Tinjau Persiapan KBM Tatap Muka STPI, Doni Monardo Ingatkan Konsistensi Protokol Kesehatan
Logo BeritaSatu

Tinjau Persiapan KBM Tatap Muka STPI, Doni Monardo Ingatkan Konsistensi Protokol Kesehatan

Sabtu, 6 Maret 2021 | 17:58 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Tangerang, Beritasatu.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meninjau persiapan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka yang rencananya akan dilakukan oleh Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) di Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (6/3/2021).

Dalam arahannya, Doni Monardo berpesan agar pada implementasinya nanti protokol kesehatan dapat dilakukan secara konsisten dan tidak kendur.

Dia yakin apabila hal itu dapat dijaga dengan baik, maka akan dapat meminimalisir adanya penularan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 di lingkungan kampus.

"Yang paling penting adalah konsistensi. Kalau konsep tadi bisa dilaksanakan secara optimal dan konsisten. Saya yakin tidak akan ada yang terpapar," tegas Doni.

Kemudian, Doni Monardo juga berpesan agar status kesehatan, baik dari peserta didik maupun tenaga didik dapat diketahui dan dipastikan bahwa mereka dalam kondisi sehat serta tidak memiliki risiko tinggi.

Dalam hal ini, bagi para tenaga didik yang memiliki penyakit penyerta atau komorbiditas, maka Doni memberikan saran agar yang bersangkutan tidak melakukan tatap muka dengan para siswanya.

Sebab, mereka yang memiliki risiko tinggi tersebut dapat mudah tertular dan berakibat fatal apabila tertular Covid-19 dari para peserta didik berusia muda yang sudah terinfeksi sebelumnya namun masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Penting sekali bagi para peserta didik termasuk juga para pengasuh khususnya untuk juga diketahui status kesehatannya," kata Doni.

"Saya sarankan apabila ada pengasuh yang memiliki risiko tinggi, punya komorbid sebaiknya tidak boleh melakukan pertemuan fisik dengan para siswa," imbuhnya.

Kegiatan belajar tatap muka STPI, menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi rencananya akan dimulai pada pekan depan dengan porsi 30% masuk kelas dan 70% lagi menggunakan media daring (online).

Adapun kegiatan belajar tatap muka tersebut juga hanya dikhususkan bagi kelas praktik saja, yang memang mengharuskan kehadiran peserta didik.

Dalam implementasinya nanti, kegiatan belajar mengajar di kampus tersebut akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dimulai dari wajib masker, mencuci tangan, dan periksa suhu badan sebelum masuk ruangan, wajib swab antigen. Konsep makan para peserta pun menggunakan sistem blok (block system), yakni para taruna dan taruni tidak mengonsumsi makanan dalam satu meja dan saling membelakangi.

Melihat praktik simulasi penerapan protokol kesehatan ketat dalam rencana KBM tatap muka tersebut, Doni Monardo merasa optimistis. Akan tetapi dia tetap berpesan agar apa yang telah dilaksakanan dengan baik terkait pencegahan penularan Covid-19 tidak menjadi sia-sia.

"Kalau kita konsisten, disiplin dan juga bisa kompak bersama-sama maka insyaallah bangsa kita akan bisa mengendalikan Covid-19 ini dengan baik. Selamat mengikuti kegiatan belajar tatap muka, semoga Allah SWT melindungi kita semua," pungkas Doni.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kasus Suap Ekspor Benur, KPK Ultimatum Istri Edhy Prabowo

KPK ultimatum Iis Rosita Dewi, istri dari mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo untuk koperatif dengan memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik.

NASIONAL | 6 Maret 2021

Kejagung Sita 18 Unit Kamar Milik Benny Tjokro di Apartemen South Hills

Setelah mentersangkakan Benny Tjokro (BTS) dan Heru Hidayat (HH) untuk kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), Kejagung kembali menyita aset milik tersangka

NASIONAL | 6 Maret 2021

Kejagung Tetapkan Benny Tjokro dan Heru Hidayat Tersangka TPPU

Kejagung kembali menetapkan Benny Tjokrosaputro alias Benny Tjokro (BTS) dan Heru Hidayat (HH) sebagai tersangka Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU)

NASIONAL | 6 Maret 2021

Wali Kota Gibran dan UEA Ground Breaking Masjid Syaikh Zayed Surakarta

Gibran berharap pembangunan masjid tersebut dapat mempererat hubungan persahabatan Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA), khususnya Kota Surakarta.

NASIONAL | 6 Maret 2021

KPAI Minta Negara Hadir Cegah Anak Putus Sekolah di Masa Pandemi

KPAI menemukan 5 alasan yang menyebabkan anak putus sekolah, yaitu karena menikah, bekerja, menunggak iuran sumbangan pembinaan pendidikan (SPP), kecanduan game

NASIONAL | 6 Maret 2021

Jutaan Penduduk Pindah Domisili, Program Pemerintah Perlu Rutin Perbarui Data

Beberapa program seperti vaksinasi, dan bantuan sosial (bansos) dinilai perlu secara rutin memperbarui data kependudukan.

NASIONAL | 6 Maret 2021

Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) Membuka Pendaftaran Beasiswa Program S1, S2 dan S3 Tahun Akademik 2021/2022

Universitas Pertahanan Republik Indonesia (UNHAN RI) membuka pendaftaran beasiswa program S1, S2 dan S3 tahun akademik 2021/2022.

NASIONAL | 6 Maret 2021

2 Juta Penduduk Pindah Domisili dalam 4 Bulan Terakhir

Selama 4 bulan terakhir, terdapat lebih dari 2 juta penduduk berpindah domisili.

NASIONAL | 6 Maret 2021

2021, KPAI Sebut Angka Anak Putus Sekolah Naik

Menurut KPAI, berdasarkan hasil pengawasan sejak Januari 2021, terjadi peningkatan jumlah anak putus sekolah selama masa pandemi Covid-19.

NASIONAL | 6 Maret 2021

Terduga Suap Pajak Lama Berkarier di Panin

Dalam sprindik disebutkan kedua oknum pejabat Ditjen Pajak menerima hadiah atau janji dari beberapa pihak termasuk Veronika Lindawati selaku kuasa PT Bank Panin

NASIONAL | 6 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS