Wali Kota Gibran dan UEA Ground Breaking Masjid Syaikh Zayed Surakarta
Logo BeritaSatu

Wali Kota Gibran dan UEA Ground Breaking Masjid Syaikh Zayed Surakarta

Sabtu, 6 Maret 2021 | 17:07 WIB
Oleh : Budi Kusuma / CAH

Solo, Beritasatu.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Perwakilan dari Abu Dhabi, Menteri Uni Emirat Arab (UEA), Suhail Mohammed Fahran Al Mazroui beserta delegasi melakukan ground breaking Masjid Syaikh Zayed Surakarta, Sabtu (6/3/2021) siang.

Dalam kesempatan tersebut, juga dihadiri Menteri BUMN Erik Thohir, Menteri Agama, Yoqut Cholil Qoumas, Perwakilan Duta Besar Indonesia Untuk Uni Emirat Arab (UEA), serta Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen.

Wali Kota Solo, Gibran mengucapkan rasa terima kasih Kepada UEA dalam hal ini Pangeran Abu Dhabi, Syaikh Mohammad Bin Zayed An Nahyan dan Putra mahkota Persatuan Emirat Arab. Dia berharap, pembangunan masjid tersebut dapat mempererat hubungan persahabatan Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA), khususnya Kota Surakarta.

Sementara Menteri Agama Yoqut Colil Qoumas, menjelaskan, bahwa masjid akan didedikasikan kepada seluruh umat Islam yang dikelola oleh Pemerintah Republik Indonesia.

"Hal ini selaligus sebagai monumen persabatan kedua negara, Indonesia dan UEA, sekaligus akan menjadi mercusuar siar Islam di Nusantara dan simbol moderasi beragama dalam rangka mewujudkan perdamaian dunia dan keadilan sosial," ujar Menteri Agama, dalam pidato sambutannya.

Diharapkan nantinya, masjid ini tidak hanya tempat untuk salat berjamaah, namun juga untuk pusat kegiatan dakwah, sosial, dan pembinaan umat serta destinasi wisata religi yang menjunjung tinggi nilai kesucian masjid dan kerukunan bangsa.

Sementara Menteri Energi dan Industri UEA, Suhail Mohammed Fahran Al Mazroui, berharap pembangunan masjid ini nantinya diharapkan sangat persis seperti di Masjid Syaikh Zayed yang berada di Abu Dhabi.

Bukan hanya sebagai tempat ibadah, namun juga sebagai tempat wisata religi yang membanggakan.

"Kami sangat bangga dengan bangsa indonesia, dan sangat optimis dengan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo bahwa bangsa indonesia dapat menjadi bangsa kompetitif di bidang ekonomi dan pengetahuan," ungkap Suhail.

Selain itu, beliau melihat indonesia bukan sebagai negara muslim terbesar, namun juga negara islam terbesar dari segi perekonomian. "Kita berharap indonesia menjadi model dunai islam secara umum yang berwibawa."



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

KPAI Minta Negara Hadir Cegah Anak Putus Sekolah di Masa Pandemi

KPAI menemukan 5 alasan yang menyebabkan anak putus sekolah, yaitu karena menikah, bekerja, menunggak iuran sumbangan pembinaan pendidikan (SPP), kecanduan game

NASIONAL | 6 Maret 2021

Jutaan Penduduk Pindah Domisili, Program Pemerintah Perlu Rutin Perbarui Data

Beberapa program seperti vaksinasi, dan bantuan sosial (bansos) dinilai perlu secara rutin memperbarui data kependudukan.

NASIONAL | 6 Maret 2021

Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) Membuka Pendaftaran Beasiswa Program S1, S2 dan S3 Tahun Akademik 2021/2022

Universitas Pertahanan Republik Indonesia (UNHAN RI) membuka pendaftaran beasiswa program S1, S2 dan S3 tahun akademik 2021/2022.

NASIONAL | 6 Maret 2021

2 Juta Penduduk Pindah Domisili dalam 4 Bulan Terakhir

Selama 4 bulan terakhir, terdapat lebih dari 2 juta penduduk berpindah domisili.

NASIONAL | 6 Maret 2021

2021, KPAI Sebut Angka Anak Putus Sekolah Naik

Menurut KPAI, berdasarkan hasil pengawasan sejak Januari 2021, terjadi peningkatan jumlah anak putus sekolah selama masa pandemi Covid-19.

NASIONAL | 6 Maret 2021

Terduga Suap Pajak Lama Berkarier di Panin

Dalam sprindik disebutkan kedua oknum pejabat Ditjen Pajak menerima hadiah atau janji dari beberapa pihak termasuk Veronika Lindawati selaku kuasa PT Bank Panin

NASIONAL | 6 Maret 2021

Pengembangan Agrowisata Rangsang Ketertarikan Milenial akan Sektor Pertanian

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengatakan agrowisata sawah ini bisa menjadi pilihan masyarakat untuk berwisata.

NASIONAL | 6 Maret 2021

BMKG: Kearifan Lokal Harus Dikuatkan Sebagai Sistem Peringatan Dini Bencana

Kearifan lokal atau local wisdom menjadi salah satu bagian dari sistem informasi peringatan dini potensi bencana yang harus tetap dirawat dan ditingkatkan.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Panin Akan Kooperatif terhadap Proses KPK Terkait Suap Pajak

Dirut Bank Panin Herwidayatmo mengungkapkan, pihaknya menghormati proses dugaan kasus suap pajak yang sedang dijalankan oleh KPK.

NASIONAL | 6 Maret 2021

Satu Keluarga Diwisuda Bersama di Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Keluarga asal Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jateng, tersebut mengikuti wisuda secara luring yang dipusatkan di lapangan Mas Mansoer, Kampus I UMP.

NASIONAL | 6 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS