagaimana diubah dengan UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 kesatu KUHP.

Tim penyidik KPK bahkan dikabarkan telah bergerak cepat mengusut kasus ini dengan menggeledah sejumlah lokasi. Salah satunya sebuah kantor di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, pada Rabu (3/3/2021) lalu. Dari penggeledahan itu, tim penyidik mengamankan berbagai dokumen yang terkait dengan perkara ini.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Hendropriyono Apresiasi Kerja Keras Pelaksana Proyek PLTA Batang Toru

Pembangunan PLTA Batang Toru justru membantu pemeliharaaan lingkungan dan Kabupaten Tapanuli Selatan meraih penghargaan Kalpataru pada 2020.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Klaster Klub Senam Tasikmalaya, Ridwan Kamil Minta Warga Hindari Berkerumun

Ridwan Kamil meminta warga menghindari segala jenis kegiatan berkerumun, termasuk aktivitis senam yang dilakukan secara berkerumun dan beramai-ramai.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Ketua DPR Ingatkan Pemerintah Ada Pembatasan Terbitkan Surat Utang Negara

DPR akan terus mengevaluasi dan memberikan dukungan melalui kewenangannya agar pemerintah dapat memberikan pelayanan kepada rakyat.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Tanpa Frasa "Agama", Peta Jalan Pendidikan 2020-2035 Diprotes DPR dan Lembaga Keagamaan

Peta Jalan Pendidikan tersebut tak sejalan dengan Konstitusi khususnya pasal 31 ayat 3.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Agustus, Segmen 1 Tol Yogya-Bawen Mulai Konstruksi

PT Jasa Marga Jogja-Bawen (JJB) optimistis pengerjaan konstruksi segmen 1 Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dimulai pada Agustus 2021 mendatang.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Tersangka Suap Bansos Akui Serahkan Rp 3 Miliar ke Hotma Sitompoel

Adi Wahyono mengakui menyerahkan uang Rp 3 miliar untuk advokat Hotma Sitompoel.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Mendikbud Susun Permendikbud untuk Cegah Kekerasan Seksual di Kampus

Aturan tersebut diharapkan bisa menciptakan lingkungan belajar yang aman khususnya bagi peserta didik perempuan.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Geng Motor Berulah, Dua Remaja Dibacok Satu Orang Tewas

Seorang remaja FP (16) tewas bersimbah darah, sementara rekannya AS (17) berhasil lari menyelamatkan diri dari aksi geng motor di Tambun Selatan.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Dirjen Linjamsos Akui Terima Sepeda Brompton dari Tersangka Suap Bansos

Dirjen Linjamsos Kementerian Sosial (Kemsos) Pepen Nazaruddin mengakui menerima sepeda mewah bermerk Brompton dari Adi Wahyono.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Polisi Ungkap Dua Korban Meninggal Saat Ikuti Diklat Pencak Silat

Polres Kota Batu menyatakan dua orang Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim meninggal dunia saat mengikuti diklat UKM Pencak Silat Pagar Nusa.

NASIONAL | 8 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS