Polisi Ungkap Dua Korban Meninggal Saat Ikuti Diklat Pencak Silat
Logo BeritaSatu

Polisi Ungkap Dua Korban Meninggal Saat Ikuti Diklat Pencak Silat

Senin, 8 Maret 2021 | 16:14 WIB
Oleh : YUD

Kota Batu, Beritasatu.com - Kepolisian Resor (Polres) Kota Batu menyatakan bahwa ada dua orang mahasiswa yang dilaporkan meninggal dunia Sabtu (6/3/2021), usai mengikuti diklat penerimaan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pencak silat, Pagar Nusa, di kawasan Coban Rais, Kota Batu.

Kapolres Kota Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo mengatakan bahwa laporan adanya dua orang mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Kota Malang yang meninggal dunia usai mengikuti diklat penerimaan anggota baru pencak silat tersebut, baru diterima pihak kepolisian pada Minggu (7/3/2021).

"Pada Minggu (7/3/2021), ada laporan dua orang meninggal dunia dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa UIN Malang. Kegiatan ini, berjalan mulai Jumat (5/3/2021) sampai Minggu (7/3/2021),” kata Catur, di Kota Batu, Jawa Timur, Senin (8/3/2021).

Catur mengatakan dua orang korban yang meninggal dunia pada Sabtu (6/3/2021) tersebut berinisial MRP warga Kota Bandung, dan MFL warga Lamongan. Dalam kegiatan tersebut, ada sebanyak 41 orang mahasiswa yang mengikuti diklat penerimaan anggota baru UKM pencak silat Pagar Nusa.

Menurut Catur, kegiatan yang disebutkan belum mengantongi izin tersebut pada awalnya dilakukan di wilayah Karangploso, Kabupaten Malang. Kemudian, pada hari kedua, kegiatan dilanjutkan di kawasan wisata Coban Rais, Kota Batu.

"Jadi dari kawasan Karangploso, mereka ke wilayah Predator Fun Park, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. Dari situ, dilanjutkan ke Coban Rais," tutur Catur.

Ia menjelaskan, satu orang korban pertama dinyatakan meninggal pada saat dibawa ke Puskesmas Karangploso, Kabupaten Malang. Kemudian, untuk korban kedua, dilaporkan mengalami pingsan dan dibawa ke Rumah Sakit Karsa Husada, Kota Batu.

"Untuk korban kedua, sebetulnya dalam perjalanan, disampaikan oleh pihak rumah sakit, yang bersangkutan sudah meninggal dunia," ucap dia.

Kapolres menegaskan, namun hingga saat ini pihak kepolisian masih belum bisa memastikan apa penyebab meninggalnya dua orang mahasiswa UIN Kota Malang tersebut. Pihak kepolisian, masih menunggu laporan dari Rumah Sakit Karsa Husada, dan Puskesmas Karangploso.

"Tetapi di sini kami belum bisa menjawab, dua orang ini meninggal ini disebabkan oleh apa, masih menunggu dari pihak RS dan Puskesmas," ucap Catur.

Sementara itu Kasatreskrim Polres Kota Batu AKP Jeifson Sitorus menambahkan kedua orang korban tersebut dilarikan ke fasilitas kesehatan dalam jeda waktu yang tidak terlalu lama.

Korban pertama, MFL dilaporkan terjatuh dan dilarikan ke Puskesmas Karangploso, Kabupaten Malang. Tidak lama berselang, korban kedua MRP jatuh pingsan, dan dilarikan ke RS Karsa Husada Kota Batu.

"Antara korban pertama dan kedua itu, selisih waktunya sedikit. Jadi setelah korban pertama pingsan, kemudian panitia mengumpulkan peserta, tidak lama kemudian korban kedua pingsan dan dibawa ke RS Karsa Husada," ujar Jeifson.

Sebagai informasi, kejadian tersebut terjadi pada Sabtu (6/3/2021). Pada Jumat (5/3/201), ada sebanyak 41 orang peserta diklat penerimaan anggota baru Pagar Nusa yang melakukan perjalanan ke SMK Mahardika Karangploso, Kabupaten Malang, untuk melakukan istigasah.

Kemudian pada Sabtu (6/3/2021) kurang lebih pukul 10.30 WIB, para peserta tersebut berangkat menuju kawasan Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Para peserta diklat tersebut turun di sekitar tempat wisata Predator Fun Park, Kota Batu, dan berjalan kaki menuju kawasan Coban Rais kurang lebih berjarak 4,9 kilometer.

Namun, pada saat berada di kawasan Coban Rais tersebut, ada dua orang yang terjatuh, dan segera dibawa ke fasilitas pelayanan kesehatan. Namun, pada akhirnya dua orang mahasiswa tersebut meninggal dunia.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Di Hari Perempuan Internasional, Mendikbud Ingatkan 3 Dosa Besar Pendidikan

Ttiga dosa besar dalam pendidikan itu sangat mempengaruhi pertumbuhan peserta didik dan menentukan keputusan-keputusan mereka untuk menggapai cita-cita.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Kisruh Demokrat, Polri Akan Pantau Kondisi Kamtibmas

Polri senantiasa memantau permasalahan internal Partai Demokrat dan apabila ini berdampak pada situasi Kamtibmas.

NASIONAL | 8 Maret 2021

82% Perempuan Indonesia Pernah Alami Pelecehan Seksual di Ruang Publik

Hal yang paling mengkhawatirkan, 91% responden mengatakan mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk membantu korban.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Dualisme Partai Demokrat, Polri Siap Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Polri siap mengantisipasi apabila dualisme Partai Demokrat berdampak pada situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat.

NASIONAL | 8 Maret 2021

AHY: Kami Tak Cari Sensasi

Pihaknya mempunyai bukti otentik tentang pemilik sah Partai Demokrat.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Nadiem dan Franka Makarim “Satu Panggung” Bahas Kepemimpinan Perempuan

Webinar tersebut bagian dari rangkaian acara Hari Perempuan Internasional yang digelar Kemdikbud.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Hadirkan Pendidikan Interaktif Bagi Anak, Kidsloop Indonesia Gandeng Rumah Kisah

Kidslopp produk animasi yang dihadirkan oleh Rumah Kisah, kreator animasi muslim.

NASIONAL | 8 Maret 2021

AHY dan Pengurus Partai Demokrat Bertemu dengan Komisioner KPU

Kedatangan AHY dan para pengurus merupakai rangkaian agenda roadshow mereka hari ini, yang sebelumnya telah mendatangi Kantor Kemkumham.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Ini 51 Aturan Pelaksanaan UU Ciptaker

Publik dapat mengakses dari laman Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Sekretariat Kabinet.

NASIONAL | 8 Maret 2021

Bela AHY, Din Syamsudin Minta Pemerintah Tolak Sahkan PD Hasil KLB

Sesuai informasi yang diperolehnya, pelaksanaan KLB yang tidak berizin tersebut tidak sesuai dengan AD ddan ART PD.

NASIONAL | 8 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS