Kini Kenaikan Pangkat Dosen Dijamin Tanpa “Orang Dalam”
Logo BeritaSatu

Kini Kenaikan Pangkat Dosen Dijamin Tanpa “Orang Dalam”

Sabtu, 6 Maret 2021 | 07:22 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / IDS

Jakarta, Beritasatu.com – Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Nizam, memastikan kenaikan pangkat atau jabatan akademik dosen akan lebih transparan dengan peluncuran Sistem Pelacakan secara Mandiri Penilaian Angka Kredit (Selancar PAK). Pasalnya, dosen bisa melihat atau melacak secara langsung kemajuan dari usulan kenaikan jabatannya.

“Ini proses transparan, tidak bisa melalui orang dalam. Orang yang mengaku bisa mempercepat proses atau menaikkan usulan tidak ada lagi. Yang sekarang diproses benar-benar dosen yang kompeten,” kata Nizam saat peluncuran secara virtual tiga sistem pendidikan tinggi yaitu Selancar PAK, Dasbor Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dan Pusat Komando Pendidikan, Jumat (5/3/2021).

Nizam mengatakan kenaikan pangkat dosen akan ditentukan berdasarkan setiap karya yang dibuatnya. Oleh karena itu, Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud telah menyiapkan sejumlah aplikasi untuk mengecek keaslian dari karya atau publikasi dosen. Nizam memastikan plagiarisme bisa terlacak dengan membandingkan kemiripan dengan publikasi lainnya lewat basis data global, termasuk aplikasi Science and Technology Index (Sinta) yang berada di bawah Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional.

“Aplikasi Sinta ini upaya untuk mengurangi atau menekan terjadinya plagiarisme dalam karya para dosen. Saat ini juga ada Direktorat Sumber Daya Dikti yang mengevaluasi peraturan tentang plagiasi supaya lebih kuat dan jelas,” ujar Nizam.

Nizam mengatakan praktik plagiarisme harus didefinisikan secara jelas kepada masyarakat dan civitas akademika. “Jadi jelas apa lingkupnya, apa yang disebut plagiasi dan bukan, supaya tidak terjadi kerancuan di masyarakat,” lanjut Nizam.

Mengenai Dasbor IKU, Nizam mengatakan PTN bisa melakukan penilaian kinerja dan perencanaan kinerja selanjutnya.

“Harapannya, dengan Dasbor IKU, pengawasan Delapan IKU bisa berjalan sesuai rencana, dikelola dengan baik, dan kalaupun muncul hambatan, bisa diminimalisasi,” kata Nizam.

Nizam mengatakan sistem ketiga yaitu Pusat Komando (Command Center) bertujuan sebagai pusat informasi terkait pengembangan dunia pendidikan tinggi yang bisa diakses kementerian/lembaga lain. Lokasi Command Center Ditjen Dikti terletak di Gedung D Lantai 10, Kompleks Kemendikbud, Senayan, Jakarta.

Nizam menjelaskan data Command Center berasal dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Sistem itu diharapkan bisa memantau perkembangan, mengelola, dan mengawasi pendidikan tinggi secara real time.

“Kita bisa memantau berbagai dinamika di perguruan tinggi kita secara real time/online. Misalnya, jumlah dosen kita hari ini ada 312.890 dosen, beserta sebarannya di berbagai prodi dan perguruan tinggi,” ujar Nizam.

Nizam menambahkan Command Center juga bisa memantau berbagai program Kampus Merdeka yang sedang berjalan. “Seperti Program Bangkit, yang saat ini sedang diikuti oleh 3.216 peserta. Di sini, kita juga bisa melihat informasi sebaran dan perguruan tinggi mereka. Contoh lain, ada 8.483.213 mahasiswa kita, dari Sabang sampai Merauke, beserta informasi distribusi prodi dan asal mereka,” katanya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Mendikbud Luncurkan Aplikasi untuk Lacak Status Angka Kredit Dosen

Selancar PAK diharapkan memberikan transparansi dalam proses kenaikan pangkat untuk jabatan lektor kepala dan profesor.

NASIONAL | 5 Maret 2021


Peradilan Kasus Mafia Tanah Rawan Intervensi

Aparat penegak hukum diharapkan dapat lebih jeli dan tegas saat menangani kasus yang melibatkan mafia tanah

NASIONAL | 5 Maret 2021

Forkorindo Resmi Gugat Kempupera ke PTUN

Forkorindo pada Jumat (5/3/2021) akhirnya resmi menggugat Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

NASIONAL | 5 Maret 2021

Wamenhan: Harmonisasi BUMN Indhan Diharapkan Jadi Lokomotif Kemandirian Industri Pertahanan

Harmonisasi BUMN Industri Pertahanan (Indhan) diharapkan dapat menjadi lokomotif bagi kemandirian industri pertahanan Indonesia.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Polresta Denpasar Tangkap 2 Bandar 30 Kg Ganja Lintas Provinsi

Tersangka Suhadi berperan menjadi bandar narkotika, sedangkan tersangka Rio membantu menjadi bandar dan juga pengedar sejak 2018.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Bank Jatim Dukungan Pengembangan Wisata Lumajang

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) mendukung wahana wisata di kawasan Lumajang.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Kemhan Beri Piagam Bela Negara kepada Warga NTT Eks Timor Timur

Kemhan) melanjutkan pemberian penghargaan kepada 11.845 WNI di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang pernah berperan aktif dalam mempertahankan keutuhan NKRI

NASIONAL | 5 Maret 2021

BLK Harus Jadi Titik Unggul Bagi Dunia Usaha

Menaker membuka pelatihan berbasis kompetensi tahap I di Balai Latihan Kerja (BLK) Ternate, Maluku Utara, bertempat di aula BLK Ternate.

NASIONAL | 5 Maret 2021

Pangdam I/BB Resmikan Masjid Al Firman Kodim 0316 Batam

Pangdam I/BB mengajak prajurit dan PNS Kodim 0316/Batam untuk selalu cerdas dan bijak dalam menggunakan media sosial ke arah positif.

NASIONAL | 5 Maret 2021


TAG POPULER

# Pembelajaran Tatap Muka


# Anggaran Covid-19


# Edhy Prabowo


# Ayu Dyah Andari


# Anggota Brimob Tewas



TERKINI

Skenario Net Zero Emission Hasilkan Pertumbuhan Ekonomi yang Lebih Tinggi

NASIONAL | 22 menit yang lalu










TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS