Hendropriyono Apresiasi Kerja Keras Pelaksana Proyek PLTA Batang Toru
Logo BeritaSatu

Hendropriyono Apresiasi Kerja Keras Pelaksana Proyek PLTA Batang Toru

Senin, 8 Maret 2021 | 17:05 WIB
Oleh : Asni Ovier / AO

Jakarta, Berisatu.com – Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendopriyono mengapresiasi kerja keras pemrakarsa dan para pelaksana proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batang Toru di Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Meski sempat ada penolakan dari beberapa lembaga swadaya masyarakat, proyek itu akhirnya bisa berlanjut dengan baik.

"Akhirnya proyek ini bisa terus berlangsung, karena sesungguhnya tidak ada yang dilanggar. PT PT North Sumatera Hydro Energi (N-SHE) telah memenangkan gugatan mereka dan sudah berkekuatan hukum tetap,” kata Hendropriyono dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (8/3/2021).

Pada Minggu (7/3/2021), Hendropriyono dan rombongan meninjau pembangunan PLTA Batang Toru tersebur. Peninjauan pembangunan terowongan pembantu di Sipirok itu didampingi pimpinan N-SHE, pimpinan proyek, Danrem Tapanuli Selatan (Tapsel) Kolonel Febriar Buyung, mantan Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu, dan pejabat lainnya.

Hendropriyono merasa puas dengan pembangunan proyek PLTA yang berjalan lancar walaupun sebelumnya banyak hambatan berupa penolakan yang dilakukan sejumlah LSM di tingkat nasional dan global. Selain para pelaksana proyek, apresiasi juga diberikan kepada Pemda Tapanuli Selatan dan otoritas keamanan setempat.

Mantan Bupati Tapsel, Syahrul Pasaribu mengatakan, pembangunan PLTA Batang Toru justru membantu pemeliharaaan lingkungan. Buktinya, pada 2020 ketika dia mengakhiri masa jabatan, Kabupaten Tapsel menerima penghargaan Kalpataru. "Kami menerima penghargaan itu dari Menteri Lingkungan Hidup disaksikan Bapak Presiden Jokowi," kata Syahrul Pasaribu yang menjabat Bupati Tapsel selama dua periode 2010-2020.

PLTA Batang Toru merupakan pembangkit hydro terbesar di Sumatera dengan kapasitas 4 x 127,5 MW. Nilai proyek tersebur sebesar US$ 1,668 miliar atau sekitar Rp 20 triliun dengan pembagian 25% dari PLN PJB. PLTA ini ditargetkan beroperasi pada 2026 dan akan memasok kebutuhan listrik di Sumatera serta memperkuat pasokan listrik di Jawa-Bali.

Jika sudah beroperasi, PLTA Batang Toru dapat memproduksi listrik sebesar 2.124,03 GWh per tahun dan dapat mengurangi emisi karbon sebesar 16 megaton per tahun. Selain itu, keberadaan PLTA ini juga akan mengurangi belanja negara sebesar Rp 54 triliun setiap tahun.

PLTA Batang Toru juga memberikan kontribusi dalam pencegahan pemanasan global, mendukung perekonomian dan kelestarian ekosistem, terutama di daerah aliran sungai Batang Toru. Saat ini sedang dikerjakan pembuatan terowongan sepanjang 12 km dari Sungai Batang Toru hingga pembangkit listrik yang disiapkan di Marancar, Tapsel.

Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu menyambut baik kedatangan Hendropriyono beserta rombongan di kantor bupati di Sipirok. Pihaknya dan seluruh rakyat Tapsel merasa sangat diuntungkan dengan pembangunan PLTA Batang Toru.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Klaster Klub Senam Tasikmalaya, Ridwan Kamil Minta Warga Hindari Berkerumun

Ridwan Kamil meminta warga menghindari segala jenis kegiatan berkerumun, termasuk aktivitis senam yang dilakukan secara berkerumun dan beramai-ramai.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Ketua DPR Ingatkan Pemerintah Ada Pembatasan Terbitkan Surat Utang Negara

DPR akan terus mengevaluasi dan memberikan dukungan melalui kewenangannya agar pemerintah dapat memberikan pelayanan kepada rakyat.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Tanpa Frasa "Agama", Peta Jalan Pendidikan 2020-2035 Diprotes DPR dan Lembaga Keagamaan

Peta Jalan Pendidikan tersebut tak sejalan dengan Konstitusi khususnya pasal 31 ayat 3.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Agustus, Segmen 1 Tol Yogya-Bawen Mulai Konstruksi

PT Jasa Marga Jogja-Bawen (JJB) optimistis pengerjaan konstruksi segmen 1 Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dimulai pada Agustus 2021 mendatang.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Tersangka Suap Bansos Akui Serahkan Rp 3 Miliar ke Hotma Sitompoel

Adi Wahyono mengakui menyerahkan uang Rp 3 miliar untuk advokat Hotma Sitompoel.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Mendikbud Susun Permendikbud untuk Cegah Kekerasan Seksual di Kampus

Aturan tersebut diharapkan bisa menciptakan lingkungan belajar yang aman khususnya bagi peserta didik perempuan.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Geng Motor Berulah, Dua Remaja Dibacok Satu Orang Tewas

Seorang remaja FP (16) tewas bersimbah darah, sementara rekannya AS (17) berhasil lari menyelamatkan diri dari aksi geng motor di Tambun Selatan.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Dirjen Linjamsos Akui Terima Sepeda Brompton dari Tersangka Suap Bansos

Dirjen Linjamsos Kementerian Sosial (Kemsos) Pepen Nazaruddin mengakui menerima sepeda mewah bermerk Brompton dari Adi Wahyono.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Polisi Ungkap Dua Korban Meninggal Saat Ikuti Diklat Pencak Silat

Polres Kota Batu menyatakan dua orang Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim meninggal dunia saat mengikuti diklat UKM Pencak Silat Pagar Nusa.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Di Hari Perempuan Internasional, Mendikbud Ingatkan 3 Dosa Besar Pendidikan

Ttiga dosa besar dalam pendidikan itu sangat mempengaruhi pertumbuhan peserta didik dan menentukan keputusan-keputusan mereka untuk menggapai cita-cita.

NASIONAL | 8 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS